Turun Mandi di Gunung Talang

43
165

Foto ini diikutkan untuk travel photography tournament di blognya nyonyasepatu, yang pada minggu ini bertema culture & Heritage. Acara turun mandi ini ditemukan tidak sengaja di Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang, kabupaten Solok, Sumatera Barat, persis di depan situs cagar budaya Masjid Tuo Kayu Jao. Bayi perempuan ini pertama kali dimandikan di luar rumah oleh bako (pihak saudara perempuan ayah si bayi) yaitu di pancuran depan masjid, karena setelah itu bayi sudah boleh diajak ke luar rumah. Dalam upacara ini dilengkapi berbagai benda pelengkap upacara, kelapa muda, cermin, dan sisir dengan maksud si bayi akan menjelma menjadi seorang gadis cantik.

Turun Mandi

43 COMMENTS

  1. kalo di jawa ga ada ritual kaya gitu
    paling banter yang namanya among-among setiap wetonnya
    kalo di pesisir selatan beda lagi, tidak setiap weton tapi tiap jumat kliwon

    tradisi indonesia kaya bener ya..?

  2. Saya baru tau kalau ada upacara ritual seperti ini … “turun mandi”

    kalau di jawa itu mungkin “tedak siti” … turun tanah … mulai belajar jalan
    (plus perangkat yang akan dipilih oleh si Anak … plus kurungan ayam)

    salam saya Kak

    • lupa nih si bayi umur berapa, belum ada 40 hari deh…, tapi keluhatannya badannya udah kokoh ya…

  3. Idiiih, kebayang dinginnya, mbaaaaakkkk…boleh dicampur air panas sedikit apa nggak ya?
    Hihi, namanya jadi bukan mandi di pancuran lagi dong ya 😉

  4. pa kabar bunda…waduh kangen banget main ke tempat bunda..mohon maaf bunda jarang bisa BW….ini mumpung dirumah….alhamdulilah bisa disempatkan…
    keberagaman adat istiadat yah bunda ….saya baru tahu adat seperti ini…
    kalo dijawa apa yah kira2

  5. Kekayaan budaya Nusantara ya mbak, setiap tindakan merupakan simbolisasi doa dan harapan orang tua bagi buah hatinya, Salam

  6. Di kampung saya adat turun mandi buat bayi ini masih dilestarikan. Hanya untuk tujuan baik, tidak ada tujuan karena khurafat atau sejenisnya.

  7. Wah beruntung sekali lagi jalan-jalan ketemu moment seperti ini. Heran juga mandinya pake air dingin .. gak kebayang kalo anak saya he he.
    Btw telat dapet info tournamentnya hiks 🙁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.