WPC : Nostalgia Putu Bambu

39
1256
Putu Bambu Hijau

Putu Bambu Hijau "Pedagang Putu Bambu"

Putu Bambu is one of so  many Indonesian traditional snack. It is quite popular and  also commonly found in other South East Asian countries, so the name may vary.  It is believed to be derived from Indian cakes, puttu.

For me, this cylindrical-shaped steamed cake bring a lot of memories. As a child I often stay at my gandparents’ house on school vacations. My late grandfather  loved this snack very much. Almost every afternoon me and my uncle went to the putu bambu vendor in a market nearby.  Yes, in my hometown the  putu bambu always sold in the afternoon time.

The ingredients of the cake are rice flour and palm sugar for the filler.  The cake steamed in a bamboo tube and served with grated coconut. I can almost taste the sweet smell of the cake and the sound of steam  flowing from the steamer. But unfortunately, I don’t think  this cake was  as delicious as the ones  from my childhood.

This putu bambu vendor picture is my entry for Weekly Photo Challenge : Nostalgia

Putu bambu adalah salah satu dari sekian banyak kue-kue tradisional Indonesia. Faktanya kue ini tak hanya ada di Indonesia. Putu bambu  juga bisa dibeli di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Misalnya di Singapura, Malaysia dan Filipina, tentu dengan nama berbeda. Ini tak mengherankan karena katanya asal kue putu bambu itu dari India. Tepatnya dari Tamil. Mungkin kue ini diperkenalkan oleh imigran  asal India yang banyak menyebar ke negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Putu bambu ini bawa banyak kenangan untukku.  Nostalgia berlibur di rumah nenek, nostalgia suasana malam Kampung Keling, juga nostalgia mencecap rasa yang terkenang di lidah. Karena  kue putu bambu ini kesukaan almarhum opung.

Saat libur sekolah aku sering berlibur di rumah opung di Medan. Sehabis magrib opung hampir selalu  suruh beli kue putu bambu. Langganan beliau di sebuah warung di pojok Kampung Keling, sebuah kawasan perdagangan dengan penghuni mayoritas masyarakat keturunan India. Putu bambu dari tempat ini memang legit, dan wangi daun pandan. Tapi, ada bedanya dengan putu yang kubeli di abang sepeda ini. Putu Medan warnanya putih bukan hijau.

Baca juga : Jajanan Favorit Masa Kecil

Bahan dasar kue-kue tradisional itu kan umumnya hanya perlu sedikit jenis bahan. Untuk putu bambu ini pun hanya perlu 3 jenis bahan utama yaitu  tepung beras, gula merah dan kelapa parut ditambah garam dan daun suji untuk pewarna. Bahan sangat sederhana ini tentu agak susah mendapat rasa yang lezat.  Katanya rahasia kenikmatan putu bambu itu dari bahannya yang segar. Tepung beras  tumbuk sendiri memberikan hasil lebih lezat daripada tepung beras pabrikan. Jangan lupa pula pilih gula merah kualitas  prima dan kelapa parut yang segar. Makanya aku belum menemukan putu bambu selezat yang di Kampung Keling deh.   Putu bambu keliling ini rasanya tawar dan teksturnya kering berderai-derai, dipegang langsung buyar. Alhasil makan jadi belepotan.

Baca juga tentang pedagang keliling Kue Rangi, kuliner Betawi

putu bambu hijau

Tukang putu bambu yang lewat di depan rumah saudaraku ini agak tak lazim. Keluarnya siang. Biasanya kan malam ya. Melihat si abang membuat kue putu ini seru juga.  Potongan bambu sebagai cetakannya. Tepung beras dimasukkan ke dalam cetakan, tambahkan gula merah di tengah, tutup dengan tepung lagi. Sudah begitu saja prosesnya. Lalu cetakan bambu diletakkan di atas kukusan. Bila sudah matang kue didorong keluar.  Dari kukusan itu uap air keluar melalui lubang kecil sehingga berbunyi nguuuung yang khas. Bunyi ini jadi penanda kehadiran si abang putu bambu.

39 COMMENTS

  1. mama ku dulu suka buat kak. dan enak bangat. kalau sekarang beli putu bambu rasanya ada aja yang kurang karena ngebandingin ama buatan mama, wkwkwk nga adil bangat yach.

  2. Waktu saya masih kecil juga suka beli putu dari tukang keliling. Tapi sekarang cuma ada satu pedagang kaki lima yg jualan putu di daerah saya. Kayaknya ntar bakalan hilang selamanya soalnya anak2 srkarang lebih suka burger dan pizza ha ha ha…..

  3. wuihhh sudah lama banget saya ngga lihat penjual putu bambu …. mungkin sudah tergeser oleh modernisasi,
    anak2 sekarang kayaknya sudah ngga ngenal makanan ini ….hikksss

  4. suka, awalnya sih suka suaranya dan sering niruin dulu, tp sekaranh jarang ada di deket rumah, mesti di samperin di tempat2 jualan makan tradisional, atau emang rute abangnya gak lewat sini ya heeehe

  5. yg lewat depan rumah cetakannya bukan pakai bambu, BunMon, jadi pakai cetakan plastik yang biasa untuk kue … apa ya, putri ayu kalo ga salah (yg atasnya pakai parutan kelapa itu lho) yg dibolongin. modifikasi kayaknya hihihihi

  6. mauu juga. beberapa hari lalu putu bambu lewat ee pas dipanggil ga denger. jadilah selama beberapa hari nungguin terus sambil pasnag telinga. Dan akhirnya setelah hampi seminggu kesampaian juga.. hihii//

  7. Banyak paganan atau jajanan tradisional yang unik dan menarik.
    namun terkadang jajanan lama sekarang rasanya beda dengan dulu.
    kenapa ya?
    terima kasih

  8. kue putu dengan cara buatnya segala pake bunyi tuit yang nyaring emang makanan nostalgia banget, soalnya selain mantap dan makjleb rasanya, wangi bambunya itu kadang masih terasa….iyah gituh?

    • masih terasa wangi pandan deh,
      lha bambunya udah dipakai berulang2, nggak segar dan jadi ilang aroma bambunya

  9. Wah ada kesukaan Aiko diulas he he.
    Sejak gak di Surabaya lagi jadi gak nemu nih di Gresik. Perasaan gak pernah lewat. 🙁
    Eh iya .. di Bandung dulu sering beli putu. Kalo beli itu dipotong terus dibungkus pake daun. Tapi warnanya putih, gak hijau.
    Jadi inget tuh Bun … rasanya sih hampir-hampir mirip, bentuknya aja yang beda.

  10. Pengeeeeen ih. Di rumahku kadang siang lewat. Tapi ya gitu, ga ditunggu-tunggu sering lewat, pas pengen ngga lewat-lewat, hiiiih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.