Sondoro Seafood Cibubur dan Manfaat Seafood untuk Kesehatan

38
2660
sondoro seafood cibubur

 

sondoro seafood cibubur

SEAFOOD! Seafood  atau boga bahari itu  memang  banyak disuka orang. Enak dan bikin ketagihan. Itu karena di setiap daerah di Indonesia  ada bermacam jenis  makanan hasil laut dengan aneka bumbu dan saus khas Indonesia. Nah, di daerah sekitar Cibubur pun ada resto seafood, namanya Sondoro Seafood Cibubur. Btw, ini bukan sponsored post ya.

Letak resto ini bukan di jalur utama jl Alternatif Cibubur. Pantaslah baru kenal. Lha wong memang  tak pernah menjelajah sampai ke daerah ini. Padahal letaknya tak jauh dari Plaza Cibubur.

Ceritanya ada 5 orang teman kerjaku   berulang-tahun di bulan Desember. Mereka  sepakat  mengajak makan di luar. Katanya mau  ganti suasana. Biasanya kalau ada yang traktir makan siang hanya pesan delivery saja. Mumpung pula hari itu piket tahun baru, masuk kerja kan cuma setengah hari.

Awalnya sih tak ada rencana ke sini. Hanya karena restoran pilihan pertama sangat penuh. Dan kalau menunggu giliran bakal lama banget.  Kalau bersikeras  tunggu giliran kami akan dipanggil kurang lebih hingga 2 jam kemudian. Terpaksa deh pikir cari alternatif lain. Inginnya sih di restoran  dengan suasana alam  terbuka. Lalu seorang  teman mengusulkan restoran di dekat rumahnya itu.

RM sondoro seafood

Lokasi restoran Sondoro Seafood ini di jalan Kalimanggis, Jatisampurna, Bekasi. Tepatnya sebelum Plaza Cibubur belok kiri ke arah Leuwinanggung. Setting restoran ini ambil tema pondok atau saung dengan halaman menghijau. Di halamannya ada beberapa pohon buah-buahan seperti rambutan.

Di sini ada 2 pondok besar terbuka, 1 pondok berAC dan beberapa pondok kecil, semuanya memakai meja kursi, tak ada lesehan. Di bagian depan pondok utama ada aquarium berisi ikan kerapu, ikan bintik hitam dan lobster dan aneka hasil laut lainnya dalam keadaan hidup. Restoran Sondoro Seafood Cibubur mengklaim menyediakan bahan makanan laut segar. Mereka juga menyediakan sayuran organik. Sayuran ini ditanam di halaman tengah.

sayuran organik

Kami disediakan tempat di saung di bagian belakang. Saung ini terbuka dengan atap rumbia yang dirambati markisa. Markisanya sedang berbuah, tapi  masih hijau. Iiih jadi gemes.

Ok, mari mulai memesan. Nama makanannya kok banyak yang agak asing ya. Daripada bingung kami minta rekomendasi pada masnya. Katanya spesialisasi dan makanan yang banyak dipesan  adalah ikan dengan  cara masak Panggang Portuegese Nyonya.  Katanya resep dari Nias. Masa sih?  Setahuku kalau ada embel-embel Nyonya itu biasanya berhubungan dengan Cina peranakan di negeri  jiran.

Kerapu Panggang Portueges Nyonya
Kerapu Panggang Portueges Nyonya

 

Ya, kami setuju usulan itu. Satu ekor  ikan  dengan berat 1 kilo bisa diolah dengan beberapa jenis masakan dan minta dibagi menjadi 3 piring. Maklumlah untuk 20 orang. Pilihan cara masak  kedua  yaitu steam dan  sop bihun.  Untuk sayur kami pesan kangkung belacan.

Sambil menunggu makanan siap disajikan, sembari ngobrol dan sempatkan googling. Penasaran dengan nama Sondoro yang kusangka berhubungan dengan Sandy Sondoro.  Dan juga ingin tahu kebenaran resep dari Nias he.. he..

Eh kok ketemunya tulisan ibu Edratna, salah satu dari my favorite irresistible bloggers yang pernah makan di restoran Sondoro di Medan tahun 2014. Di sana ibu berjumpa dengan pemilik Sondoro Seafood, pak Effendi. What a small world! Googling lebih lanjut ternyata Sondoro itu  adalah  bahasa Nias yang artinya pengayom. Nama ini diberikan oleh salah satu mantan bupati Nias, teman akrab pemilik Sondoro Seafood. Pak Efendi awalnya pengusaha perikanan untuk ekspor  yang lalu merambah ke jalur kuliner. Restoran pertamanya ada di Medan, dan telah buka cabang di Batam dan Jakarta. Alasannya buka restoran supaya ketika pasar ekspor lesu, hasil laut dari para nelayan masih ada yang menampung.

menu restoran seafood

 

Hidangan spesial ikan panggang portueges nyonya itu menurut teman-teman memang yang paling lezat.  Bumbunya katanya khas Batak, dengan aroma kecombrang / rias /honje / kincung. Rasanya jadi asam segar dan gurih. Menu lainnya cumi telur asin juga gurih dan udang nestum ada rasa oatmeal.

