Terpesona Masjid Tuo Kayu Jao

37
272

 

Masjid Tuo Kayu Jao

Foto Masjid Tuo Kayu Jao ini sudah pernah muncul di blog ini, tapi belum pernah diikutkan lomba. Kali ini diikutkan dalam Turnamen Foto Perjalanan 35 – Rumah Ibadah.

Yang membuatnya mengesankan adalah karena secara kebetulan menemukan plang cagar budaya dalam perjalanan ke Gunung Talang hendak mengunjungi danau kembar,  Danau di Atas dan Danau di Bawah. Masjid kayu tua berwarna hitam legan ini adalah masjid tertua di Sumatera Barat. Letaknya  tak jauh dari jalan raya, di sebuah lembah kecil, masih terawat baik dan masih dipergunakan untuk ibadah sehari-hari.

Lengkapnya cerita tentang ini bisa dilihat di kejutan mengesankan.

SHARE
Previous articleRangkuman 2013
Next articleTDRM II : Lamang jo Duren

37 COMMENTS

    • waktu itu masjid terkunci, karena masih pagi banget
      tapi.. cuma bisa ngintip dari jendela,
      foto lainnya ada

    • masjid2 tipe atap seperti ini katanya sih pengaruh Hindu…., dan masjid2 tua itu kebanyakan mirip sama atap masjid Demak

  1. wah baru sekarang saya mendengar masjid menjadi bagian dari cagar budaya. Menggambarkan betapa pentingnya keberadaan masjid tua ini. Jadi penasaran sejarah dan interiornya

    • iya pak, di berbagai kota banyak juga masjid yg jadi cagar budaya, misal yg pernah sy cerita di blog ini , di Jkt ada masjid peninggalan Raden Saleh, di Cirebon sy pernah mampir di Masjid Merah Panjunan (di blog sebelah),
      kelenteng Sam Po Kong di Cirebon juga jadi cagar budaya

  2. hadeh….pada bagus-bagus amat sih foto2xnya :)) makin bingung saya
    terima kasih partisipasinya. salam kenal dari Bintaro Tanggerang 🙂

  3. Bundo adel juga pernah cerita soal masjid ini nih Bun.. Keren banget deh ngedenger tentang masjid yang satu ini. 😀

  4. masjidnya unik ya atapnya bersusun kek tempat ibadah orng Jepang di komik2 heheh, di bau2 sultra ada juga masjid tua kayak gini mbak. umurnya udah ratusan tahun, dan didepannya itu ada tiang pancang kayu katanya menurut cerita orng tua kalau roboh bau2 bakalan tenggelam atau kena bencana letaknya tepat di kawasan keraton kesultanan Buton.

  5. ehem..! MS juara turnament, horee…!!!

    baru paham apa yg dimaksud fariz, tyt aku kelewat baca yg ini.
    selamat ya kak.. dan selamat bertugas jadi tuan rumah.
    emak? ikutan pastinya.. janji..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.