Villa Isola & Bu Dey

30
109
Tampak Belakang

Villa Isola Bandung

This building named Villa Isola once belonged to Dominique Willem Berretty, the Dutch media tycoon in Dutch Indies, the old name for Indonesia. The Art-deco style building construction started October 1932 and completed by March 1933. Design and construction by Architect C.P. Wolff Schoemaker. The picture were made by a dear blogger friend of mine, especially photographed for me. This is the beauty of blogging, isn’it?. Villa Isola, the building and its gardens now used as a campus for Universitas Pendidikan Indonesia, in Bandung, West Java.

Familiar dengan foto gedung di awal tulisan ini? Ingat di mana pernah melihatnya?

Foto gedung yang pernah bernama Villa Isola ini adalah hasil karya teman blogger dari Parongpong, ibu Dey Fikri. Jadi, mulai ada clue kira-kira di mana lokasi gedung ini?

Blogger yang menyebut ibu sebagai kata ganti dirinya di blog ini tau banget kesukaanku dengan bangunan tua. Entah kapan pernah kusebut aku pengen foto tapi belum ada kesempatan mampir di Villa Isola. Eh tak taunya aku dihadiahi foto ini, yang sengaja dijepret khusus buat aku. Aah.., this is the beauty of blogging.

Apa sih istimewanya gedung ini? Aku suka lihat lengkungannya yang setengah lingkaran, lengkungannya halus kan? Bagaimana coba buatnya? Apalagi ini kan buatnya jaman dulu, nggak ada komputer yang membantu buat bikin cetakannya, masa pakai jangka sih he..he.., dan bukan hanya satu pulak, sambil membayangkan interiornya dan bentuk meubel di dalamnya seperti apa.

Villa Isola atau belakangan disebut Bumi Siliwangi ini menonjol karena ditopang dengan luasnya halaman, tak ada yang menghalangi pandangan, bahkan dari jalan raya pun bisa terpampang nyata.

Bangunan bergaya art deco yang dilengkapi dua taman cantik ini dulu dipesan oleh seorang raja media Hindia Belanda bernama Dominique Willem Berretty untuk dipakai sebagai rumah pribadi. Desain dan konstruksi karya C.P. Wolff Schoemaker, (arsitek yang sama yang membangun gedung Insulinde di jalan Braga, bu Dey juga punya fotonya) dibangun tahun 1932-1933. Biaya pembangunan ini sangat mahal dan hampir membuat Berretty bangkrut. Ironisnya dia hanya sempat menikmati rumah ini beberapa bulan, karena kemudian Berretty tewas dalam kecelakaan pesawat menuju Amsterdam.

Villa kemudian berubah jadi hotel, lalu jadi markas tentara Jepang, dan jadi kampus Universitas Pendidikan Indonesia di jl Setiabudi, Bandung. Selama ini perubahan yang terjadi pada gedung ini hanya penambahan satu tingkat di bagian atap, pada tahun 50an.

Karena digunakan sebagai kantor tentu tak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya ya, cukuplah dengan memandangnya dari halamannya yang luas. Tapi nggak perlu kecewa, sekarang pengunjung umum bisa masuk ke kampus ini dan berkunjung ke obyek yang juga cantik yaitu ke Museum Pendidikan Nasional UPI, sarana yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, pada Hari Pendidikan yang lalu, tanggal 2 Mei 2015 ( lengkapnya di Berita UPI).

IMG_6277.JPG

Bu Dey itu selain blogger dan fotografer, penulis puisi juga seorang crafter, hobi dengan keterampilan tangan. Ini contoh hasil karyanya yang kupesan , sebuah notes berwarna biru, cantik ya… Eh, aku pesan notes malah dapat tambahan kartu ucapan cantik dan kartu pos vintage di atas, katanya kartu pos itu lebih berguna kalau di tanganku.Sebelumnya aku dikirimi kartu pos Jalan Asia Afrika Bandung

Terima kasih banyak bu Dey.

Villa Isola Bandung

 

 

30 COMMENTS

  1. Memang cantik banget Mbak Monda. Suka lihatnya. Membayangkan jaman dulu jangkanya sebesar apa ya dari ceritanya Mbak Monda. Hihihi.

  2. Aiih…gedungnya memang cakep bener ya mbak.. Dan, Teh Dey memang jempool.. *memandang kartu pos & notes mungil di rak buku ku 🙂

  3. Kolaborasi Mbak Monda dan Jeng Dey yang klop, pemuja sejarah dan keindahan dan mewujudkan dalam persahabatan.
    Kerennya kampus UPI yang penuh sejarah.
    Salam

  4. Dijaman itu mungkin tuan Berretty orang terkaya, bisa bikin bangunan yang megah jaman itu. Setiap mau ke Lembang selalu kagum liat ini.

    • katanya si tuan itu kaya banget dan mewah
      nah .. uda juga terpana kan.., gedung ini sangat menonjol dari jalan aja udah tampil banget kan

  5. Villa Isola skr jadi kantor rektorat UPI, Mbak. Kalau cuma liat2 sekeliling dari luar masih bisa. Masuk ke dalamnya yg ngga boleh.

    Letak Museum Pendidikan yang baru itu berseberangan dgn Villa Isola, sama2 pinggir jalan Setiabudi. Kalau dilihat dari jalan raya, sepertinya Museum belum bisa dikunjungi karena masih ada pembangunan yg belum beres.

    Makasih banyak untuk postingan ini ya, Mbak. Saya juga senang bisa mengenal Mbak Monda.

    O iya, saya tuh suka susah mau komen di blog temen2 yg pakai WP. Termasuk blog Mbak Monda ini, ngga tau kenapa.

  6. notebook kreasi bu Dey cakeppp
    kalau aku suka puisi2nya bu Dey bun…

    adaaa aja idenya 😀

    foto villa nya juga keren… ah jd kangen bandung aku 😀

  7. Villa Isola ini penuh intriiiiiiik ????????????
    Tapi memang keren banget sih Mbak. Tidak rugi rasanya bermacet-macet ria di Cihampelas dan Setiabudi (in reverse order yak) kalau hadiah Tuhan indah sekali, permata art deco terakhir di Bandung.

  8. Saya dulu anak IKIP Bandung jurusan bahasa Inggris angkatan 1972 (drop out). Walau waktu itu hampir setiap hari lihat gedung megah ini tapi boleh dibilang tak pernah masuk kedalamnya. Kelas-kelas untuk kuliah terletak di belakang yang terpisah. Banyak kenangannya, dan istimewanya ada 2 teman saya di Melbourne sini yang dulu teman kulian.Terima kasih dengan tulisan ini saya sekarang jadi tahu sejarahnya.

    • gedung cantik ini sarat sejarah ya mbak.. dan kuat bertahan sampai kini
      menambah cantik kota Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here