Pentingkah Menggunakan SSL / HTTPS Untuk Blog?

26
774
Pentingkah Menggunakan SSL

“Pentingkah Menggunakan SSL / HTTPS Untuk Blog?”, ini adalah pertanyaan bu Monda kepada saya beberapa waktu yang lalu. Saya sendiri cukup bingung menjawabnya karena antara penting dan tidak penting bagi blog pribadi.

Disclaimer

(Tulisan ini adalah guest post dari kang Yayat Sudrajat, blogger senior pemilik beberapa blog, antara lain  ganitri.com, toko online BatikGanitri.com, reseller hosting, fotografer dan co-founder https://liliparis.id).

Namun demikian, saya menjawab dengan alasan yang lebih sederhana, bahwa menggunakan https itu lebih keren karena ada tambahan huruf S dan ada tulisan “secure”. Bagi sebagian orang yang mengunjungi internet, kelihatannya akan memberikan nilai tambah. Bisa jadi memahaminya dalam bentuk keamanan secara keseluruhan.

Namun demikian, karena yang bertanya adalah blogger senior, saya harus mencoba memberikan pertimbangan yang saya ketahui dan alami pada saat saya telah memasangnya di toko online maupun di blog pribadi.

Arti SSL / HTTPS

Pentingkah Menggunakan SSL

Sudah banyak di internet ini yang memberikan pengertian tentang SSL. Tiga huruf yang merupakan singkatan dari Secure Socket Layer, memiliki peran untuk mengamankan atau mengenkripsi informasi sensitif dalam lalu lintas  di internet ini. Mengingat dalam sebuah web yang kita kunjungi terdapat alur yang cukup panjang paling tidak melalui server to server atau komputer ke komputer.  Informasi sensitif lebih jelasnya atau contoh bentuknya seperti kartu kredit, username dan password, beberapa web ada yang menggunakan PIN seperti di godaddy dan themeforest, misalnya,  yang akan menjadi bagian tersebut. Pada sesi ini cukup menjawab, sangat penting bagi sebuah web yang melakukan transaksi secara online. Misalnya, toko online, marketplace, bank dan web bisnis lainnya.

Lebih jauh penjelasan tentang enskripsi ini teman-teman dapat membaca dari ahlinya yang menulis secara menarik dan mudah dipahami di kompasiana dengan artikel berjudul Manfaat Menggunakan SSL pada Website.

Hal ini pula yang disarankan untuk menggunakan SSL oleh tutor blog saya ketika saya membuat sebuah toko online.

Tentu saja sayapun mematuhi saran tersebut. Dan saya terapkan di toko online milik istri saya. BatikGanitri.Com. Walaupun jarang sekali yang melakukan transaksi langsung di web, lebih banyak konfirmasi terlebih dahulu lewat sms, BBM dan WA baru kemudian transaksi langsung dengan model pembayaran dari rekening ke rekening tanpa lewat web.

Kendati transaksi tersebut lebih banyak menggunakan jalur komunikasi lewat media chat, entah pengaruh SSL atau bukan, banyak yang melakukan transaksi khususnya pemesanan dengan tidak ragu untuk mengirimkan uang muka dalam jumlah yang cukup besar untuk ukuran kami seperti uang muka untuk pesanan seragam, misalnya.

Dengan demikian,  selain data terekripsi untuk keamanan informasi sensitif tadi, kelihatannya dengan adanya https dan tulisan secure yang berwarna hijau menghiasi alamat browser, cukup berpengaruh untuk memberikan keputusan kepada customer, kalau belanja di sini adalah aman, walaupun akhirnya belanjanya secara langsung lewat media chatting dan rekening ke rekening, tanpa perantaraan web.

Pentingkah Menggunakan SSL / HTTPS Untuk Blog?

Setelah saya memasang SSL untuk toko online milik istri saya, sayapun mencoba untuk berfikir, apa dampaknya untuk blog milik pribadi yang sama sekali tidak ada transaksi online? Apakah penting juga dan berguna?

Selain jawaban nyeleneh saya sebagaimana yang sudah saya sampaikan pada awal tulisan ini, Google sebagai pemilik search engine terbesar di dunia ini memiliki pendapat yang cukup menarik, dimana beliaunya ini akan memberikan perhatian pada blog yang memiliki sertifikat ini untuk mendapatkan ranking yang baik. Uraian Kang Mas Google bisa dibaca di sini  https://webmasters.googleblog.com/2014/08/https-as-ranking-signal.html

Jadi plusnya untuk blog pribadi?

secure

  • Blog kita terlihat keren lah … tulisan secure akan berpengaruh pada penampilan blog kita.
  • Asyik juga kan jika dapat perhatian yang lebih dari mbahnya dunia maya saat ini?

Lantas Minusnya?

