Strawberry Fields Forever

53
92
bunga pohon strawberry

Tak sabar rasanya untuk segera berangkat melihat strawberry fields (pinjam judul ya oom Beatles) waktu mendengar kabar akan ada acara kedinasan ke daerah Ciwidey, maklumlah baru pertama kali.  Sudah lama punya keinginan menjenguk wilayah selatan Bandung ini, tetapi setiap kali selalu ada saja halangan. (He..he..kata temanku  keliling Sumatera yang jauh sudah pernah, tetapi Ciwidey yang cuma sepelemparan sandal emak kok ya belum ….telat deh..).  Saking senangnya, aku sudah komen tentang kunjungan ini di blognya Dhey, berharap waktu berkunjung ke daerah itu sesuai dengan rencana teman-teman blogger  ke Kawah Putih,ingin kopdar lagi. Tetapi karena ternyata acara sangat padat tak jadilah kuhubungi EO kopdarnya Bandung itu..

Dari tol Jakarta  menuju Ciwidey ini melalui tol Cipularang makan waktu kurang lebih 3,5 sampai 4 jam, dengan pintu keluar di Kopo dengan terlebih dulu melewati Soreang.

Di  sekitar wisma Kampung Strawberry tempat kami menginap, bahkan juga di halaman wisma,  penduduk banyak bertanam aneka buah dan sayuran, salah satunya tentu saja strawberry . Daerah gunung memang membuat lapar mata dengan kesegaran sayur, buah dan bunganya. Warna buah dan bunga  jauh lebih cantik daripada di dataran rendah…..itu kataku..strawberry

Maka, setiap ada kesempatan luang di waktu istirahat kukitari wilayah ini. Pagi hari kudatangi perkampungan di seberang wisma.  Jejeran karung ini berisi tanaman strawberry, hi..hi… dulu itu kukira pohon strawberry merambat seperti anggur, sempat kecewa waktu dulu melihatnya pertama kali. Terasa kurang romantis gitu….wk..wk..

petik buah strawberry

 

Membeli strawberry di kebun ini  kita bisa pilih memetik sendiri atau yang sudah tersedia dalam keranjang. Kegiatan memanen atau memetik sendiri itu selalu saja mendatangkan kesenangan khusus. Nikmatnya memilih buah yang cocok dengan selera mata, yang besar dan berwarna merah menantang, mulus sempurna tak ada bercak . Satu keranjang kecil itu bisa memuat 1 kilogram buah.   Ketika dibuat jus di rumah…., rasanya lebih nikmat daripada buah strawberry yang dibeli di supermarket, rasanya tak terlalu asam meskipun hanya ditambahi gula sedikit saja. Jadi kepingin kembali borong beli di sana lagi…he..he…

petik buah strawberry

bunga pohon strawberry

bunga pohon strawbery

 

Di pojok kebun strawberry ini ditanam juga satu dua pohon yang berbuah kecil hitam. Pohonnya cukup tinggi, berbatang kayu. Kalau tak salah dulu buah ini yang disebut dengan arbei …., betul nggak sih? Tapi sekarang di lapak pedagang tertulis menjual blackberry, buah ini berubah nama mengikuti trend ? Memang cuma di Ciwidey ada blackberry ori dijual sepuluh ribu dapat tiga (kotak plastik kecil berisi kira-kira 1 ons)

buah blackberry ciwidey

53 COMMENTS

  1. hyaaa.. si kk abis senang2 di ciwidey rupanya.
    emak udah beberapa kali nginep di sana, sangat menyenangkan.
    tapi emak juga belum puas menjelajahi bandung selatan.
    bandung utara juga belum semua.

    #lhah sekian lama di bandung ngapain aja sih.. wkwkwkk

    • iya .., masih banyak obyek dekat2 sini…, ya gitu deh…, kl ke yg dekat malah ditunda2 aja perginya

  2. Baru tau arbei itu equal ama blackberry… *kemana aja eike wkwkwk*
    Seruuu kebun stroberi, mau juga dong Bu Mon…
    Waktu itu aku ke Ciwidey gak liat ada kebon stroberi… gak perhatiin kayaknya 😀

  3. kalau yang bawah itu sering saya temui pas naik gunung tante, dan biasanya dibuat selingan untuk menghilangkan lelah selama perjalanan. Jadi kita jalan sambil panen arbei hutan yang kita temui di kiri kanan jalur perjalanan pendakian.

