Sarapan Gaya di Hotel 1o1 Bogor Suryakancana

54
1001

Akhirnya leluasa untuk update blog lagi he.. he.. Lebaran ini kami nggak mudik  dan  hanya silaturahmi dalam kota saja yang selesai dalam dua hari.   Sayang hari liburnya masih ada,  makanya  mau bersantai tidur dan sarapan di hotel saja. Alhamdulillah bisa dapat kamar nyaman  di  Hotel 1o1 Bogor Suryakencana. Lega bisa santai  dengan cara  sarapan gaya di hotel.

Namanya pun rencana dadakan. Berangkat dari rumah hampir tengah hari menunggu adik-adik yang kuajak dadakan juga. Maka tak heran kalau yang keinginan awalnya mau ke Puncak cari udara sejuk jadi berbelok arah karena macet parah. Keluar ke arah tol Bocimi menuju ke Sukabumi pun macet. Lajulah ke Bogor saja he.. he…

Sambil makan siang browsing cari hotel dan masih ada kamar di Hotel 1o1 Suryakancana Bogor. Melihat alamat hotel ini di jalan Suryakencana, langsung deh tertarik. Sekalian saja ya wiskul di daerah Pecinan kota Bogor  yang banyak street food enak yang sudah dikenal sejak dulu.

Eksterior  dan Interior Hotel 1o1 Bogor Suryakancana 

The 1o1 Hotel Bogor Suryakencana, hotel nyaman Bogor, hotel pusat kota Bogor, wisata kuliner Bogor

Eksterior  Hotel  1o1 Bogor Suryakancana 

Tiba di hotel  yang halamannya tak terlalu luas ini langsung mata dimanjakan dengan  kolam yang dipenuhi dengan ikan-ikan koi besar berwarna mencolok. Masuk ke lobby melewati  teras beratapkan rambatan markisa yang berbuah lebat dan gapura kecil bergaya oriental.  Dari teras ini  terlihat kolam renang di lantai bawah  yang dipenuhi bocah-bocah yang bersuka ria main air.  Di sudut teras ada 3 buah sepeda yang bisa disewa. Wah, pandangan pertama sudah langsung menyenangkan  nih.

 

The 1o1 Hotel Bogor Suryakancana, hotel nyaman Bogor, wisata di Bogor

 

Interior Hotel 1o1  Bogor Suryakancana 

Masuk ke lobby yang luas  pun terasa suasana hangat.  Ada beberapa set kursi dan sofa tempat anggota keluarga bisa nyaman menunggu sementara kami mendaftar kamar. 

Sementara menunggu kamar disiapkan yuk cuci mata menikmati fasilitas di lobby hotel. Seperti biasa suka memperhatikan detil dekorasi lokal apa yang ada. Dekorasinya perpaduan budaya Sunda dan oriental yang ditandai dengan keramik berwarna biru khas dengan motif bunga gaya Tiongkok.  

Di front office ada backdrop dari logam yang nggak bisa kutebak bentuk apa. Ternyata itu adalah ketopong, ikat kepala pria Sunda dalam posisi terbuka. 

Di sudut dekat lift ada seperangkat meja kursi model sedan yang  pernah populer di tahun 60-70an.  

interior hotel 1o1 Bogor Suryakancana, perangkat sofa model sedan, interior vintage

Penasaran dengan buah-buah markisa depan pintu, kutanyakan pada petugas itu buah asli apa tidak, malah dengan ramahnya mempersilahkan jika mau diambilkan. Nanti saya panggil gardener ya bu.  He.. he.. jadi malu, nggak usah deh mari kita  kasih makan ikan koi saja yuk, makanan ikan  bisa diminta pada doorman, seru ya lihat ikan-ikan cantik  berebut umpan.

Kamar Hotel

Banyak keluarga yang memanfaatkan waktu libur di sini, makanya extra bed sudah terpesan semua. Awalnya sih ingin pesan dua extra bed supaya bisa berkumpul dan ngerumpi dengan adik-adik.  Akhirnya kami dapat  3 kamar berdekatan di lantai 2, semuanya tipe deluxe. 2 kamar  twin bed dengan balkon (luas 30 m persegi) dengan rate  masing-masing Rp 1.100.000 dan  1 kamar  dengan queen bed  tanpa balkon dengan harga yang lebih ringan seratus ribu.

