Taman dan Ruang Publik

15
84
Taman Jam Gadang

IMG_6571

Taman tak hanya dijadikan sebagai pemanis kota  tetapi juga berfungsi sebagai  sebuah ruang publik yang sangat dibutuhkan banyak orang. Di taman yang sejuk dan hijau orang bebas bercengkrama, berinteraksi dan bersantai, sejenak menjauh dari rutinitas.

Taman Jam Gadang Bukittinggi  selain menjadi taman tempat menikmati landmark kota, tempat berolahraga,  juga menjadi ajang pertemuan penjual dan pembeli.   Letaknya di sekitar  kompleks pasar yang luas (saking luasnya pasar ini  jadi  terbagi 3 zona yaitu Pasar Atas, Pasar Lereng dan Pasar Bawah), selain itu ada gelaran  pedagang kaki lima yang bertebaran di sekitar taman.  Pengunjung  terus mengalir dan banyak yang tak tertib, seenaknya meninggalkan sampah di mana-mana. Lihat saja,petugas kebersihan menemukan seplastik sampah di tengah hamparan bunga. Petugas kebersihan bercerita sampah  di Taman Jam Gadang ini menumpuk, meskipun tempat sampah banyak tersedia dan mereka rutin mengangkut sampah dua kali sehari.  Setiap kali angkut   sampah yang terkumpul mencapai  2  sampai 3 bak motor.   Tak lama petugas selesai membersihkan, sudah ada lagi yang buang sampah sembarangan.  Ayo dong pengunjung, tertiblah supaya taman tetap cantik.

 

IMG_6574

Foto ini ikut serta memeriahkan  Turnamen Foto Perjalanan 36 : Taman.

IMG_6126

IMG_6583

15 COMMENTS

  1. Fungsi taman sebagai ruang publik ya mbak menggalang keeratan warga. Baru sekilas menikmati taman jam gadang mbak, belum blusukan ke pasarnya……
    Seandainya setiap pengunjung ngurusin sampahnya sendiri saja duh kebersihan akan mewujud. Salam

  2. Tamannya cantik mba Monda. Sayang sekali ya pengunjung banyak yang belum terbiasa berbudaya bersih.

  3. Taman kota itu fungsi utamanya adalah sebagai ruang terbuka hijau. Selain itu ya buat interaksi warga dan imbasnya banyak orang jualan..

    Duh ala bara lamo ko indak ka Bukik, hehehe

  4. Saya suka gemes sama orang-orang yang suka buang botol plastik … bekas air mineral atau teh … wadah plastik bekas snack … dan sampah lainnya sembarangan …

    padahal … di depan mereka ada tong sampah segede gaban … teteeepp aja … brul maen buang ke tanah ajah …

    Salam saya Kak

    (14/2 : 5)

  5. Wah ternyata ada orang-orang tertentu yg memanfaatkan taman sebagai tempat memadu kasih tapi tidak resmi ya. Senyum-senyum aku baca teks foto terakhir hihi 😀 .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.