Weekly Photo Challenge : Culture

23
222

 

Negara kita kaya budaya, culture, semua setuju bukan? Salah satu hasil kebudayaan itu seni kriya, seperti menenun atau membatik. Tiap daerah di Indonesia punya kekhasan masing-masing. Dari Sumatera Barat dikenal songket Pande Sikek. Tentang Pande Sikek, silahkan meluncur ke blognya uda Ded di sini.
Selain songket, sulaman tangan dari Minangkabau tak kalah cantik dan terkenal. Tak heran banyak turis dari negara jiran belanja borongan ke sini.

Tenun Toraja kulihat sewaktu ada pameran di Museum Tekstil Jakarta. Walau tak sepopuler songket Minangkabau, tetapi aneka jenis kain adati itu sama cantiknya.

 

 

 

 

 

23 COMMENTS

  1. hi..hi.., itu di toko songket mbak..
    niatnya sih pengen liat cara menenun, sayangnya karena udah sore pengrajin udah pulang,
    jadinya narsis aja deh kita

  2. wkwkk tukang tenun narsis..

    semua tenunan dan sulaman tangan itu memang bikin takjub.. karya yang butuh ketekunan dan rasa keindahan.

    kata om ded, MS harus ulang ke pandai sikek.. kan belum sempat menyerap suasana sekitar kampungnya.. kmrn itu kita cukup lama di dalam tokonya ajah pas keluar dari toko udah hujan.

    • tadinya mau pajang yg narsis berdua wk…wk…,
      yg dulu ke sini sempat keliling kampung sebentar…, masih ada rumah gadang cantik

  3. Hihihi. Saya senyum-senyum sendiri lihat gaya Mba Monda. Kereeen.:D
    Btw kain Indonesia memang luar biasa Mba Monda. Cantik-cantik dan ragamnya luar biasa banyak. Itu baru dari segi kain. Belum budaya yang lain ya Mba.

  4. Pande sikek di postingan Uda Ded dan di Kisahku penuh pesona songket Minang.
    Pesona ATBM di kiri atas makin menguat dengan penenun peri gigi.
    Salam

  5. betapa sabarnya para penenun itu ya Bun, ga kebayang Orin mah harus telaten begitu, pantas aja kain songket/tenun yg bagus biasanya muahalll banged hihihihi

    • iya Rin selembar kain selesainya aja berbulan2.., apalagi yg motifnya rapat dan pake benang emas…, pasti manis banget harganya he..he..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.