 

menu-seafood-resto

 

 

 

udang nestum sondoro

Secara umum menu yang disajikan itu lezat. Pesanan datang cukup cepat. Untuk harga ya tergantung pilihan ikan, untuk kerapu Rp 85.000 per ons, dan kakap Rp 25.000, per ons.  Cuma agak kecewa karena si masnya menolak merubah tatanan meja supaya  kami di tengah di bawah kipas angin. Dia juga tak mau diminta memoto kami, alasannya supaya cepat input pesanan he.. he..

Manfaat seafood untuk kesehatan :

Sebagian orang menghindari hidangan laut karena alasan kesehatan. Banyak orang yang alergi pada seafood. Ada pula yang tak mau karena alasan takut kolesterol tinggi.  Mitos ini buat  orang agak takut, padahal sebenarnya banyak manfaatnya seafood  untuk kesehatan.

Seafood  mengandung nutrisi penting seperti  omega-3, vitamin E, vitamin A, vitamin B6 , asam lemak, mineral dan protein. Unsur-unsur tersebut mampu mencegah osteoporosis, tidak meningkatkan tekanan darah, membantu mengurangi berat badan, mengurangi resiko penyakit  jantung, stroke, baik untuk kesehatan jaringan otak dan retina mata, membantu mengatur kadar gula darah dan banyak lagi.

Makanya menimbang begitu banyak manfaat dari seafood   aku berencana mengajak anak-anak makan seafood di restoran Sondoro Seafood Cibubur. Mama sudah makan enak, makanya mau anak-anak  dan suami juga punya pengalaman makan di situ. By the way ada nilai plus buat suami yang suka menanam,  di sini juga dijual bibit matoa, pisang Thailand ( belum tahu seperti apa) dan lain-lain. Harganya Rp 50.000,- sebatang.

Sondoro Seafood,  Jalan Kali Manggis No.100 A, Jatisampurna, Bekasi 17435

38 COMMENTS

  1. aihh mak. baca ini jadi ingat udah lama ga makan di resto seafood. Bagus juga ya mba kalau satu ekornya bisa diolah jadi beberapa menu,. Jadi lebih bisa menikmati variasi rasa. Hmmm bookmark dulu. kali aja nyasar ke cibubur… hihi

    • iya, karena mereka menyediakan ikan gede2 , bosan pula kalau cuma satu jenis masakan ya
      idenya bagus

  2. Karena trigliseridaku sangat tinggi, mencapai angka 400, oleh dokter aku dilarang makan seafood. Padahal aku suka banget. Tapi, demi kesehatan, biarin deh, hehe..

    Kalau buat kolesterol, aman berarti ya Kak?

  3. Catet ah seputaran Cibubur masih jangkauan edar kami nih mbak Monda.
    Sondoro sang pengayom….tadinya saya kira dari G. Sindoro. Salam nyam nyam

  4. Fotonya membuat laper Kak. Coba kalau si Abang mau motoin, wajah-wajah bahagia yang makan semakin membuat yang baca nelan ludah. Kunjungan berikutnya harusnya dapat potongan nih 😀

  5. Awalnya aku kira Sandoro penyanyi yg punya restonya hhehe. Jadi kangen masakan Batak nih kak.
    Klo menu ikan dimpatku sih wah muahalll bener, pas mupeng habis ya bli deh ikan lautnya drpd pusing mikirinnya hahah.

    • rasanya asam2 khas rasa kecombrang mbak…
      iihh aku pun penasaran makan seafood di Makassar, belum pernah ke sana

  6. Pasangan yang pas untuk makan seafood itu memag tumis kangkung ya haha karena sudah serasi. Ga ada kepiting juga Mbak? Lagi pengen kepiting nih dan males masak sendiri haha pemalas.

  7. Aku suka bangat ama seafood Kak Monda. Kalau lihat foto nya kakak, selain tampilan makanan nya menggiurkan tapi tempat dan tanaman nya bagus yach, hijau-hijau gitu jadi mata segar melihatnya

  8. Semua hidangannya kelihatan menggugah selera, apa lagi kalau tujuannya juga untuk membantu nelayan. Itu yang ditanam di pot ceper bibit sayuran ya?

  9. Ini dekat rumah saudaraku,Mbak. Tapi aku belum eprnah mampir. Seafood memang makanan yang mudah dijumpai, tapi ini variasi jenis masakannya beda-beda. enggak melulu ikan digoreng atau dibakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.