Permainan Anak Di Kawasan Padat Perkotaan

41
175

Pagi tadi sekali lagi tugasku turun ke lapangan, keliling di sekitar wilayah kerjaku, keluar masuk kampung melewati gang kecil yang padat perumahan sederhana. Rumah-rumah itu sempit berdesak-desakan, ada yang hanya selebar 1,5 meter. Tak heran, ruang berkumpul para ibu hanya duduk di depan gang, yang juga dijadikan dapur atau tempat mencuci. Warnetpun mengambil tempat di gang, layar monitor sudah pasti terlihat oleh semua orang lewat. Sarana bermain anak juga di gang depan rumah yang lebarnya hanya 1 – 1,5 meter.

Walaupun sempit anak-anak tetap senang bermain, ada yang bermain di selokan, menyewa gameboard, dan naik aneka jenis odong-odong yang banyak beredar di daerah ini.

20121102-171656.jpg

Ada permainan yang unik, ada pet jenis baru. Kadal kecil diikat dengan seutas benang jahit dibawa jalan ke sana kemari yang dimainkan seorang anak 5 tahunan. Kadal ini dibelinya dengan harga seribu rupiah.

20121102-172029.jpg

41 COMMENTS

  1. eyaampuuu.. kadal oun sekarang dijual ya Mba Monda. kalo dipikir kasihan juga ya anak-anak ga bisa merasakkn bermain di ruangan lapang kayak saya dulu.

    • aneh-aneh aja ya…
      kok ya bisa si pedagang itu punya ide jual kadal buat mainan…
      dikasih makan apa ya

      kalau ada tanah lapang malah lebih banyak pedagang yang mangkal

      • hahaha, salut sama pedagang kadalnya…. mungkin terinspirasi dari Iguana ya kak?
        Gak mungkin baginya jualan Iguana, mau dpt darimana dan mau dijual ke siapa dg harga tinggi, hihi… jadi ya jualan kadal aja deh…

        Dan herannya, si anak kok tertarik untuk ajak jalan2 kadal yaaa?

        Kasian anak2 di perkotaan yang padat ya? kekurangan tempat untuk bermain. ๐Ÿ™

        • he..he.. iya betul kalau iguana sih biasa dipelihara orang
          ada juga bapak2 di daerah situ yang piara tokek.., tokek itu katanya kalau dijual harganya mahal

  2. Duh, kadal dijual lalu dijadikan mainan. Disini kadal masih banyak berkeliaran bebas mbak ..

    Jangankan di kota, di daerah sayapun lahan bermain anak sudah jarang. Kebanyakan udah jadi villa atau tempat wisata yang tiket masuknya lumayan.

  3. bunda monda apa kabar? semoga sehat sehat selalu…
    wah kadal juga dijadikan mainan? ditarik pake benang? waduh kok melihatnya kasihan kadalnya * sok pecintah binatang ….hueuehhueheueu..
    hmm dunia anak anak di kawasan padat perkotaan yah bunda…sing penting anak anak tetap happy menikmati masa kanak kanaknya ๐Ÿ™‚

  4. sebetulnya menyiksa kadalnya ya mbak Monda… Kalau anak kecil yg memainkannya sih ga kepikiran ttg itu. Tapi yang jual itu lho…. Kok kepikiran ya jualan kadal….

    • iya kasihan mbak…kadal kan bukan binatang peliharaan ya…, dan si anak apa bisa kasih makan..

    • iya.., bukan hanya untuk anak, remaja juga butuh ruang gerak yang cukup …
      sumpek dan suntuk ada di dalam rumah sempit dan gelap ..

  5. makin banyak kebutuhan, makin kreatif orang dalam mencari uang. Hanya saja, terkadang mengabaikan hal-hal yang seharusnya nggak dilakukan. Mungkin kalo kadalnya ditaruh dalam kerangjang sih nggak masalah, tapi kalo diikat make benang, kayaknya kasihan banget

  6. wah ibu monda turun ke lapangan ya, seperti pak jokowi dong ya.. ๐Ÿ™‚

    saya sendiri jg pernah merasakan dan mengalami ‘sumpek’nya di hidup di pemukiman yang sempit. sekitar 8 tahun saya kos di jl. bangka, jaksel. kos di keluarga betawi yang kental. jalan masuknya cuma cukup untuk jalan kaki dan sepeda motor penghuni gang buntu ini.

    karena lokasi yang sempit, anak2 penghuni di sekitar saya kos, jadi kreatif bermain di luar rumah dan di gang yang sempit. salah satunya adalah main ikan cupang yang dibeli di pasar, dan dikasih makan dengan ikan cere yang mereka jaring beramai2 di selokan yang sempit dan kotor.

    • turun ke lapangan emang udah jadi tugas kita, jadi cukup sering juga ke rumah2 penduduk…untuk penyuluhan, memantau, dll..

      banyak pengalaman dong ya selama kos di sana.

      • banyak banget pengalamannya bu, apalagi 8 tahun di lingkungan betawi. nyak (sebutan ibu untuk orang betawi) sampai bilang ke saya, ‘kalau gua ada anak perawan, mending gua kawinin ke elu aja. karena gua udah tahu adat elu’… untunglah anaknya ibu kos cowok semua.. he he he…. dan satu lagi, kadang2 logat ngomong sering ada ‘bau’ betawi nya gara2 interaksi yang intens dan cukup lama..

  7. suka kasihan dengan anak anak kota
    tempat bermain bebas sangat minim
    kalo mainan di mall sih buatku bukan tempat bermain yang baik
    udah kurang alami, bayar lagi…

  8. lucu juga ya kalo kadal dijadiin maenan dgn cara diiket pake tali, kayak ngajak anjing peliharaan aja. hehe…

    btw odong2 keliling emang permainan yg lg in di kawasan pedesaan.

    salam knal

  9. Makin padat kawasannya, permainannya makin tak leluasa karena banyak permainan yg butuh area luas.
    Kalau di kampung saya masih banyak lahan kosong yg ditumbuhi pohon besar & rindang

  10. tega tegaaaa nyaaa…. ๐Ÿ™
    eh, tapi lucu juga sih ya BunMon punya kadal mungil bisa diajak lan jalan …hehehe… ๐Ÿ˜›

    salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.