Unexpected, Ondel-ondel

42
811
Ondel-ondel
Ondek-ondel
Ondel-ondel
Ondel-ondel

Ondel-ondel dari Betawi ini awalnya sebagai penolak bala atau gangguan roh halus. Mungkin itu sebabnya ya wajahnya datar tanpa ekspresi begitu, mata bulat besar terbelalakΒ  menakutkan. Proporsi tubuhnya pun hanya lurus saja, membuatnya tak berbentuk.Β  Rangka badan ondel-ondel ini dibuat dari bambu dengan lengan menjuntai lemah.Tingginya 2,5 meter dan diameter 80 cm. Bertolak belakang ya kesannya dibandingkan lagu jenaka karya Benyamin Suaeb yang juga berjudul sama, Ondel-ondel.

Banyak anak kecil yang takut lihat ondel-ondel. Unexpected kok ibu malah mengajak berfoto bersama ondel-ondel.

 

42 COMMENTS

  1. coba ondel ondelnya diganti wujud sondesip atau pingu
    anak anak ga bakalan takut lagi

    tapi jangan ding, tar jadi ilang tuh warisan nenek moyang…

  2. emak aslinya takut liat ekspresi ondel2, xixi.. di ranah minang juga ada boneka2 tolak bala begitu dan seingatku wujudnya serem semua, kak… πŸ˜›

  3. Rambut ondel-ondel njegrak ke segala arah, sigap menolak bala. Terakhir lihat di kota tua menyatu dalam budaya Betawi. Salam

    • waah..Vay malah pengen liat ya..
      kadang2 ada lho ondel2 yg ngamen di lampu merah lengkap dengan musiknya

  4. Betul mbak Monda, banyak sekali anak kecil yang takut dengan ondel-ondel ini…ta[pi dengan baju warna cerah begini, mungkin rasa takut akan berkurang dan berganti dengan rasa penasaran.
    Penasaran foto dengan ondel-ondel maksudnya… πŸ™‚

    • he..he..mbak sini kufotoin dekata ondel2
      ondel2nya bahkan kulihat ada yang ekspresinya agak lebih diperhalus.., agak lebih ramah dikit

  5. Kalo dilihat dari jauh gak seram.. tapi karena dari dekat dan besar gitu jadinya serem…
    kesenian yang harus terus dilestarikan ya πŸ™‚

  6. hehe… waktu kecil saya termasuk yang takut ondel-ondel lho… ternyata emang awal fungsinya sebagai penolak bala.

  7. Hihi… aku agak2 geli2 takut kalau lihat badut mbak… apalagi yg perutnya gede, meskipun mukanya lucuuu… tapi sama Ondel2 gak begitu geli…dari jauh, hehe…

    • ha..ha….badut gendut…, aku suka ngebayangin ada penjahat di balik topengnya terpengaruh film2 sih he..he…

  8. tapi ondel ondel ini emang gak ada lucu-lucunya ya bun.. kalau dari deket terus nguber2 kita emang pasti anak kecil pada takut deh πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.