Sate Danguang-danguang dan Martabak Kubang

41
488
sate danguang-danguang Payakumbuh

 

Sate Danguang-danguang

Sate Danguang-danguang  berdengung di telinga ketika diajak mencicipi masakan khas dari Payakumbuh ini beberapa waktu lalu. Sebetulnya sudah pernah makan sate ini sewaktu di Bukittinggi.., tapi aku masih belum merasa pas, ternyata makan di daerah asalnya lebih terasa mantapnya. Danguang-danguang itu nama salah satu desa di Payakumbuh.

Sate dari Sumatera Barat itu ada tiga macam, berasal dari 3 daerah berbeda, sate Padangpanjang ( yang sudah punya banyak cabang di ibukota dan daerah lainnya yaitu seperti sate Mak Syukur), dan juga sate Pariaman (yang biasa sebut sate Padang ya sate dari Pariaman ini). Berbeda nyata memang penyajiannya. Sate Danguang-danguang daging sate disajikan dalam jumlah besar di piring terpisah dari bumbunya,  biasanya dimakan dengan kerupuk jangek (kerupuk kulit).  Tak usah dihabiskan sate sepiring itu, karena hanya dihitung berapa tusuk yang dimakan. Rasa satenya  mirip-mirip dengan empal daging, berbumbu dan gurih, kuah satenyapun berbeda, agak lebih manis dan tidak pedas.

Di Payakumbuh juga ada martabak khas bernama martabak Kubang. Kubang juga nama desa di wilayah Payakumbuh. Kebetulan penjualnya berdekatan, jadi makannya bisa kongsian sama Inon, asyik kan jadi bisa mencoba kedua jenis makanan terkenal ini. Di beberapa restoran Padang di Jakarta juga ada yang menjual martabak Kubang ini. Martabak ini kalau di Jakarta dikenal dengan nama martabak telor tetapi martabak Kubang ini lebih berbumu karena terasa cita rasa kari.   Rasanya ya pastilah mak nyus,…..

Mari disantap….

41 COMMENTS

  1. wudihhh si bunda ,,bener2 banyak bahan postingannyaa,,,,,
    iyaa enakkkk ini sateeeeeeee
    inon aja pengen nambahhh

    • Inon mah makannya dikit sih…soalnya ada yang nungguin di Payakumbuh….., ketan durian…, iya kan..?
      untungnya kita masih dibawain durian jatuhan dari pohon plus ketan yang gurih banget…,
      lupa ..bilangin ma kasih sama tantenya Inon..

      iya dong Non…, cerita keliling2 kita bisa dipotong2 jadi banyak tulisan, lumayan kan bakal isi blog he..he..,maklum bunda kan nggak banyak jalan2

  2. Sering baca Martabak Kubang tapi belum pernah coba… XD Wooo gitu jadi sate padang yang biasa di makan di sini itu khas Pariaman, tfs Bu…

  3. Martabak kubang itu …
    cocol ke saos kecapnya …
    pletus cabe rawit sikit …
    aaarrrggghhh … niqmath

    Salam saya Kak

    (21/2 : 9)

  4. Pantesan Irfan gak ngerti dengan martabak telor, karena namanya beda ya di Bukik sana 😀
    Jadi pengen ngerasain martabak yang kerasa bumbu karihnya gitu 🙂

    • iya beda nama dan beda isi,,
      kalau martabak telor kebanyakan isinya dominan daun bawang..
      martabak Kubang banyakan dagingnya.,,,. rasanya agak kayak bumbu kari gitu

  5. pas saya ke padang dan solok, saya jadi bisa menikmati ketigas jenis satu itu. yang paling terasa enak ya danguang-danguang ini….

    *apa karena disantap pas lagi berbuka puasa yah? :D*

    salam kenal!

  6. Martabak Kubangnya mantap ya mbak plus saos khasnya….
    Baru sempat nyobain yang sate Mak Syukur Padangpanjang plus krupuk jangeknya.
    Kuliner Sumbar top variasinya. Salam

  7. Satenya mantep, gede2, Bund. Bumbunya kuning gtu, ya. Lain dr biasanya yg Saya lihat.

    Kmrn dapat oleh2 ikan singkarak, tpi blm diolah. Dr sumatera juga. 🙂

  8. Entah kenapaa… lidahbjawaku kurg bs nerima rasa asin dan gurih.. kebiasa rasa manis hehehe… tapi klo menu nasi padang mah hajaarrr aja haha

  9. assalamualaikum. bg saya boleh minta email abg, ada yang mau saya tanyakan bg, terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.