Situs Warungboto Lokasi Foto Pre Wedding Kahiyang Ayu -Bobby Nasution

34
191
Situs Warungboto Yogyakarta

Instagram bisa jadi alternatif untuk cari informasi tujuan wisata juga lho. Di media sosial berbasis visual tersebut banyak beredar foto-foto obyek wisata. Dengan cara ini bisa dapat data visual lebih jelas dan menarik. Pakai saja tanda pagar / tagar / hashtag Yogyakarta misalnya. Keluar deh foto-foto obyek wisata instagramable.   Salah satunya Situs Warungboto. Kiranya tempat yang berwarna pucat ini sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Situs ini jadi salah satu lokasi foto pre wedding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Sebelum ini tak pernah dengar nama situs Warungboto. Karena informasi ini itunya tentang tempat ini  di Instagram masih terasa kurang makanya setelahnya masih harus cari keterangan lengkap dengan browsing.

 

Situs Warungboto Yogyakarta
Di antara kedua pot kembang itulah posisi Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berdiri.

Situs Warungboto Lokasi Foto Prewed Kahiyang Ayu

Kecantikan Situs Warungboto ternyata pun mampu memikat hati putri Presiden Joko Widodo yang akan melangsungkan pernikahannya tanggal 8 November di Solo. Situs pesanggrahan di Yogyakarta ini dipilih sebagai salah satu lokasi  foto pre wedding mbak Kahiyang Ayu @ayanggkahiyang dan calon suaminya Bobby Nasution yang berasal dari propinsi Sumatera Utara.

Di akunnya  mbak Ayang yang cantik ini mengunggah foto mereka berdua berpose di Situs Warungboto. Lokasi detilnya yaitu di   antara kolam bulat dan persegi, juga di salah satu pintu lengkung. Mereka berdua mengenakan pakaian atasan berwarna merah dipadu dengan  kain ulos merah tua dengan ragam hias khas Tapanuli Selatan. Terlihat dari bola-bola benang dan motif kainnya. Keren banget deh.

Apa Itu Situs Warungboto?

Situs Warungboto adalah sebuah tempat peristirahatan atau pesanggrahan. Tempat pikniknya para bangsawan masa lalu. Fungsi utamanya untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi raja dan kerabatnya. Pesanggrahan dilengkapi taman, kolam dan fasilitas untuk kegiatan religius.

Dari foto-foto di media sosial Instagram itu terlihat Situs Warungboto berupa bangunan tua dengan dinding berwarna merah bata pucat natural. Ada juga bagian dindingnya yang  berwarna gelap seperti ditumbuhi lumut dan noda  kehitaman di beberapa tempat.  Terlihat dinding yang berbeda kontur, lorong-lorong plus undakan dan pintu dan jendela  yang sebagian dengan aksen lengkung. Sangat memikat.  Sekilas mirip dengan Taman Sari Yogyakarta.

Tempat ini belum lama dikenal umum. Makanya masih terlihat sepi. Saat itu selain kami ada beberapa orang yang sedang melakukan sesi foto. Oh iya kami ke sini bulan Juli lalu.

Pesanggrahan Rejawinangun Yogyakarta "Situs Warungboto sebelum dipugar"
Tampilan Situs Warungboto sebelum dipugar, difoto dari majalah dinding yang ada di lokasi.

 

Area bersejarah peninggalan keraton Mataram Islam  ini  belum banyak diketahui orang, belum terlalu banyak beredar fotonya dibandingkan dengan  obyek wisata lainnya di Yogyakarta. Alasan belum populer ini tentu menjadikannya sebagai salah satu tempat  incaran kaum muda untuk berfoto. Istilahnya anak sekarang,  lokasi ini nggak mainstream deh. Suasana yang masih relatif sepi memudahkan untuk membuat sesi foto berlama-lama  di sini.

Nah  foto-foto dari instagram kutunjukkan kepada kedua gadisku. “Mau nggak lihat tempat ini?”  Ok, mereka setuju.

Jadi dari rumah sahabat setelah kenyang makan kue Kipo camilan khas Kotagede  kami memanggil taksi online. Dekat banget kok lokasi situs bersejarah tersebut  dari Kotagede.

