Weekend ke Pulau Tidung

21
377

Rasanya ingin liburan tipis-tipis  deh. Tampaknya kondisi fisik perlu dipulihkan  Hmmm …di Jakarta  enaknya ke mana, ya? Sudah lama sekali tak mendatangi Kepulauan Seribu, mungkin ke Pulau Tidung? Ok, sepertinya ini bisa juga diusulkan ke sahabat karib.

Berkumpul bersama sahabat karib   sangat menyenangkan. Nyaman banget kumpul bersama mereka. Teman-teman semasa sekolah dulu, 5 orang ibu yang kini  sudah tinggal di beberapa kota berbeda,  masih terus berhubungan erat  sampai  saat ini.    Walau masa sekolah telah lewat berpuluh tahun lalu  tetapi teman  dari masa remaja rasanya membuat seseorang tetap ceria dan  berjiwa muda. Jadi sering kangen kalau lama tak kumpul.

Kami kerap bepergian bersama, nggak jauh sih,  hanya saling mengunjungi di kota tempat tinggal masing-masing, yang dilanjut dengan wisata bareng.  Kelompok kami pernah kumpul di Balikpapan, Bandung, Denpasar, Banjarmasin, dan  Cirebon. Sayangnya diriku hanya bisa bergabung beberapa kali saja, ada kepentingan keluarga yang lebih urgent sehingga aku batal ikut.

Tahun ini kami ingin buat rencana jalan-jalan dan kumpul bersama lagi. Kami sedang berembuk cari tujuan wisata yang tak terlalu jauh. Masing-masing boleh mengajukan usul. Aku sih mau kasih usul di Jakarta saja. Karena sisa cutiku tahun ini tinggal sedikit sudah terpakai sewaktu mengurus  beberapa orang anggota keluarga yang sakit, salah satunya  ibuku yang sakit hingga wafatnya.

Aku ingin kasih usul berlibur ke Pulau Tidung, salah satu  pulau di Kabupaten  Kepulauan Seribu.  Pulau ini masih di wilayah Jakarta, tapi kan suasananya enak banget, jauh dari hiruk pikuk kota besar, terasa betul deh suasana libur. Ada apa di pulau ini ?

Obyek Wisata di Pulau Tidung

1.Jembatan Cinta

Jembatan Cinta Pulau Tidung

Pulau bernama Tidung ada dua, Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kita akan menginap di Pulau Tidung Besar, karena di Pulau Tidung Kecil itu tak berpenghuni. Jarak kedua pulau ini berdekatan. Ada jembatan yang menghubungkan keduanya. Jembatan itu bernama Jembatan Cinta.

Antusias banget membayangkan jalan di jembatan di atas laut. Kapan lagi ya kan berjalan kaki menyeberangi pulau, nggak pakai perahu. Mungkin pada awalnya akan terasa agak gamang. Tetapi pengalaman seperti ini sangat menantang dan tak gampang dilupakan.

Dari atas jembatan  sepanjang 800 meter dan bagian tertinggi 8 meter di atas permukaan laut  ini kita bisa lihat jelas pemandangan bawah air  seperti terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni berenang di sela-sela tiang. Menanti matahari terbenam di sini pun oke banget, cocok buat para pemuja senja seperti rombongan kami ini.

Kalau urusan loncat dari bibir jembatan cukuplah buat para pelancong muda usia saja ya he.. he… Oh ya ada pula fasilitas banana boat menyusuri kolong jembatan.

2. Pulau Tidung Kecil

Sampai di pulau Tidung Kecil bisa jalan menuju hutan bakau. Ada berbagai jenis pohon  bakau yang berfungsi menyeimbangkan ekosistem. Cocok banget buat yang suka mengamati flora dan fauna yang ada di sekitar hutan.

3. Pantai Saung Perawan

Pantai di Pulau Tidung

Pantai ini letaknya di bagian barat pulau. Pengunjung bisa berjalan kaki atau bersepeda menjelajahi pelosoknya. Lelah berjalan bisa bersantai duduk di atas pasir di bawah kerindangan pohon kelapa atau berbaring santai di hammock sambil ngobrol dengan teman. Lokasi ini juga jadi  pilihan berikutnya untuk menanti senja.

4. Taman Laut

Nah temanku ada yang jago banget berenang. Dia pasti akan suka snorkeling di  taman laut yang cantik di sini.

Akses ke Pulau Tidung

Dari Jakarta ke Pulau Tidung bisa naik kapal cepat dari Marina Ancol, waktu penyeberangan relatif singkat. Pilihan berikutnya naik kapal motor dari Muara Angke dengan waktu tempuh 3 – 4 jam.

