Taman Kota #8 Baobab di Waduk Ria Rio

43
1276
Pohon Baobab Raksasa

Pohon Baobab Raksasa "Ki Tambleg" "Baobab di Waduk Ria Rio"

Yuk, sekali lagi  kuajak jalan-jalan ke Taman Kota. Kali ini tujuan utamanya ingin lihat pohon Baobab, pohon raksasa asal Afrika. Sempat menjadi topik utama   media pada 2013 karena pohon-pohon ini dipindahkan dari tempat tumbuhnya di Subang Jawa Barat.  Kemudian pohon Ki Tambleg, nama lokal untuk Baobab,  ditanam di areal Waduk Ria Rio Jakarta Timur.  Hingga kini pohon-pohon tersebut masih disangga dengan penopang kayu, mungkin karena perakarannya belum kokoh.

Minat pada Baobab ikut tinggi seiring gencarnya liputan. Diberitakan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Untung euforia ini bisa dicegah oleh pemerintah daerah Subang, yang boleh dibeli hanya bibitnya saja. Tak boleh lagi membongkar pohon dan membawanya.

Sabtu pagi beberapa bulan lalu menggeret suami ke  Waduk Ria Rio di wilayah Pulo Mas, Jakarta Timur. Eh iya ini memang posting terlambat,  cerita ke Taman Langsat yang belakangan malah sudah berhasil tampil lebih dulu.

Baobab Tree
Btw, ini salah satu foto favoritku tahun 2017. Pak komandan raun yang selalu suportif dengan kesenangan istrinya.

Waduk Ria Rio ini pada 1960an adalah rawa. Tanahnya dikeruk untuk membangun sarana pacuan kuda dan olahraga lainnya di wilayah berdekatan. Sempat menjadi danau buatan yang bagus, tapi akhirnya waduk terlantar dan  sekian lama pernah menjadi lokasi puluhan bangunan tanpa ijin. Proses panjang  soal status tanah lewat jalur hukum pun pernah menghiasi media. Kini wilayah ini telah bersih dari bangunan. Waduk yang mendangkal  masih terus dilakukan pengerukan. Waduk diharapkan kelak  mampu maksimal sebagai  sarana tangkapan air sebagai upaya mengurangi genangan air yang sering melanda wilayah ini. Soal namanya yang berupa pengulangan unik ini katanya sih dari nama bos developer ini, Rio Tambunan.

Untuk mempercantik tampilan waduk, di bagian selatan  dibuat taman kecil. Ke sanalah kaki menuju ke taman yang belum sepenuhnya selesai. Fasilitas taman yang sudah tersedia berupa sarana permainan anak, pedestrian, amphiteater   yang menghadp ke waduk dan beberapa  bangku taman.

Pohon Baobab dekat pintu  masuk  terlihat tinggi langsing dan masih ditopang batang kayu. Daun-daunnya pun belum banyak. Penampilan pohon ini tak sama dengan di kartu pos yaitu pohon dengan batang membulat seperti botol tanpa percabangan batang, hanya di puncak pohon saja terlihat ranting dan daunnya.

 

Menyusuri pedestrian yang telah ditutupi paving block  sampai  di sebuah bundaran dengan beberapa kursi taman ke bukit kecil yang terlarang dinaiki. Di bukit itu ada dua Baobab kecil dan besar.  Baobab besar terlihat cantik dan unik.  Diameter batang  bawahnya besar, sedangkan batang atas kecil dan banyak ranting.  Mungkin dipindahkan umurnya sudah tua.

Oh ya untungnya di sini  ada pelengkap identitas pohon berupa papan nama dari pohon-pohon besar, lumayan banget jadi tahu namanya. Di sana  ada pohon flamboyan salah satu pohon favoritku karena berbunga oranye menawan.  Dalam jumlah besar kurasa flamboyan bisa semenarik  sakura.  Ada pohon pulai (Alstonia scholaris)  yang termasuk pohon tinggi bisa mencapai 40 meter dan kayunya untuk kerajinan, pohon buni yang buahnya bisa dibuat rujak, kecrutan pohon peneduh berbunga jingga dan yang liu dengan daunnya yang melambai gemulai.

Lokasi Waduk Ria Rio

Waduk Ria Rio ini adalah danau buatan  seluas 26 hektar di wilayah  Pulo Mas di Jakarta Timur yang berbatasan dengan kotamadya Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Lokasi tepatnya di persimpangan ITC Cempaka Mas.