Jarak dekat tetapi jadi terasa lama. Itu  karena supir taksi reguler tapi juga pakai aplikasi online itu tak paham lihat peta atau alasan lain, sambil ngedumel karena nyasar masuk jalan kecil mengatakan “Ngapain sih kok datang ke tempat seperti ini”.  Menuju ke Situs Warungboto memang masuk melalui   kawasan perumahan yang jalannya tak terlalu lebar.

Nggak nyaman banget deh dengar keluhannya, coba saja si bapak anteng pasti kami akan sewa sehari penuh. Keramahan pengemudi memang jadi alasan kami melanjutkan sewa. Buktinya pengemudi taksi online berikutnya seorang anak muda gaul dan ramah  dan asyik diajak ngobrol kami sewa setengah hari.

Akhirnya setelah nyasar ke jalan kecil lalu  berputar arah lagi  sampailah di sebuah tempat yang tampak masih kurang rapi. Agak ragu sebetulnya karena plang nama tak langsung terlihat. Setelah bertanya pada penduduk kami menuju ke lokasi melalui sebuah gang kecil pendek. Dan tampaklah sebuah bangunan tua yang terlihat masih setengah tertata. Renovasi belum selesai sempurna tampaknya.

teras Situs Warungboto "Pesanggrahan Rejawinangun Yogyakarta"
Teras depan Situs Warungboto atau Pesanggrahan Rejawinangun

Renovasi bangunan ini dimulai tahun 2016 dan belum sepenuhnya selesai. Belum ada papan petunjuk atau penjelasan di dalam bangunan. Yang ada di area ini sebuah rumah kecil tempat pengunjung mengisi buku tamu dan majalah dinding yang memuat keterangan dan foto-foto lama mengenai situs Warungboto yang kupakai sebagai sumber tulisan ini.

Tampilan Situs Warungboto

Bahan baku bangunan pesanggrahan ini adalah batu bata. Pesanggrahan terletak di sisi barat dan timur sungai Gajah Wong. Yang kami kunjungi adalah bangunan sisi barat.  Kompleks pesanggrahan terdiri dari pagar keliling dan bangunan pesanggrahan.

Bangunan di sisi barat ini dilengkapi kamar, halaman berteras dan kolam pemandian dengan sumber air dari mata air atau umbul. Di sini ada dua kolam yang berhubungan. Kolam  pertama berbentuk lingkaran, mata airnya ada di bagian ini. Kolam kedua berbentuk persegi.

Kedua kolam itu tak terlalu besar ukurannya dan dangkal.  Jelas terlihat kolam inibukan untuk berenang. Mungkin dahulu hanya dipakai untuk berendam. Mungkin berendam dengan air kembang atau ramuan rempah hangat yang berguna untuk melemaskan otot-otot yang pegal?

Yah memang pengunjung hanya bisa berandai-andai dan membayangkan kejadian jaman dulu kala. Seolah melintas suasana jaman itu ketika para bangsawan diikuti para dayang dan pengawal abdi dalem turun dari kereta kencana  dan masuk beriringan menaiki undakan teras.  Masuk ke dalam lokasi kolam langsung tercium aroma daun pandan, kembang kenanga, mawar dan kayu manis.

Bangunan di sisi timur sungai tak kami datangi, bahkan baru mengetahui keberadaannya dari majalah dinding itu. Menurut informasi  majalah dinding di sini ada kolam berbentuk “U”. Di salah satu sudut kolam ada sisa pot bunga besar. Dan ada patung yang disebut manuk beri di sisi utara dan selatan. 3 buah  bangunan di sisi timur tersebut belum jelas pemanfaatannya.

 

Sejarah Situs Warungboto

Situs Warungboto dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono I oleh putra mahkota yang kemudian menjadi Sultan Hamengkubuwono II tahun 1785 M. Sultan HB II ini dikenal suka membangun pesanggrahan. Ada beberapa buah  pesanggrahan lagi yang dibangunnya, salah satunya adalah Taman Sari. Pesanggrahan lainnya belum kuketahui  informasinya.

