Waspada Demam Berdarah dengan Jumantik

25
2525
Jumantik

Jumantik "Periksa Jentik Nyamuk" Jentik Nyamuk Aedes"

Quest (noun): A long or arduous search for something.  So this is my entry for the Dailypost Weekly Photo Challenge : Quest.  The picture tells us about an activity to search for the dengue mosquito larvae (Aedes aegypti).

Musim hujan seolah tak ada habisnya. Sekarang sepertinya nggak mudah  prediksi musim. Hari ini hujan lebat, eh kok besoknya panas terik menyengat. Jadi bingung menentukan musim kemarau atau musim hujan. Perubahan cuaca nih yang membuat nggak teraturnya musim hujan dan kemarau. La Nina dan El Nino yang  pegang peranan.

Cuaca seperti ini  bikin  penyakit gampang singgah. Penyakit mulai dari batuk pilek, diare dan demam berdarah contohnya. Anak bungsuku pernah juga kena demam berdarah beberapa tahun lalu.  Sebagai orang tua tentu paniklah mendapati anak sakit.

Baca juga : Cerita September

Demam berdarah itu disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Dengue, nama lain dari demam berdarah, belum ada obatnya.  Iya karena penyebabnya virus. Virus memang belum ada obatnya sampai sekarang. Pengobatan  penderita demam berdarah hanya simptomatis. Artinya yaitu memperbaiki keadaan umumnya, bila demam diberi penurun panas,  bila perdarahan diberi tambahan darah, dan lain sebagainya.

Sebetulnya gampang banget mencegah demam berdarah. Tetap ya mencegah lebih baik daripada mengobati. Kita hanya perlu menjaga kebersihan lingkungan secara teratur. Kami petugas kesehatan tentu tak akan mampu untuk menjangkau seluruh rumah warga. Makanya dilatih ibu-ibu menjadi kader jumantik (juru pemantau jentik) untuk memeriksa dari rumah ke rumah. Di sekolah pun juga ada jumantik cilik.  Makanya sekarang di tiap rumah tangga harus ada satu jumantik.  Yaitu satu orang yang bertanggung jawab pada kebersihan.

Petugas kesehatan tugasnya mensupervisi, keliling memeriksa hasil kerja. Mana tahu ada yang terlewat tak diperiksa. Contohnya pada foto, aku ketemu jentik di pot bunga yang tergenang air hujan.

Nyamuk Aedes aegypti adalah vektor pembawa virus demam berdarah. Selain itu juga nyamuk ini bisa menularkan penyakit chikunguya dan Zika. Jentik nyamuk ini ditemukan di air bersih, seperti bak mandi, dispenser, meteran air, tempat minum hewan, ban bekas, bunga dan daun dan benda-benda apapun yang bisa menampung air sesedikit apapun.

Cara Periksa Jentik

Pakai senter arahkan ke sekeliling dinding wadah air. Karena ada  cahaya senter jentik akan menggeliat disko, bergerak menjauhi sumber cahaya. Jika ada jentik wadah harus dikuras

Cegah DBD dengan 3M Plus 

Yaitu dengan cara menguras, menutup, mengubur atau mendaur ulang barang bekas. Selain itu bisa juga memelihara ikan, pakai obat dan tanaman anti nyamuk, pakai kelambu, menaburkan bubuk larvasida, rapikan baju yang bergelantungan, pilih jenis tanaman yang tak menampung air, dan banyak lagi.

 

25 COMMENTS

  1. Nyamuk pembawa virus demam berdarah ini suka menyeramkan. Malaikat terbang tidak kelihatan dan kadang menggigit juga tidak terasa. Tahu-tahu penderita sudah sakit. Ya Semoga kita semua bisa menjaga lingkungan lebih bersih dan sehat agar terhindar dari sakit demam berdarah yang diakibatkan oleh nyamuk ini, ya Mm

  2. Baru baca tentang Zika yang penyebarannya melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti juga. Memang harus jaga kebersihan lingkungan deh.

  3. Sehat mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sendiri ya mbak. Jumantik mengakomodasi semangat mencegah. Sebutan juru nenarik, ada tanggung jawab dan keahlian yg melekat. Salam sehat

  4. Peringatan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan memang harus selalu diaktifkan yach Kak. Apalagi musim penghujan kayak sekarang ini. Semoga keluarga dan lingkungan kita senantiasa sehat2 dan terhindar dari penyakit.

  5. Tips-nya simple padahal hanya tinggal arahkan senter ke air …. hahaha ..
    saya baru tahu … thx sharing infonya mba Monda .. sekarang memang sudah waspada DBD nih

  6. Nyamuk mungkin jadi binatang yang paling ditakuti karena sering membawa banyak virus, termasuk virus-virus baru. Aku jadi teringat untuk memeriksa bagian belakang rumah, semoga tak ada genangan air.

    • segala mama virus dan parasit bisa numpang di nyamuk
      iya bersih2 cara paling gampang ngusir nyamuk

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda…

    Kita harus menjaga kebersihan rumah di dalam dan di luar agar terhindar dari penyakit bawaan nyamuk ini. Amat menyeramka ya apabila membaca kasus mereka yang terkena penyakit seperti demam denggi. Malah melihat jentik2 menari disko sahaja sudah menyeramkan. Geli dan menakutkan. Ternyata nyamuk aedes ini sangat aktif di awal pagi dan diawal senja. Kalau ada takungan air, cepat saya buang, mbak agar terselamat. biar susah dahulu ya, jangan susah di kemudian hari,. Mencegah lebih baik dari mengubati.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • Alhamdulillah , betul kak susah daulu ya buang tampungan air daripada nyamuk berkembang biak
      mudah-mudahan jangan sampai ada anggot keluarga kita yang terkena sakit ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.