Lokasi ini bisa dicapai dengan bus Trans Jakarta, turun di halte Cempaka Putih.

Taman Waduk Ria Rio

 

43 COMMENTS

  1. diameter pohon baobab 10x lingkar badan pakwo.. 😁

    suka sekali melihat penampilan pohon ini, dongeng banget ya kak, serasa jadi elf di lord of the ring. 😄

  2. Kebayang besarnya pohon Baobab ini mbak, apalagi dg tampilan eksotiknya semakin melejitkan kawasan waduk Ria Rio. Senangnya kalau kawasan resapan air ini berfungsi optimal mengurangi genangan di areal sekitar ya.
    Salaman Komandan Raun yg mensupport kesukaan peri gigi pada museum dan alam tumbuhan.
    Salam hijau

    • gede banget pohonnya mbak, he.. he.., membayangkan juga sepupunya yang di Madagaskar itu mungkin udah seperti gedung jangkung

  3. Foto pohon dari bawah itu keren deh Kak. Yang ambil Pak Komandan kah, kalau lihat foto yg lagi beraksi di bawah pohon?
    Kalau mau raun-raun, memang kita lihat banyak sekali pohon dan bunga yang menarik untuk dipelajari. Kalau aku ada waktu, mau juga nanti sesekali membahas tentang bunga2 yang kutemukan.

    • iya foto pertama karyanya pak suami..
      banyak tanaman menarik memang di mana saja, apalagi kalau hasil karyamu pasti keren banget deh fotonya

  4. Woah, ternyata ada juga ya pohon boabab di Indonesia. 😀
    Kalau jalan-jalan di taman, pasti ada aja tanaman yang unik ya bun. 🙂

  5. Tamannya jadi bagus… walau agak mendekat ada aroma kurang nyaman karena belum rampung 100%… tapi tamannya bagus… yang pluit juga bagus… suka dengan kota yang banyak ruang terbuka dan bisa dimanfaakan langsung

  6. Cantiknya daerah waduk Ria Rio. Baobab juga disebut sbg boabab atau boab tree juga dinamakan bottle tree karena batang utama yang menggembung seperti botot kalau sudah tua. Pohon yang akrab dgn penduduk Aboriginal Australia ini dipakai untuk berteduh, akar muda bisa dikonsumsi dan bijinya yang keras dan besar diukir untuk souvenir, terutama didaerah Kimberley.

  7. Waa pengen lihat bangau putih, langka banget sekarang ya :D. Pohon baobab nya mystical banget Mba kelihatannya, karena belum pernah lihat sebelumnya. 🙂

  8. Baca artikel ini aku jadi malu sendiri, Mbak. Dulu rumahku dekat banget sama Waduk Ria Rio, dari zaman masih semrawut belum gusuran sampai udah jadi bagus. Dulu kalau mau ke kantor hampir tiap hari lewatin jalan dekat situ tapi aku belom pernah sekalipun mampir dan nongkrong disitu. Dulu sama suami pernah niat mau joging pas hari minggu ke Ria Rio tapi cuma jadi wacana, hiks. Sampai akhirnya kami pindah rumah, nggak jadi-jadi ke Ria Rio padahal udah bagus ya.

    • eh sama denganku
      setelah bertahun2 meninggalkan wilayah itu baru kemarin itu tuh mampir di Ria Rio

  9. Saya pernah lihat dokumenter tentang pohon Baobab di Afrika sna. Ada cerita dari penduduk Afrika bahwa pohon Baobab ini adalah pohon yang terbesar sehingga dia menjadi sombong. Karena kesombongannya, Tuhan pun marah dan mencabut pohon Baobab dari tanah lalu ditancapkan lagi pohon itu ke Bumi secara terbalik. Maka dari itu si pohon memiliki ranting yang hanya bercabang melebar di ujung batang teratasnya seperti akar yang berada di atas 🙂
    Kisah yang menarik sehingga bikin saya pingin melihat secara langsung pohon ini. Ternyata jenisnya ada 9 ya…
    BTW, pohon terbesar no. 1 di dunia apa, mbak?

    • kisah rakyat tentang baobab sangat menarik ya..
      main ke Taman Ria Rio atau ke UI ., baobabnya memang belum segede yang di Madagaskar sih..

      pohon terbesar pohon sequoia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.