Hotel ini juga punya 12 kamar tipe executive dengan luas 56 m2, total  semua ada 155 kamar.

Kamarnya nyaman dengan nacht kast gaya 60an, kulkas mini,  kursi dan meja untuk menulis yang menghadap balkon, pesawat telpon, televisi layar datar yang memberi sambutan dengan namaku di layarnya, he.. he.. temuan baru…, dua botol air mineral dan pemanas air beserta teh, kopi, gula dan krimer. Dan ada jubah mandi supaya bisa langsung nyebur ke kolam ya. Kamar mandi dilengkapi dengan toiletries, handuk besar, hair dryer dan sandal kamar.  Di tempat tidur ada tambahan bantal kecil yang bisa dipeluk pengganti guling he.. he..

kamar hotel 101 Bogor Suryakancana, kamar tipe deluxe

Niat wiskul malam hari tak tercapai.  Suryakencana ini ramainya di pagi hari, betul kata tamu ramah di lobby,  kalau mau jajan mulai jam 9an. Akhirnya kami cari makan keluar saja,   cari sate PSK naik angkot he.. he.. Jalan Suryakencana ini kan satu arah dan mutarnya jauh, daripada nyasar malam-malam ya, pulangnya nanti cari taksi online saja.

kolam renang hotel, hotel nyaman Bogor,  hot1l 1o1 Bogor Suryakancana

Bangun tidur  keluar kamar di lantai 2,  dari balkon  bisa liha   kolam renang    dipantau pagi hari saat masih sepi. Tak lama sih keadaan sepi ini, karena setelah kami selesai sarapan sudah ramai bocah yang berkumpul di pinggir kolam. Anak-anak diajak senam ceria dipandu petugas hotel.

Sarapan Pagi ala hotel di Djoeragan Resto & Lounge

Djoeragan Resto & Lounge hanya selangkah dari lobby.  Makanan yang disajikan ada di beberapa meja dengan menu lontong sayur Lebaran di meja utama selain itu ada nasi briani, nasi goreng, tim ikan, capcay. Di meja lain ada bermacam-macam  menu lokal dan internasional seperti cereal, roti dan pastry, bubur ayam.

Sengaja bangun sepagi mungkin dan turun ke restoran supaya nggak malu-malu foto makanannya. Eh, ternyata diriku tak sendiri, sudah ada orang lain yang punya maksud sama. Janga-jangan dia blogger juga he.. he..

Seperti biasa cara makan sarapan gaya di  hotel hanya dengan menyebut nomor kamar pada petugas.

sarapan hotel 1o1 Suryakancana Bogor

Meja makan   cukup banyak, boleh  sarapan di dalam restoran yang bergaya santai atau pun di pinggir kolam renang.   Ruang makan lebih formal pun ada di salah satu sisi.

Menu Sarapan Gaya di Hotel 1o1 Bogor Suryakancana

sarapan hotel menu cereal
Aneka Cereal

Di salah satu meja ada beberapa jenis jus buah-buahan dan buah  potong segar seperti buah naga merah. Yang suka sarapan dengan buah segar  seperti  buah naga Mulai dari  jus yang populer  populer hingga yang baru pertama kali kucoba, jus dari kulit buah semangka.

jus kulit semangka, sarapan pagi di hotel. 1o1 Suryakencana Bogor
Unik banget ada jus kulit semangka, rasanya manis agak sepat. Terbaca di petunjuknya “smart stylish experience”. Manfaat jus kulit semangka : 1. meningkatkan libido 2. meningkatkan kebugaran saat berolahraga 3. membantu menurunkan tekanan darah 4. menyehatkan prostat

cara sarapan di hotel, nasi briani kambing, nasi briani ayam

Makanan yang disajikan boleh diambil sesukanya, tetapi harap diingat ya habiskan yang telah diambil. Miris banget baca berita di koran mingguan beberapa waktu lalu banyak banget makanan dari pesta dan restoran yang tak dihabiskan. Sayang sekali makanan jadi mubazir, karena jumlahnya ternyata sangat banyak., bisa berpuluh kilogram.