Nama sebenarnya tempat tetirah ini adalah Pesanggrahan Rejawinangun.  Letaknya di perbatasan kelurahan Rejawinangun kecamatan Kotagede  dan kelurahan Warungboto. Situs Warungboto adalah bagian dari Pesanggrahan Rejawinangun.

 

Lokasi dan Harga Tiket Situs Warungboto

Situs ini terletak di jalan Veteran, kelurahan Warungboto, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Sampai saat ini tiket masuk ke lokasi bersejarah ini belum ada alias gratis, cuma isi buku tamu saja. Kalau mau kasih tips untuk yang jaga terserah masing-masing he.. he..

Setelah melihat ulasan ini, apa pendapat Anda mengenai pesanggrahan ini? Ada terbersit keinginan untuk mengunjungi Situs Warungboto atau Pesanggrahan Rejawinangun ini?

34 COMMENTS

    • ha.. ha.. iya, aku bayangin suasana sebelum pugar itu spt Pulo Cemeti sekarang yg padat sepadat2nya

  1. Cataaat…belum ke sini saya mbak…yup ada nuansa pesanggrahan Taman Sari yaak. Terima kasih mbak telah berbagi situs Warungbata. Salam

  2. walah itu driver minta ditatar, kak.. gak memahami relung2nya yogyakarta. banyak harta karun di sela gang sempit perkampungan.
    kpd tim raun, emak mengucapkan terimakasih atas blusukannya di kota yogyakarta.. 😍

  3. mungkin kalau ditilik2 banyak situs di Indonesia yang butuh perawatan macam situs warungboto ini ya mba.. cuman sayang kayaknya banyak yg ngga terawat dan terabaikan, padahal kalau dirawat bisa jadi objek wisata yang menarik banyak wisatawan 🙂

  4. Aku pun baru pertama kali dengar situs ini. Lagipula ketika di Jogja juga jarang sih ke area Jalan Veteran itu, hehehe 😛 .

    Btw, saat ini Instagram memang adalah salah satu social media paling influential ya, termasuk “promosi” tempat wisata baru.

    • sebegitu banyak tempat menarik di Jogja ya Ko…, jadi pasti ada aja yang belum pernah didatangi

  5. Suka sm konsep prewednya mbk ayang. Slain cakep ini jg mbantu bgd promosiin tmpat wisata plus karya anak bangsa. Sasaran yg paling utama tentu sm anak bangsa sendiri. Biar makin kenal sm negeri sendiri. Biar makin cinta. Dan semoga nasionalisme itu pun tumbuh di hati anak bangsa. Amin.
    Makasih tulisan kecenya ya mbk 😊

    • iya aku suka lihat semua foto2 prewed mereka mbak.., cakep2 dan pakai unsur dalam negri ..
      makasih juga komennya yang menarik mbak Inda

    • cocok, betul banget itu
      seperti komentar mbak Indah, dulunya tempat sabung ayam senoga nggak ada lagi

  6. jauuh ya bedanya Bunda
    sebelum dan sesudah di renovasi

    Dija membayangkan putri putri jaman dulu piknik di sana
    pasti asyik banget tuh
    bawa bekal dari rumah
    lalu gelar tikar
    hehehhee

  7. Mbak Kahiyang berarti ikut mempromosikan situs ini ya, Kak.
    Tapi, saya justru mengetahuinya dari tulisan kak Monda *payah kali emak2 kudet ini 😀

  8. Ya ampun aku keduluan sama dirimu hahahaa. Aku lagi janjian nih sama Rian & mb Indah pengin foto2 disitu. Masa ya orang Jogja malah ketinggalan terus hihihii

  9. kece ya … bener2 eksotis .. heran kenapa tidak terdengar ya selama ini
    kalau udah muncul di prewed Kahiyang .. pasti bakalan ngetop dan banyak yang datang kesini

  10. Oh sedang direnovasi toh, kayaknya bakal keren dan eksotis sih nih jadinya kalo renovasinya sepenuhnya udah kelar 🙂
    Soal instagram iya banget, aku biasanya search location pas lagi travelling ke suatu tempat buat cari referensi tempat wisata baru yg lagi hits 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here