  4. loh komenku apa lagi ngejar strawberry? hehehe

    besok aja deh, kalau masih hilang.. komen lagi ah, sapa tahu masih ada sisa strawberry buat dibawa pulang

  5. sudah berapa kali ke ladang stroberi tapi kok gak pernah merhatiin bunganya ya 🙁 tak kalah cantik sama buahnya
    beneran gak asem banget ya kak? main ke sana aaah 😀

  6. Pagi2 jalan2 di kebun strawberry dingin banget pastinya Mbak. Tp dingin pasti kalah oleh cantiknya kebun strawberry yah..

    • betul uni…, dinginnya malah jadi nikmat…, apalagi kemudian kutelponi teman2 yg masih di kamar buat gabung metik…rame deh

  7. bunda, hiks ga ketemu ya kita pas bund kebandung 🙁

    uni pernah beli phon strawbery, cuma berbuah sekali, abis itu mati 🙂

  8. Ini salah satu lagu Beatles yang bagus … rada njelimet dimainkannya tapi enak ditelinga … (halah malah ngebahas lagu …)

    Hahahah

    Yang jelas … inget strawberry … saya inget pengalaman waktu ke Bandung dulu … rencana petik Strawberry gagal … karena kebonnya udah di pesen mau dipetik besok oleh rombongan dari Jakarta katanya

    salam saya Kak

    • makanya lagu ini terngiang2 …, jadi deh pinjam judul he…he…

      nggak asyik banget itu oom, mau metik aja kok udah dibooking

  9. mbakkkk, kita belum jadi ke ciwideynya, susah cari waktu yg pas dengan yg lain. Apalagi minggu2 kemarin anak2 UTS.
    stttt, saya juga belum pernah ke ciwidey, hehe. Mungkin karena suasananya sama dgn di Parongpong, jadi ngerasa gak aneh aja. Kebun strawberry juga banyak disini. Dan buah arbei itu kami sebutnya murbai, yg daunnya dimakan ulat sutra kan?

    • Parongpong seperti ini juga .., keren dong, ….., makin nggak sabar pengen ke Parongpong…

      murbei … berubah jadi blackberry ya…, biar bikin penasaran ya

  10. Ciwidey, daerah yang saya sukai. Selain metik strawberry juga di sana kalo makan enaakkkk rasanya he he. Tambah-tambah minum teh asli orang sana bener2 laen rasanya …

  11. aku pas dulu ke ciwidey lagi gak berbuah stowberinya bun. padahal ke sananya udah perjuangan panjang naek angkot. beruntung deh bunda masih dapet beberapa walaupun gak banyak.. 😀

    btw bunda.. mobile themesnya dipasang dong.. susah banget ini komentar lewat HP klo gak ada mobile theme nya >_<

    • Sayang banget ya Nie jauh2 nggak bisa metik,
      bunda ke sana lagi banyak tuh…., metik dapat sekilo…, lagi banyak buahnya

  12. asiiiknya ….BunMon, pagi pagi petani strawberry nya kalah sama BunMon …hehehee…. 😛
    kapan itu ke kebun strawberrry, malah belum banyak buahnya yg besar dan memerah seperti foto diatas, jadilah…………kami, ibu2 satu rt kecewa berat 🙁

    salam

    • mungkin strawberry nggak berbuah sepanjang tahun ya mam?
      heboh dong ibu2 satu RT nggak kebagian strawberry …, hi..hi…. aku juga pernah kecewa spt itu ….,
      tapi waktu itu di daeraharah ke Garut mam, udah terbayang senangnya malah buahnya nggak ada

  13. ciwidey…huuuuu..pengen kesana dan bisa metik strawberry langsung jugakk.
    Eh, saya baru tahu neh kalau bunga strawbery warnanya putih getu ya? mirip melati air…#semoga gak salah nyebutin nama bunga neh

  14. Saya kok trus pengin ke situ lagi, metik strawberi lagi…
    Ada di gunung atau perbukitan amat sangat menenteramkan hati
    Apalagi kalau ada tanaman buah dan sayurannya.
    Dan beruntung sekali, tak jauh dari tempat tinggal saya masih banyak tempat yg seperti itu

    • Kendal di pantai utara ya pak…., perbukitan yg dekat Kendal di mana ya…, nggak ngeti wilayah sana..

  15. Oiii enaknya…
    kalau yang blackberry ori itu dulunya di kampungku banyak tumbuh liar di semak-semak Mbak. namanya Gunggung Jaran . Nggak tahu deh sekarang masih banyak nggak ya..

  16. Stroberi merah dibelah, dikacau dengan taburan (garam halus, gula halus plus bubuk cabai), makannya dicocol saja hm nyam-nyam, konsumsi gula lebih sedikit dari jus-nya. salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here