Di meja lain ada jenis makanan tradisional, seperti jamu, juga ada kids corner yang menyiapkan wafel, burger. Tapi orang dewasa boleh ambil juga kok.

Variasi makanan yang beraneka, apalagi sambil berkumpul dan ngobrol dengan keluarga membuat betah di meja makan he.. he.. Perut pun terasa kenyang dengan sarapan gaya di hotel sehingga membatalkan wisata kuliner street food jalan Suryakencana. Akhirnya d hanya beli buah-buahan dan lumpia basah untuk dibawa pulang.

54 COMMENTS

  1. Wah gaya 60-an nya bagus dan unik ya mbak, aku kepengen nasi biryaninya. Suka lewat jalan Suryakencana Bogor, tapi belum pernah nginep disini. Semoga kapan-kapan bisa staycation disini ya.

    • iya mbak aku suka tuh sofa gaya sedan itu…,
      niat kami awalnya nggak mau ambil paket sarapan karena mau jajan, eh anak2 malah lebih pilih sarapan di hotel, ternyata makanannya enak semua, nggak rugi deh

      • Pernah baca kalau semua bagian semangka tuh bagus, mulai daging, kukit hingga bijinya. Asal dikonsumsinya tepat karena kandungan gulanya harus diperhatikan. Tapi saya juga belum pernah tuh nyoba jus kulit semangka. Haha..

        Menunuga unik, seunik desain bangunan hotelnya ya..

        • eh betul mbak, semua bagian semangka bisa dikonsumsi, biji semangka bisa dibuat kuaci juga kan ya..

  2. jus kulit semangka?
    Ternyata kulit semangka pun banyak khasiatnya ya mbak. Biasanya malah ngupas semangka di tebelin, ada bagian merah bersemu putih aja di buang, maunya bagian merah total.

    itu bantal kecil bersarung warna pink, punya hotel juga?

    • itulah mbak, aku baru paham di sini.., cuma kok lupa nanya ya yang dijus itu keseluruhan kulitnya termasuk kulit luar apa nggak

      he.. he.. bantal pink itu punya si bungsu, prepare buat pengganti guling

  3. Nuansa kayu di kamarnya bikin aku kabita pengen coba nginap di sana. Mana lokasinya strategis banget. Mau jajan tingga keluar ya mba ^^. Kolam renang juga menarik walaupun ngga besar.

    • mejanya dong asyik juga, nyesel nggak bawa laptop.. bisa kerja sambil liat pemandangan di luar, sepertinya asyik banget

  4. Duh Ada Ketupat Lebarannya masaaak. Bisa Lebaran terus hehehe. Ide bagus ini staycation di Suryakencana. Biar kulineran bogornya fokus. Deket soalnya.

  5. Bisa jadi pilihan nih kalo pengen staycation di Bogor…tempatnya asik…menunya juga unik…jus kulit semangka anti mainstream banget nih hahah…

  6. Aku numpang lewat aja di depan hotel ini pas kulineran di Suryakencana hehe. Betul, Suryakencana ramainya di pagi dan siang hari. Tapi seingatku tetap ada beberapa tempat makan khas Bogor di malam hari, misalnya soto kuning dan soto mie kalo nggak salah.

    Baru kali ini liat ada nasi briyani di menu sarapan hotel Indonesia!

  7. Wah cantik ya ternyata hotelnya, sempat heran pas temanku bilang pilih menginap di sini, duh kan macet pisan jalannya ternyata karena hotelnya nyaman pisan, ada kolam renang, dan banyak tempat jajan yang endeus ya

    • iya mbak emang macet banget ya kalau akhir pekan.., tapi beberapa tamu yang nginap di sin cerita sudah berkali2 nginap di sini dengan tujuan mau jajan doang he.. he…, malah kita jadi dapat info wiskul dari sesama tamu

  8. Kalau bicara soal Bogor yang ada dipikirin saya adalah Puncak, Taman Safari sama Istana Bogor. Belum eksplore terlalu jauh sama Kota Hujan ini.

