Wisata Populer Labuan Bajo

44
910
Pulaiu Komodo

Sektor pariwisata  Indonesia perlahan-lahan mulai bergeser ke timur, antara lain ke propinsi Nusa Tenggara Timur.   Obyek wisata yang sedang naik daun ada di pulau Flores. Semua serba indah di sana. Mulai dari pantai, alam bawah laut, pulau, air terjun sampai budaya dan sejarahnya.  Beberapa obyek wisatanya sangat populer, pun penghargaan pariwisata tingkat dunia  sudah dipegang.  Jadi berselera merencanakan perjalanan wisata ke Labuan Bajo, salah satu pintu masuk lewat udara ke propinsi NTT. Coba dihitung dan pertimbangkan dulu.

Labuan Bajo, letaknya di bagian barat pulau Flores. Awalnya hanya kota kecamatan kecil kini telah berkembang menjadi Kota Labuan Bajo. Bandar udara pun  katanya sedang mengarah ke taraf internasional. Penerbangan langsung dari Jakarta sudah ada lho, semakin memudahkan.

Wisata Populer di Labuan Bajo

1. Pulau Komodo dan Pulau Rinca

Pulaiu Komodo

Tak usah dijabarkan lagi pasti kita semua sudah paham keistimewaan pulau yang satu ini. Daya tariknya paling besar. Pulau Komodo  terpilih menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2001 dan The New Seven Wonders of Nature pada 2012.

Demi keamanan pengunjung akan didampingi oleh pawang bila ingin melihat  komodo di alam aslinya. Selain kehidupan satwa khas ini tentu kita bisa melihat keindahan alamnya yang menakjubkan. Kombinasi laut biru dan hamparan sabana pasti tak akan mudah dilupakan.

Bertetangga dengan pulau Komodo, dan masih  termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo ada pulau Rinca. Jalur trekking di pulau Rinca lebih menantang daripada pulau Komodo.

2. Pulau Padar

Pulau yang satu ini luar biasa cantiknya. Lagi-lagi harus trekking untuk sampai ke titik tertingginya.  Dari spot ini bisa melihat keseluruhan outline pulau dengan teluk-teluk meliuk beserta pantai 3 warna,  salah satunya pantai pink.

 3. Air Terjun Cunca Wulang

Sumber : https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3205001/cunca-wulang-air-terjun-yang-super-indah-di-flores

Air terjun Cunca Wulang berjarak sekitar  30 kilometer dari Labuan Bajo. Perlu jalan menembus hutan selama 45 menit lho. Lelah berjalan pasti langsung terpesona melihat air jernih berwarna toska yang indah dan mendengar suara gemericik air yang jatuh dari atas bukit. Waw sekali.

4. Desa Adat Wae Rebo

Sumber : http://travel.kompas.com/read/2015/11/04/123600827/Wae.Rebo.Desa.Tradisional.Terindah.di.Indonesia.

Bayangkan saja desa ini bagaikan negeri di atas awan karena letaknya 1200 m dpl. Sebuah kampung terpencil  di dataran tinggi yang sejuk dengan kehijauan pepohonan.  Hanya ada 7 buah rumah beratap kerucut yang telah bertahan selama 19 generasi.    Karena sejarahnya Desa Wae Rebo  mendapat gelar  situs warisan budaya dunia dari UNESCO pada 2012.

Tentu sulit sekali  menuju desa ini.  Dari Labuan Bajo masih  6 jam lagi  berkendara ke Ruteng, disambung jalan naik motor dan trekking. Perlu semangat dan stamina prima memang. Kira-kira kuat tak,  “tanya diri sendiri”.

5. Gua Liang Bua

Salah satu dari banyak gua karts di Flores ini telah sejak tahun 30an menjadi obyek penelitian arkeolog.  Banyak fosil yang ditemukan di sini.  Antara lain yang sangat termasyhur adalah fosil yang diduga  manusia kate, Homo floresiensis.

Transportasi ke Labuan Bajo

Ke Labuan Bajo bisa melalui laut dan udara.  Dari Jakarta sudah ada beberapa maskapai yang melayani rute  ini.

 

Paket Labuan Bajo

 

Untuk perencanaan perjalan kali ini mau coba opsi terbaru yaitu Paket Tiket Hotel Traveloka. Ada beberapa alasan kenapa mau pilih paket ini, yaitu :

  • Praktis. Dengan cara  pilih paket tiket hotel Traveloka ini, tak perlu lagi pesan tiket dan hotel secara terpisah. Cukup satu kali  browsing dan bisa langsung  pesan saja.
  • Nggak perlu hitung-hitung sendiri biaya airline dan hotel supaya sesuai budget.
  • Cukup satu kali mencatat atau screen shoot kode booking yang punya  angka berderet itu.
  • Cukup satu kali  transfer. Saat  di ATM nggak perlu heboh takut  terlambat transfer karena  dua tenggat waktu berbeda antara  pesanan airline dan hotel. Ini sih pengalaman pribadi sewaktu pesan tiket pesawat dan hotel ke Solo dan dari Jogja di liburan lalu  ha.. ha..
  • Hemat Biaya. Biaya paket jatuhnya lebih murah daripada pesan airline dan hotel terpisah.

Kira-kira teman tertarik merancang perjalanan dengan Paket Tiket Hotel Traveloka?  Mengapa tidak? Yuk lah pesan paket sekarang saja, mumpung belum peak season,  habiskan sisa cuti tahun ini he.. he…

 

44 COMMENTS

    • nggak nyangka ya.. propinsi satu ini punya keindahan yang terpendam
      semoga pas mudik beriktunya bisa bikin jadwal ke sini

  1. Dulu batal bersama teman di Surabaya kemari jadinya belum kesampaian. sampai sekarang.
    Katanya sih pintu gerbang ketika akan ke Komodo. Dari list yang sy peroleh banyak jalan2nya juga di sini.
    Sayang banget dulu batal hiks.

  2. Labuan Bajo emang berkembang pesat banget ya Mba, jadi kota yang aksesnya lebih baik dibanding Kabupaten Ruteng yang tadinya sudah jadi kota duluan, hehe. Objeknya juga menarik semua di sana 😀

    • aamiin…, desa ini mengagumkan banget.., pasti ada itung2annya khusus bisa bikin atap kerucut begitu

    • wilayah Nusa Tenggara yang tadinya tandus itu punya kekayaan lain ya….
      mudah2n pariwisata bisa meningkatkan ekonomi warga

  3. Aku sering pesen tiket bareng ama pesawat kalo pake traveloka 🙂 . Jatuhnya memang jauuuh lbh murah.. Tp baru coba kalo destinasinya domestik sih mba. Kalo utk luarnegri, blm prnh coba. Masih lbh suka situs akomodasi yg lain 😀

  4. labuan bajo jadi destinasi wisata favorit .. nggak hanya orang Indonesia tapi juga orang luar . saya juga pengen kesini .. mudah2an kalau kesini sekalian ke tempat2 yang di list di tulisan mba monda ini 🙂

  5. Wahh pengiiin…belum kesampaian juga.
    Buat kami-kami yang pensiunan, pergi ke Labuan Bajo lebih mahal dibanding ke Luar Negeri (Asia)…jadi temenku belum ada yang mau diajak ke sini.
    Padahal untuk tour, yang menyenangkan adalah pergi bersama teman-teman dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.