Tips Mengajarkan Berpuasa Untuk Anak Kecil

5
141
Gedung Arsip Nasionla, anak bermain sepeda, bangunan tua di jalan Gajah Mada

Hmm.. harus menggali  dari ingatan  dahulu nih kalau ditanya tips mengajarkan berpuasa untuk anak kecil. Maklum ya anak-anakku  sudah dewasa sekarang.

Anak-anak yang belum aqil baliq belum diwajibkan berpuasa. Tapi, tentu  tak bisa begitu saja secara spontan anak mampu puasa tanpa diajarkan sejak dini. Orang tualah yang harus membimbing supaya saat dewasa kelak mereka tak merasa berat menjalankan ibadah yang satu ini.

Tips Mengajarkan Berpuasa Untuk Anak

Berikut ini yang pernah  kulakukan untuk membiasakan anak agar mau berpuasa :

  • Sejak anak sudah bisa berkomunikasi  boleh dijelaskan  tentang puasa.  Sambil cerita saja.   “Sambil  bermain ceritakan mengapa papa dan mama tak makan dan minum  sejak pagi sampai magrib”.  Tentu saja diceritakan dengan bahasa sederhana sesuai daya nalar anak-anak.
  • Berikan contoh yang baik dengan melakukan amalan yang biasa dilakukan saat puasa, seperti tadarus, mendengarkan siraman rohani dari televisi, dan mengajak tarawih ke masjid.
  • Anak kecil belum wajib puasa, biarkan dia melakukannya sesanggupnya. Cuma tahan satu atau dua  jam ya biarkan saja.
  • Biarkan anak bermain dengan temannya. Biasanya mereka akan saling membanggakan diri sudah mampu puasa. Biarkan anak termotivasi oleh temannya.
  • Kalau si kecil belum sanggup bangun sahur,  jangan dipaksa, sebutkan makan paginya adalah sahur. Yang penting dia mulai dikenalkan dengan tahapan puasa.
  • Jangan simpan beraneka  makanan  di dalam kulkas, misalnya susu UHT, coklat, puding kesukaannya supaya anak tak tergiur.
  • Siapkan makanan kesukaannya untuk berbuka dan  ajak  berkumpul di meja makan bersama orang tua  saat jam berbuka puasa tiba. Begitu pun waktu sahur, buat makanan yang mampu mengugah selera makannya.
  • Beri penghargaan. Ini pula yang dilakukan orang tuaku. Kasih iming-iming  diberikan hadiah atau uang jajan misalnya sepuluh ribu sehari yang diberikan saat Lebaran. Anak-anak kan gampang tertarik jika dberi imbalan.

Alhamdulillah, dengan cara yang kusebutkan di atas ini, anak-anak mampu berpuasa sehari penuh sejak kelas 1 SD, meski belum tuntas sebulan penuh.  Apa tips yang dilakukan di keluarga Anda untuk mengajarkan anak puasa?

5 COMMENTS

  1. bagus banget tips-nya.
    Memang sebagai ortu harus menjadi role model yang baik ,,, sebagai ortu harus memberikan contoh yang baik supaya anak kita mengikutinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.