Pisang Manila

23
179
Pohon Pisang Manila

Sekarang ini banyak buah atau tanaman yang memakai embel-embel Bangkok, entah itu jambu Bangkok, atau duren Bangkok dan beberapa jenis lainnya. Bisa dimaklumi karena  banyak buah impor yang berasal dari sana. Tetapi di masa kecilku dulu, yang terkenal adalah embel-embel Manila  seperti rumput Manila, dan pisang Manila. Orang kita suka yang berbau asing memang sudah dari dulu ya…, kapan dong bangga dengan nama sendiri….?

Pohon Pisang Manila

 

Tiba-tiba saja kuteringat lagi pada pisang Manila ini, setelah melihat pisang hias di halaman istana Bung Hatta di Bukittinggi. Pisang Manila itu agak mirip dengan pisang hias di atas, hanya lebih besar dan daunnya lebih lebar. Daun seolah-olah keluar tak jauh dari tanah.

Dahulu aku kagum sekali melihat pohon pisang yang ditanam di halaman depan rumah-rumah orang kaya. Rumah-rumah itu berhalaman sangat luas, dan pohon pisang Manila ditanam di tengah halaman. Hanya satu pohon di halaman seluas itu sehingga fokus pandangan  memang hanya  ke pohon pisang saja. Kulihat pohon pisang itu anggun dan megah.

Kucoba googling tapi tak menemukan gambar yang mirip, hanya kutemukan gambar pisang yang agak  mirip yaitu  pisang kipas yang bernama Latin Ravenala madagascariensis.

Kembali ke istilah pisang Manila, ternyata  setelah googling barulah  kutahu sebutan itu mungkin timbul karena di Filipina sana banyak tumbuh  pisang yang bernama Musa textilis . Serat dari pohon pisang ini bisa dipintal menjadi kain dan dibuat menjadi pakaian nasional Filipina yang disebut barong (pakaian pria) dan terno (pakaian wanita) seperti yang sering dipakai  Ferdinand Marcos dan Imelda Marcos, pasangan presiden Filipina yang sangat terkenal dengan gaya hidup mewahnya.

 

23 COMMENTS

  1. Iya Mba Monda, kalo lihat pohon itu di kompleks perumahan mewah di Surabaya kesan yang saya tangkep emang anggun. Cuman sekarang kok jarang liat lagi ya? Karena Manila udah ga populer kali ya? adanya Gangnam. Hehehe.

    • mungkin karena tanaman hias juga ada trendnya ya…
      terakhir yg heboh Anthurium…, sekarang pamornya jauh berkurang

  2. sekarang udah jarang lihat pohon pisang manila itu. dulu suka lihat ‘bunga’nya yang cantik dan sempat mikir pohon itu berbuah sama kaya pisang pada umumnya.

  3. Istilah Bangkok dan Manila, mungkin untuk merujuk asal muasal pohon tsb Mb Mon. Philiphines dn Thailand kan emang jago di soal pengembangan pertanian. Nah kita yg pemakai ini ternyata jg malas dlm mencari nama

    • he..he… iya betul uni …
      tapi ada juga kan pisang California asli Indonesia …, tapi bernama bule

    • pisang Manila itu seperti kipas raksasa….
      Kalau bunganya merah itu yg banyak dipakai untuk karangan bunga? Itu kl floris bilang namanya Heliconia

  4. kalo bener nama sesuai asal sih gapapa
    jangan kaya bika ambon misalnya. nyari di ambon malah ga ada…
    atau nyari warteg di tegal…
    hehe

  5. Jadi, pisang manila dan pisang kipas itu beda ya…?
    Waktu saya kecil sih agak serem pas melihat pisang kipas, karena bentuknya yang beda dengan pisang biasa 😀

  6. dulu sering deh bun lihat pohon beginian.. sekarang udah gak pernah lagi rasanya.. Udah jarang apa kali yak orang yang nanemnya..

  7. kayanya di Medan deh pernah saya lihat beberapa halaman orang ditanamin pisang manila. Nggak tahu sekarang..

    Tenang Mbak,masih ada tanaman yang dinamain lokal misalnya Nenas Bogor, Kacang Bogor,GulaJawa he he..

  8. kalau tentang buah yg ada nama manilanya, waktu keciil taunya sawo manila..itu sawo yg isinya tidak berwarna hitam tapi coklat muda… 🙂

  9. bener BunMon jaman dulu tuh si pisang manila ini identik dgn tanaman yg tumbuh dihalaman rumah orang kaya ya….
    sekarang sudah kalah pamor dengan berbagai macam tanaman yg aneka rupa dan harga …
    jangan 2 nanti ada pisang Gangnam gak yaaa……….hahahaa 😀 😀
    Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here