Pesona Kuning

70
577

 

bunga kuning paitan, bunga semak kuning

 

Setuju nggak kalau kubilang bunga berwarna kuning ini jika dilihat sepintas sangat mirip dengan bunga matahari? Tetapi bukan bunga matahari. Bunga kuning  ini adalah tanaman liar yang banyak dijumpai di pinggir jalan. Pernah perhatikan?  Pohonnya agak tinggi, mempunyai  daun yang   mirip juga dengan daun bunga matahari. Entahlah, mungkin juga masih satu genus.

Melihat bunga  kuning cantik  di pinggir jalan langsung ingin memotretnya. Bunga  kuning ini membawa kenangan masa kecil. Di dekat rumahku di Balikpapan dahulu banyak sekali tanaman ini. Pohonnya tumbuh di pinggir jalan menuju ke sekolah. Meskipun  tanaman ini liar aku tetap  suka. Dengan warna kuning yang  terlihat sangat cerah dan bentuknya sederhana, tipikal bentuk bunga yang kita gambar untuk pelajaran menggambar di sekolah, betul tidak? Si bunga kuning ini seringkali kupetik untuk dibawa ke sekolah. Di hari piket murid yang bertugas membersihkan kelas juga diminta menyediakan bunga untuk meja guru.

Kamera yang dipakai untuk menjepret bunga ini  milik LJ yang baik sekali menawarkan kamera poketnya, karena baterai teleon genggamku habis.  Entah apa nama kameranya, si kinan atau kenyong, he ..he…

Beliau ini yang mengawal kami sekeluarga  menapaki rute wisata keliling Minangkabau Sumatera Barat.  Lokasi foto ini di sekitar danau kembar, danau Di Atas dan danau Di Bawah.

“Kakak pakai aja kamera yang ini, kan gampang nanti dipindah ke flash disk”

(bahkan bukan hanya foto-foto yang kujepret sendiri, yang difoto oleh si eMak LJ  memakai kedua kameranya pun boleh kupakai sesuka hati. Baik banget kan …?).

Nah, kebetulan ada  tawon sedang mendatangi bunga kuning ini. Langsung beraksi mendekati. Suka sekali lihat serangga  yang sibuk mengisap madu  bunga. Foto bunga jadi terlihat lebih hidup dan lebih indah.

Eh nasibku sedang mujur. Meskipun aku agak grasa grusu  mendekatinya si tawon tetap anteng menghisap sari madu bunga. Ia tak terganggu dan tak mau terbang. Mungkin dia terlalu lapar ya.  Puaslah hati  klik kamera pinjaman berulang-ulang.  Lega bisa memotret tawon mengisap madu, meskipun hasilnya masih biasa saja.

Alhamdulillah, bisa update tambahan info dari mbak Prih yang baik, bunga ini  ternyata bernama Tithonia diversifolia, atau Mexican Sunflower atau Japanese Sunflower.  Sedangkan bunga matahari yang selalu menghadap ke arah datangnya sinar matahari itu  punya nama ilmiah  Helianthus annuus.

Tanaman ini banyak fungsinya, cek ke tempatnya mbak Prih ya. Beliau mengulas lengkap secara ilmiah di tulisannya. Terima kasih banyak  mbak pembaca jadi mendapatkan pengetahuan baru.

Tithonia diversifolia  keluar pada akhir musim penghujan.  Bunga cantik bernaman indah  ini diduga asalnya dari negara Mexico. Bunga kuning ini punya banyak nama lokal, namanya berbeda di tiap daerah. Di daerah Jawa si kuning ini disebut dengan  nama paitan.  Mungkinkah rasanya pahit?  Tanaman  paitan ini  tak tumbuh  tunggal seperti bunga matahari tetapi   membentuk semak. Tanaman ini jarang dibudidayakan  sehingga sering disebut sebagai gulma paitan. 

Paitan ini walau gulma tetapi bayak fungsinya. Menurut mbak Prih tanaman ini dimanfaatkan sebagai mulsa (penutup tanah untuk mengurangi penguapan), bahan dasar kompos, penolak hama atau insektisida nabati, dan lain-lain.

So, tak ada  tanaman yang sia-sia oleh Allah SWT.  Walau semak  liar tetapi ternyata punya banyak manfaat  yang berguna untuk bidang pertanian dan lainnya. Semakin suka deh dengan si bunga  kuning yang mempesona ini.

