Warna Pelangi Wastra Nusantara

26
222
kain lurik batik

Roy G Biv, seperti nama seseorang nggak sih? Tetapi itu adalah jembatan keledai untuk mengingat warna pelangi yaitu akronim dari Red Orange Yellow Green Blue Indigo Violet. Ternyata sama saja dengan kita ya, di dunia belahan sana pun pakai cara-cara unik untuk memudahkan hafalan. Kalau di kita untuk pengingat warna pelangi itu kita pakai mejikuhibiniu, cara gampang menghafal bukan?
kain lurik batik

 

Warna-warni pelangi itu juga bisa terlihat pada wastra / kain adati Indonesia. Ini contoh keindahan artistik negeri ini yang dihasilkan oleh tangan-tangan berbakat dari berbagai penjuru Indonesia. Kain-kain cantik ini kuabadikan saat pameran kriya bertajuk iCraft 2015  minggu lalu di JHCC Senayan.

sarung bantal motif

 

 

Di pameran ini banyak stand dari berbagai daerah, tak hanya memamerkan kain tetapi juga produk interior mulai dari pajangan sampai pelapis dinding dan lantai rumah. Oh ya aku  sempat mampir di stand Batik Madura, …. karena penasaran ingin lihat langsung keindahannya (teringat kejadian gagal menyambangi sentra kerajinan di tempat asalnya walau sudah berhasil  menyeberangi selat Madura melalui jembatan Suramadu).

kain batik Madura

26 COMMENTS

    • he..he … mudahan nggak lagi ya
      paling nggak aku lihat kecendrungan masyarakat yang masih mau pake motif tradisional walau versi printing
      contohnya motif rangrang Bali, sekarang ini versi printingnya laris manis di pasaran, yang penting orang kenal dulu, mana tau nanti juga jadi tertarik beli versi tenun tradisionalnya

  1. Aku suka banget wastra2 cantik ini. Masalahnya hanyalah harganya yang mahal. Begitu daoat yang murah yah kurang bagus mutunya dan tak nyaman juga dipakai, MM 🙂

    • ini sebagian aja sih mbak, aku nggak sanggup keliling semua stand, nggak sanggup megangin dompet nggak ngebuka he..he..

  2. Suka sekali dengan lutik mbak (lurik batik)
    Pelangi wastra nusantara duh merdu budaya, trim mbak diingatkan betapa budaya kita kaya warna dan nilai. Salam

  3. Saya tidak tahu ada pameran kain ini, Mbak :huhu. Padahal kepengin datang juga :hehe. Bagus-bagus Mbak, kain-kainnya. Memang negeri kita ini begitu kaya akan ragam hias dan ragam warna pada tekstil, yang dikerjakan secara alami. Setiap daerah mesti punya masterpiece dalam bidang pertekstilan, semua jadi indah dan berwarna-warni, karena keindahan memang paling pol kalau berwarna-warni :)).

    • baguw2 Gara produk di sini, selain yang biasa udah kita lihat, juga ada yang unik lainnya, akan ada posying terpisah ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.