    Suka sama hotelnya. Kolam renang, makanan, interior hotel juga keren.

    • sama mbak, karena udah takut dengan macetnya Bogor, jadi paling2 kalau ke sini cuma jalan2 nggak jauh dari Kebun Raya Bogor dan jalan Pajajaran yg banyak FO dan resti

  9. Wah, kak Monda langsung naik lift kayaknya nih pagi2 biar bisa ambil foto kolam renangnya yang cantik ini 🙂 Benar2 jangan2 orang itu blogger juga, secepat mungkin, sepagi mungkin hahaha udah nyatronin makanannya hehehe. Unik ya gaya Sunda plus tionghoa, sofa dan ruangannya kelihatan hangat. Kamar bobonya juga keren 60-an.

  10. Arsitektur hotel 101 Suryakancana ini unik banget. Ada kesan vintage, tapi rapi dan bersih.

    Minuman jus kulit semangka itu juga unik banget. Tapi sepertinya tetep ada buahnya ya mbak, kan warnanya masih merah seperti warna buah semangka.

  11. Aku beberapa kali ikut kegitan di hotel ini
    Tapi belum pernah menginap, jadi belum puas eksplorenya
    Interiornya memang cakep banget. Suka deh
    Btw itu jus kulit semangka unik ya, aku baru tau klo kulitnya bisa dijus

  12. Wah penasaran sama markisanya. Main ke tempat saya Mbak. Kami di kebun dibiarkan merambat kemana saja itu markisa. Ga ada yg makan karena asam sekali. Padahal katanya obat buat kolestrol.
    Kalau sedang musim, beberapa teman pernah beli lho, saya kirim pakai kurir hehehe…

  13. KAyaknya aku sering liat hotel ini deh kak kalo lagi main ke Bogor. Ternyata keren yaa kak hotelnya. Sama penasaran juga sama sarapannya hehe

  14. Nasi Biryaninyaaa pengen. Itu yang bertabur di atas nasi, daging kambing kah? Aduh, ngiler deh…
    Pernah baca kalau kulit semangka, khasiatnya mirip viagra. Tapi engga kepikir, memang ada yg menyajikan dengan di jus. Kukira mitos doang. Hehe…
    Memang ya hotel dengan interior vintage tuh bikin betah…

    • nah itu dia klaim manfaat yang aku baru tau mbak, perlu berapa gelas jus sebenanrya ya baru terasa efeknya he.. he..

  15. Wah, bagus ya pemandangan kolamnya dari balkon. Tapi kok kayaknya kurang simetris gitu ya lingkaran kolamnya 🙂
    Ruang makannya pun aku suka pintu dan jendelanya, agak klasik gitu 🙂

  16. saya jadi kepikiran mau bikin jus kulit semangka setelah baca artikel ini mbak, hahaha ternyata bisa ya dijadikan jus, manis tapi agak sepet.

    style klasik ala 60-an ini cocok juga buat foto-foto bernuansa vintage

  17. Woo Suryakancana Bogor yang selalu berbenah. Duluuuu sekali sangat suka jalan di situ. deretan toko besar, resti juga kawasan Pecinan hingga asinan Gedung Dalam. Kemudian menjadi jalan yang sebisa mungkin saya hindari lantaran poll macet dan searah nan panang.
    Salam hangat Mbak.

    • iya ya mbak searahnya itu panjang banget…, kalau mau cepat bisa lewat gang Aut mbak, keluar gang nggak terlalu jauh dari hotel

  18. Furniturenya bikin serasa liburan di rumah mbah ya .. ^^

    Tapi, opsi sarapannya tetep komplit. Bakal jadi spot staycation yang menyenangkan juga buat anak-anak.

  19. Kalau saya jalan-jalan wisata kuliner ke Suryakencana, ngelewatin hotel 101 ini. Tapi nggak pernah masuk. Ternyata isinya keren ya… Mungkin buat staycation enak kali ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.