70 COMMENTS

  1. wah wah … mujur kali kak
    susah tuh ndapetin momen kayak gitu
    biasanya langsung kabur si kumbangnya hehehe

    • terima kasih ya mbak…
      kemarin udah coba googling dgn gambar, nggak nemu namanya, kutambahkan infonya di atas mbak

    • Mbak Prih emang keren nih..Thanks ya aku jadi nambah pengetahuan. Mbak Mon, aku juga sering moto bunga ini tanpa tahu namanya…Di kampung dulu cuma disebut bunga busuk. Ada juga yang bunga putih dan kelopaknya kecil2 kan ya?

      • bunga yang putih, nggak ingat uni …., pernah lihat nggak ya, mungkin kalau lihat lagi baru ngeh ..

        hi..hi..namanya bunga busuk ..? padahal nggak bau kan .

  2. Tak kira bunga kertas atau orang kampung saya memberi nama “kembang kertas”

    kayaknya di kampung saya dulu banyak yang memelihara bunga kuning ini.

    Salam hangat dari Surabaya

  3. Kalau punya foto bagus-bagus upload di Pinterest Saya juga sudah punya akun disitu
    nah manfaatkan situs ini untuk mendapatkan backlink untuk blog baru jeng.
    Siapa tahu ada yang tertarik dan mau membeli foto itu puluhan ribu dollar, namanya juga rejeki.
    Cepat gih, buat akun di sana…

    Salam hangat dari Surabaya

    • terima kasih ya pak Hariyanto
      btw, feed blognya nggak bisa keluar jadi nggak muncul diblogrollku pak

  4. dengan melihat hasil karya jepretannya mengindikasikan bahwa yang mengambil gambaaar memiki ketenangan hati.. Kumbang aja gak terbang..

  5. wah bagus sekali ya fotonya… momentnya cakep tuh… coba deh diterangin dikit biar lebih nyala warna kuningnya… overall cakep banget…

  6. bunganya cantik ya mba. sampe kumbang gak mau terbang meskipun ada yang photo 😀
    salam kenal ya 🙂

  7. #selalu memantau.. #meskipunkatanyalagipinginngilang

    itu header keren banget ya.. pelangi juli di lembah harau. 😛

    • ngilang…ngapain…?
      turun mandi beloman kan…

      header masih coba2 dulu mak…,belum sreg, gambarnya masih pecah

  8. saya mungkin ga komentari warna kuning dan fotonya, karena emang bagus dan unik. tapi saya ada sedikit cerita perihal bunga ini saat di kampung saya dulu.

    kalau di kampung saya, di pinggiran kab. jember, jatim, bunga ini disebut ‘oplak aplik’ atau ‘paitan’. biasanya bunga ini tumbuh di pinggir kali. dulu waktu kecil, saat mandi di kali sering memetik bunga ini dan dibuat mainan sambil menaiki gedebog pisang di kali.

    daun bunga ini rasanya pahit banget, dan mungkin karena itu dinamakan ‘paitan’. saya masih ingat dulu waktu kecil, ibu saya menggunakan daun paitan ini untuk menyapih adik saya yang masih menyusu padahal sudah besar. caranya daunnya dihancurkan lalu ditempelkan di ‘tempat menyusu’. walhasil, adik saya yang menyusu terus merasa kepahitan dan kapok ga mau menyusu lagi… 🙂

  9. tumbuh liar dan indah banget ngeliatnya kalo pas berbunga.
    Saya malah ada foto sedang narsis diantara bunga2 ini .. 😀

    pas banget ya Mbak, si kumbang lagi ada disitu …

  10. ah ternyata ini namanya tithonia… cantik sekali namanya dan fotonya. dulu kusebut bunga matahari kecil hehehe..

  11. tiap kali lihat bunga ini aku kirain sama dengan bunga matahari. kalau dilihat detail emang beda sich kak. tapi tampilannya serupa bunga matahari hehehehe.. selalu suka sama foto bunga dan kumbang, unik yach kak.

  12. Iya mbak, sekilas mirip banget dengan bunga matahari tapi kelopaknya kayak lebih halus dr bunga.matahari ya.

    Dan ternyata Bunga cantik itu asalnya dari negara Mexico ya? Kereeennn bangettt

  13. Wah, ini reblog tahun 2012 ya mbak. Bisa ngeblog sampe bertahun-tahun salut banget aku mbak ;).
    Itu bunga emang yang aku gambar waktu jaman sd, hehe.

  14. Setiap kali dengar Bunga Matahari, saya teringat dengan rumah nenek saya di kampung bukittinggi, sumbar. Dulu waktu kecil banyak bunga matahari di pekarangan rumah. Mana besar-besar lagi bunga mataharinya.

    • bunga2 di Bukittinggi memang terlihat lebih indah dan meriah warnanya, mungkin cocok dengan udaranya yang dingin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.