Tradisi Lebaran Keluarga – Makkobar dan Pel Lantai dengan Ampas Kelapa

0
86
cara memasak rendang

Tradisi Lebaran Keluarga? Pasti ada. Bagaimana tidak semua yang dilakukan menjelang Hari Raya Idhul Fitri itu dilakukan berulang-ulang dari tahun ke tahun. Jadilah semacam rutinitas.

Yuk, kita lihat tradisi keluargaku :

  1. Membuat 3 macam kue kering

Kue kering yang dibuat di rumah adalah kue yang umum ada di setiap rumah tangga seperti nastar, kastengel, kue katetong atau lidah kucing.

  1. Masak Kacang Tojin

Setelah rendang selesai, keseokan harinya giliran masak kacang tojin alias kacang bawang. Entah berapa kilo yang dimasak, satu baskom besar, pokoknya tiap anak kebagian mengupas kacang tanah yang sudah direndam. Beliau tak mau beli kacang kupas, katanya sering keras.

Kacang yang telah dikupas diberi bawang putih halus dan garam Didiamkan beberapa saat kemudian digoreng dengan api kecil. Angkat kacang setelah bewrana kekuningan, karena masih akan berubah warna setelah diangkat.

3. Masak Rendang

Rendang resep ibuku sudah pernah kubagi beberapa waktu lalu. Boleh lihat di Serba serbi Masak Rendang dengan Resep Andalan. Ibuku mengajak kami masak rendang beberapa hari sebelumnya, karena rendang ini awet. Rendang yang sudah matang dibagi ke beberapa kotak kecil   dan disimpan di freezer.  Ketika akan dihidangkan, satu kotak dikeluarkan dan didiamkan pada suhu ruang lalu dikukus dan siap disajikan.

4. Masak Ketupat Beras dan Ketupat Ketan

H minus satu Lebaran yang paling sibuk, karena selain masak dua macam ketupat juga masak berbagai macam lauk pelengkap seperti tauco udang, sayur lodeh.

ketupat lebaran

  1. Mengepel Lantai dengan Ampas Kelapa

Masak aneka makanan dengan bahan baku santan kelapa tentu menghasilkan ampas yang cukup banyak. Ampas belum boleh masuk tempat sampah. Masih bisa dimaksimalkan untuk mengepel lantai. Caranya hanya dengan menabur ampas kelapa di atas lantai. Lalu lantai digosok sampai mengkilat. Setelah itu ampas dikumpulkan lagi dan dibuang. Pekerjaan yang melelahkan. Untungnya tradisi ini rela dihilangkan oleh mama karena kami mulai prtoes lelash.

  1. Sarapan Hidangan Lebaran Sebelum Sholat Ied

Disunnahkan sarapan dulu sebelum pergi ke lapangan. Sibuk deh bangun sepagi mungkin untuk memanaskan lauk pauk. Sarapan sekedarnya yang penting perut sudah terisi.

  1. Makkobar

Setelah pulang sholat Ied, almarhum papaku meminta kami semua berkumpul. Kami akan makkobar, saling bermaaf-maafan. Didahului oleh anggota keluarga termuda  mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dan meminta maaf. Kemudian dilanjutkan oleh semua anak dan mamaku. Terakhis papaku  yang menutup disertai nasehat dan harapan agar anak-anak  menjadi manusia yang sholeh dan sholehah.

Acara ini tak bisa ditiadakan karena katanya  sekalian untuk melatih bicara di depan umum. Apalagi di acara adat Tapanuli Selatan dan suku Batak lainnya selalu ada acara makkobar  atau mandok hat.

Itulah tradisi keluargaku. Bagaimana tradisi lebaran di tempat Anda?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.