Rambusa dan Markisa, Passion Fruit Berbunga Indah

33
2817
bunga rambusa hutan

 

bunga rambusa hutan

Walau bukan tanaman hias banyak jenis tumbuh-tumbuhan yang mempunyai bunga dengan bentuk dan warna yang cantik dan unik.  Beberapa waktu lalu terkagum-kagum dengan bunga dari tanaman jenis jahe-jahean. Tanaman dengan rimpang berbunga indah itu lebih banyak dimanfaatkan untuk bumbu dapur.  Kencur, temuireng, temulawak, kunyit tampilan bunganya membuat decak kagum.  Nah tanaman buah pun tak kalah cantiknya seperti contohnya  bunga dari  keluarga Passiflora, markisa dan rambusa.

Rambusa dengan nama ilmiah Passiflora foetida adalah tanaman liar merambat dengan daun agak berbulu, buahnya berwarna kekuningan bila telah matang. Rasa buahnya asam manis mirip rasa markisa.

Sangat menarik melihat bunga dari tanaman dengan genus Passiflora ini. Coba  deh googling gambar dengan kata kunci Passiflora. Aku tak ragu bila teman akan terpesona dengan keindahan variasi bentuk dan kombinasi warnanya. Jadi ingin lihat semuanya he.. he… Mustahil  pastinya. Karena ada 500 jenis spesies yang menyebar di seluruh dunia.

bunga semak rambusa

Rambusa bersaudara sepupu  dengan markisa. Lihat saja sosoknya yang merambat. Daun rambusa lebih tipis dan berbulu dibandingkan dengan  markisa. Kemiripan lebih terlihat pada bentuk bunganya dan isi buahnya.  Cuma kulit buah rambusa ini tipis dan  ukurannya pun mungil. Ukuran buah rambusa sebesar  buah tomat cherry atau congkodiro (Palembang).

Passiflora foetida tidak ditanam dengan sengaja. Biasanya tumbuh liar di tempat yang tak terurus seperti di hutan, pesisir pantai, sawah atau ladang terbuka. Buahnya bisa dimakan, walaupun ada yang mengatakan buah mudanya beracun. Hadeeh dulu tak tahu fakta ini lho, untung saja selamat dari keracunan buah rambusa.

buah rambusa liar

Sekian puluh  tahun tak pernah melihat tanaman rambusa  ini lagi. Di masa kanak-kanak yang sangat suka bermain di luar ruang sering dapat buah ini. Dahulu sering makan buah rambusa dan juga ciplukan dan jambu mente kala bermain di bekas kebun karet di belakang rumah.  Makanya semangat banget ketika lihat tanaman ini lagi di  reruntuhan bangunan di sekitar rumah seorang kerabat.  Silaturahmi jadi diseling dengan foto deh.

Sayangnya belum ada buah yang matang. Hik .. hik.. belum tuntas rinduku.

Ngomong-ngomong dahulu  tak menyebut tanaman ini dengan rambusa, tetapi dengan nama lain yang saru. Ha.. ha.. tak enak menulisnya. Nama rambusa tampaknya sudah baku dan banyak orang yang mengenalnya dengan nama tersebut, walau ada nama lain di beberapa daerah. Ada juga yang bilang buah ini sebagai makanan kesukaan ular. Memangnya ada ular yang makan tumbuhan (… nanya beneran nih…) ?

bunga markisa merah "Passion Fruit Flower"

Markisa  bernama lain passion fruit, sudah ditanam khusus untuk diambil buahnya.  Sirup markisa sudah dikenal luas sebagai buah tangan bila pulang dari Medan dan juga Makassar. Ada dua jenis yang pernah kulihat, markisa kuning dan hijau (mungkin ini yang disebut konyal dalam bahasa Sunda). Katanya ada lagi markisa ungu. Keseluruhan ada 4 jenis markisa yang dibudidayakan di Indonesia. Semoga bisa lihat semua bunganya.

Markisa berbunga merah ini kulihat di Taman Kota Bekasi, sedangkan yang berbunga ungu di rumah seorang kenalan.

bunga pohon markisa

Kedua jenis markisa ini kini mulai dijual  sebagai tanaman hias yang ditanam dalam pot atau sebagai penutup dinding.  Markisa berbunga merah ini yang paling sering dijumpai, mungkin paling gampang berbunga. Dalam jumlah besar bunga merah markisa ini sangat menyolok dan mengundang orang berhenti sesaat mengagumi keindahannya dan untuk difoto tentu saja.

