Secuil Informasi Berharga

29
120

Uni Evi menemukan Situs Payak di Jawa Tengah berawal dari kebetulan, hanya dari ucapan penduduk saja. Uni orang yang cepat tanggap dan tertarik pada banyak hal, tak heran begitu mendapat info beliau langsung ingin membuktikan. Secuil informasi akhirnya bisa membawa beliau menemukan sesuatu yang menarik. Situs Payak hanya sebuah situs kecil berupa candi atau petilasan. Karena ukurannya kecil tak banyak orang tahu.

Kejadian yang dialami uni pernah kualami. Sedikit informasi dari plang situs cagar budaya berhasil membawaku (dan salah satunya dengan bundo LJ) ke tempat menarik. Yang pertama situs Masjid Tuo Kayu Jao, masjid kuno di Ranah Minang ditemukan tak sengaja ketika melintas dan melihat papan nama. Pengalaman lain ketika di Cirebon, lagi-lagi melintasi plang cagar budaya, berupa klenteng kuno tempat persinggahan Sam Po Kong. Di tempat ini dapat lagi informasi dari penjaga klenteng tentang masjid tua, Masjid Merah Panjunan.

Info secuil mengenai situs sejarah menurutku sangat patut dikejar, tak hanya untuk yang suka sejarah, tapi juga untuk semua orang. Situs yang terawat baik pasti membuat ingin tahu kian tinggi.

Apa sih yang menarik dari sejarah? Kumpulan batu atau kayu tua tak berarti? Ada perkataan bijak yang mengatakan โ€œhistory repeats itselfโ€: sejarah itu berulang kembali. Kejadian buruk masa lalu bisa diambil hikmahnya agar tak terulang lagi di masa depan.

Sejarah itu menurutku sama saja dengan dunia kedokteran dan detektif, semuanya mencari sesuatu yang tersembunyi. Sedikit info ditambah pemeriksaan penunjang seperti pengujian karbon untuk menentukan umur artefak (bisa disamakan dengan pemeriksaan laboratoris, roentgen ), ekskavasi untuk mencari bukti lalu dari data bisa ditarik kesimpulan mengenai temuan itu (sama dengan diagnosa penyakit dan menentukan terapi).

Sekecil apapun info bisa membuka tabir banyak hal. Misalkan saja hanya sekadar nama pepaya California akhirnya dengan bantuan komentar banyak teman bisa diketahui jenis buah baru temuan profesor dari IPB yang tak hanya pintar tapi juga dermawan.

Sebagai blogger tentu saja secuil info sangat berguna untuk dikembangkan menjadi bahan tulisan. Mendapatkan manfaat dari informasi minim itu layaknya mendapat durian runtuh.

Tulisan ini diikutkan pada First Giveaway Jurnal Evi Indrawanto

 

 

29 COMMENTS

  1. Bener Tante secuil apapun info saat BW itu ibarat oleh-oleh berharga yang bisa kita bawa balik saat pulang.

    Mnurut saya sih banyak kok tempat-tempat yang masih menjadi sebuah misteri. Dan butuh investigasi untuk mengetahui sejarahnya. Jadi pingin dolan ke pelosok-pelosok kalau gini

    Terima kasih tante Monda sudah turut menyemarakkan GA mbak Evi.. Sampun saya catat sebagai peserta ya ๐Ÿ™‚

    • keliatan ya oom
      kita itu ngereview tulisan uni dari topik yg disenangi dan jadi ciri khas
      kl oom kan udah keliatan juga demennya artikel hubungan ortu anak ya

  2. baru tertarik dengan benda sejarah gara2 kakak.. baru tertarik sama tumbuhan gara2 ibu prih.. baru tertarik sama urang bunian gara2 uni Evi.. wkwkwkkk.

    sukses kontesnya ya kak..!

      • Dan.. banyak para blogger yang tertarik masalah perawatan gigi setelah mengenal duo dokter gigi ini.. ๐Ÿ˜€

        Tapi, kalau blogger yang bermasalah dengan gigi, apakah gara-gara setelah berkenalan dengan duo dokter gigi ini jugak? ๐Ÿ˜€

  3. Sepertinya memelihara rasa ingin tahu emang pantas bagi seorang Blogger Mbak Mon. Dari secuil informasi, begitu di gali terbuka deh sesuatu yang baru bagi kita. Sesuatu yang baru bagi kita ini enak banget nanti kalau ditulis di blog..

    Makasih atas partisipasinya Mbak Mon..:)

  4. tak cuma situs doang bu
    cerita rakyat atau mitos di suatu daerah pun sebaiknya kita cermati
    kadang ada benang merah tentang sejarah lalu yang nyelip disitu
    penyebabnya adalah kebiasaan nenek moyang kita yang suka menyamarkan sesuatu sehingga sama anak sekarang dianggap mitos atau bahkan klenik padahal sebenarnya ilmiah kalo kita mau telusuri…

    • ya betul aku setuju
      orang dulu itu sebetulnya punya kepandaian sendiri ….., cuma disampaikan dari mulut ke mulut tanpa catatan ilmiah yg buat orang sekarang menganggap omdo aja,

    • iya mbak aku juga lagi susah main ke blogspot nih, maaf ya
      memang lho kita juga jadi banyak belajar kl rajin bw, dapat manfaat ilmu yg dibagi teman2

  5. Sedikit informasi saja mengenai sejarah berguna bagi generasi berikutnya, semoga bisa terus di gali lebih jauh sejarahnya. Semoga menang ya kak Monda ;).

  6. secuil informasi, namun mahal nilainya
    klo saya suka mendengar “dongeng” yang berkaitan dengan sejarah, klo ngunjungi tempatnya kok masih belum begitu berminat

  7. Bunda, GA nya Mba Evi sungguh bermanfaat dan edukatif ya, kita diajak meng-eksplor sejarah dengan detail dari penjuru manapun ๐Ÿ™‚
    Keren Bun semoga sukses GA nya ya. *Kangen* Lama gak BW ๐Ÿ™‚

  8. Secuil informasi menjadi awal ataupun pengait rangkaian informasi yang berharga. Selamat meramaikan GA sahabat ya mbak. Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.