Dari Tangerang pun bisa menyeberang dari Pelabuhan  Rawasaban dengan feri. Waktu penyeberangan lebih pendek daripada dari Jakarta, cuma 1,5 jam.

Menginap di mana di Pulau Tidung?

Persoalannya aku belum tau mau nginap di mana di Pulau Tidung. Tapi    sudah tahu dong  mau pesan tiket dan booking di mana. Aku  mau pesan lewat Traveloka saja. Terakhir kali menggunakan jasa Traveloka itu Juli tahun  lalu saat liburan sekaligus  ke dua kota (bisa di cek  Rute Wisata Solo dan Yogyakarta). Ok banget lho,  kini di Traveloka nggak  cuma bisa pesan tiket pesawat terbang tetapi juga bisa  sekaligus pesan hotel.

Cara hunting sekaligus tiket pesawat dan hotel seperti ini memudahkan banget, nggak makan banyak waktu, terlihat jelas pula jumlah penghematannya bahkan bisa sampai 20% walau nggak pakai kode promo. Memudahkan saat pembayaran, nggak perlu ribet dengan banyak kode booking dan  tenggat waktu transfer.

 

Traveloka juga punya  paket yang menguntungkan. Paket tiket sekaligus hotel sudah pasti lebih murah daripada booking terpisah. Sebagai contoh, aku  coba buat simulasi traveling ke  Pulau Tidung untuk temanku yang tinggal di Surabaya. Ternyata banyak pilihan homestay.  Kubuat simulasi menginap di Charlie Homestay yang available untuk tanggal pilihan, dengan menggunakan Paket Pesawat Hotel Traveloka ya. Nah, hemat Rp 103.292 lho *lihat gambar di atas*  dibanding bila pesan terpisah. Lumayan banget ya  sisa uangnya bisa buat jalan. Urusan nginap di Jakarta sebelum ke Pulau Tidung gampang, nanti bisa pilih menginap di rumah salah satu dari kami. Nanti aku  juga bakal buat simulasi untuk teman-teman yang tinggal di Yogyakarta dan Balikpapan.

Sangat menarik ya, suka nggak sabar deh kalau sudah buat rencana perjalanan. Ingin cepat eksekusi ke Pulau Tidung. Teman-teman yang ingin merencanakan perjalanan atau liburan boleh banget lho coba paket pesawat hotel seperti contoh di atas.

21 COMMENTS

  1. Sudah lama banget gak ke Pulau Tidung, SDH tujuh tahun kali. Sebenarnya banyak ya tempat wisata tipis-tipis berdekatan dari Jakarta tapi masih bersuasana alami

  2. Terakhir kali ke Kepulauan Seribu tahun 2006. Lama banget ya, waktu itu ke pulau Untung Djawa. Tempatnya juga enak… dekat dari Jakarta, cocok untuk “melarikan diri” dari hiruk pikuk Jakarta.

    • sebetulnya nggak harus jauh kalau mau wisata di Jakarta kan ya..
      Benyamin bakalan senang main pasir di pantai nih

    • nah sama ya namanya,
      cerita rakyat di pulau itu katanya namanya berasal dari nama sultan Tidung dari daerah Sulawwesi yg menetap di situ
      wallahu alam

  3. Setuju, paling suka pakai Traveloka, praktis dan selalu inovatif.
    Satu hari nanti pengen coba paket pesawat dan hotel itu ah.

    Baideway, busway, di Borneo juga ada Tidung, letaknya di utara Borneo, Tana Tidung, lengkapnya :).
    Kabupaten muda yang terbentuk lewat Sidang Paripurna DPR Juli tahun 2007.

  4. Aku belum pernah nih ke Kepulauan Seribu. Pernahnya cuma lihat dari pesawat aja ketika akan mendarat di Soekarno-Hatta 😀

  5. meski bukan teman SMA (lah iya beda jauh banget angkatannya bok) ada loh yang naksir gabung dolan ke Tidung hehe..
    Duduh belum pernah nih liburan ke kepulauan seribu, bisa pemerin ke anak-anak nih mbak destinasi keren ini.
    Foto-fotonya cakeepp pisan mbak.
    Salam hangat

    • hayuuk mbak ke Kepulauan Seribu, banyak pulau2 yang bisa dijelajahi..
      foto2 boleh minjam ini mbak

  6. dari dulu pengen ke pulau Tidung tapi tidak pernah kesampaian .. hikss
    hmm .. kaykanya kalau kesana … mesti ke Pantai Saung Perawan .. haha
    btw … ternyata sekarang bisa pakai traveloka ya .. makin mudah saja

  7. Kakak perempuan saya juga barusan ke Kep. Seribu tgl 20 April yll. Katanya 1.5 jam dari Ancol naik speed boat. Tapi tak jelas pulau yang mana. Pemandangannya cantik sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.