 

33 COMMENTS

  1. Ketika dengar “markisa” aku selalu mengasosiasikannya dengan buah. Padahal sebenarnya nama tanaman sehingga bisa berbunga juga ya ๐Ÿ™‚

  2. Saya suka markisa, walau kalau makan suka khawatir sendiri. Takut bijinya tertelan terus menyumbat pencernaan. Padahal kan nggak ya, Mbak? Hehe. Rasanya markisa itu manis-manis enak. Buah itu juga bagi saya identik dengan dataran tinggi. Mungkin karena saya selalu beli kalau sedang lewat dataran tinggi, haha. Di postingan ini ada foto yang dari IG juga? Saya tidak bisa lihat. Posisi sekarang sedang pakai tablet, hehe.
    Buah rambusa itu sepertinya tidak asing. Kelopak pembungkus daun itu sepertinya familiar. Ada tanaman liar yang buahnya berbungkus begitu, dan rasanya manis. Mungkin saya pernah makan, tapi tidak tahu namanya, haha.

  3. di rumah ada markisa mbak, tapi haseeeem, cuma saya suka sama tanamannya, sering berbunga dan berbuah

  4. Baru liat bunga keduanya di sini, atau kalau yang markisa mungkin pernah lihat tapi lupa, cantik ya Mba ๐Ÿ˜€
    Aku dulu suka makan ciplukan dan minta jambu mete tetangga pas masih kecil. haha. Kalo ciplukan suka banyak di pekarangan rumah sehabis musim hujan. Sampe sekarang kalau lagi jalan2 ke alam terbuka aku suka over excited liat ciplukan ini. Pas di sumbar gada yang makan ciplukan, jadi pada heran lihat aku petikin dan makan ๐Ÿ˜€

    • wah senengnya masih sering lihat ciplukan
      udah lama lho Nia aku nggak liat ciplukan, jadi udah lupa seperti apa rasanya
      eh orang Sumbar nggak biasa sama ciplukan toh?

      • Foto2nya sangat jelas cantik mbak, hanya belum sadar jumpa di lapangan. Kalau yg merah sering untuk pergola ya mbak. Naksir yg rambusa putih cantil.
        Terima kasih mbak telah berbagi ilmu. Salam

  5. Sering lihat tanaman ini, awalnya saya pikir pohon markisa karena bunga mirip sekali.

    Mbak, di halaman rumah saya ada pohon markisa lagi dan sedang berbuah. Saat berbunga, saya langsung ingat Mbak Monda. Sayang ya pohon markisa yang saya beri waktu itu tidak hidup. Keburu kering di jalan kayaknya ya.

  6. Bunganya cantik, jadi pengen ikutan nanam di rumah hehehe… Markisanya sih sering lihat, bunganya belum pernah lihat ๐Ÿ˜€

  7. Baru tahu kalau tanaman itu namanya rambusa… Hehehe..

    Terakhir kali ketemu rambusa adalah saat kebun karet yang tak terurus di kampung halaman ibu saya. Banyak burung gereja yang memakan buahnya…

  8. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda…

    Didoakan mbak Monda sihat selalu. Lama saya tidak melihat pokok dan buah rambusa ini. Kami memanggilnya buah leletup. Kerana apabila dipicit ia rapuh dan mengeluarkan sedikrit bunyi letup…hehehe. Semasa kecil pokok liar ini sangat banyak di jalanan berkawasan semak. Saya suka makan buahnya yang matang, rasa lendir, masam dan manis. Tidak terfikir ia buah yang memudaratkan kerana anak kampung biasanya makan apa sahaja ya. Buah markisa juga pernah menjadi buah tanaman emak saya, kalau buahnya sudah ranum dibuat jus cuma saya kurang suka pada rasanya.

    Senang membaca tulisan mbak, nanti saya mahu mencari pokok rambusa ini, Mana tahu, mungkin masih ada lagi di semak2 kecil sekitar rumah saya.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. ๐Ÿ™‚

    • Wa alaikum salam,
      Alhamdulillah sehat kak, terima kasih.
      Ah betul kak anak kampung seperti kita ini memang mau makan apa saja buah di hutan. Ternyata akak pun familiar dengan rambusa alias leletup.

      Menanti cerita leletup dari Sarikei.

  9. markisa sih salah satu favorit buah2-an saya .. tapi rambusa saya baru tahu lho ..#KuperBerat
    menurut saya sih bunga rambusa ini unik dan keren … btw .. saya juga baru tahu lho bentuk bunga markisa …#DasarKuperBerat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.