  • Jujur saja instalasi dan settingnya untuk awal agak ribet terlebih yang gratisan. Tapi gampang bagi yang sudah tahu. Atau jika ingin cepat beres serahkan saja kepada ahlinya atau perusahaan hosting tempat dimana kita membangun blog. Mereka yang akan mengerjakannya dengan sigap. Hanya beberapa jam saja sudah kelar.
  • Keputusan harus bulat. Bagi saya yang tidak sabaran dan ilmu di bidang ini masih seuprit, akan jengkel karena jika https ini dilepas akan ada tulisan unsecure alias tidak aman di browser dengan huruf mencolok warna merah. Jengkel kan? Lagi-lagi bagi pengunjung yang awam ini akan berdampak buruk. Walaupun situasi seperti ini dapat segera dibenahi.
  • Setelah migrasi, beberapa gambar ada yang tidak nyangkut atau tidak muncul. Harus melalui proses pengecekan secara menyeluruh.
  • Perlu pengecekan dan pembenahan backlink. Untuk internal sih oke. Secara auto sudah terupdate dengan baik. Backlink dari pihak luar  ini yang repot. Walau sebenarnya secara redirect tetap akan nyambung pada halaman yang dituju.

(Sedikit saran bagi pembaca blog Bu Monda ini yang kebetulan blogger dan telah memberikan link eksternal ke blog ini, tidak ada salahnya untuk memperbaharui backlink yang dikirimkan. Ini akan memberikan dampak yang baik untuk yang dikirim atau yang mengirim karena sama-sama terhindar dari link yang buruk atau atau setidaknya kurang sempurna walaupun sudah pada setting terpasang redirect http / https).

Bebas Retas?

Nggak juga. Web Toko Online istri saya kerap kena susup. Entah berapa kali. Sidik selidik dari plugin slider untuk beberapa gambar. Padahal plugin tersebut premium loh.

Jadi masih bisa ditembus oleh mereka-mereka yang jahil. Terlebih bisa jadi ini menjadi tantangan mereka. Nembus https. Hanya saja, seperti mereka yang sudah mengenal SSL ini, “SSL tidak sepenuhnya memberikan keamanan sempurna namun akan melindungi seluruh informasi sensitif yang ada”. 

Gratis atau Berbayar?

Saya pernah coba dua-duanya. Yang gratis dan berbayar. Sama-sama hijau dan ada tulisan secure di browser.

Ini Yang Gratis.

  • Lelly.Id milik istri saya, saya jadikan kelinci percobaan untuk yang gratis. Diawali dari masa trial di ComodoSSL, dan ketika habis masa berlakunya fasilitas itu saya kembalikan ke http. Ternyata dampaknya menjengkelkan seperti yang sudah saya sampaikan di atas. Awal-awal bikin saya panik, kan? Di mesin pencari juga jadi muncul ada tulisan unsecure kalau tidak salah. Saya lupa tidak ambil screenshotnya ketika kejadian ini berlangsung. Kurang lebih 9 bulan yang lalu.
  • Akhirnya menemukan yang full gratis. Melalui cpanel yang kita miliki. Namun sebelumnya harus ditanya dulu ke perusahaan hosting. Adakah fitur ini? Karena pada hosting reseller yang saya kelola, fasilitas ini tidak tersedia. Kelemahannya, ada tulisan Free SSL .. Gak keren deh he he.
ssl gratis
Berbeda dengan yang berbayar, versi SSL gratis ada tulisan Free SSL Certificate.
  • Selain itu masih ada cara lain dan banyak. Di googling aja yah .. pake kata kunci “Free SSL” maka akan bertebaran yang memberikan informasi termasuk tutorial cara memasangnya.

Ini Yang Berbayar.

  • Hampir setiap perusahaan domain dan hosting besar memberikan layanan SSL berbayar. Mereka menyediakan dari berbagai  perusahaan yang menerbitkan sertifikat ini. Demikian pula dengan jenisnya.
  • Dari sisi harga ada yang termurah sampai yang termahal. Tentu saja ini tergantung dari fitur dan jaminan keamanan yang disediakan. Contoh kecil adalah apakah jika kita menggunakan email dan subdomain akan include atau tidak. Atau untuk beberapa domain dan lainnya. Atau di pojok kiri atas tertulis nama perusahaan setelah icon kunci gembok. Katanya sih ini lebih mahal.
  • Untuk blog pribadi bagi saya AlphaSSL atau CommodoSSL cukup populer untuk dijadikan pilihan. Bagi yang baru, sebaiknya bertanya lebih dahulu ke perusahaan hosting untuk memilih yang terbaik berikut layanan untuk memasangnya supaya terpasang sempurna. Biasanya jika kita menggunakan hosting di perusahaan tersebut, akan instalasi sekaligus dengan gratis. Kita hanya tinggal setting di dashboard atau phpmyadmin yang kita punya untuk koreksi dan menyesuaikan dari http ke https.
  • Yang berbayar tidak ada tulisan gangguan apapun kayak free SSL, misalnya seperti yang saya sampaikan di atas. Contoh tampilan yang berbayar adalah blog ini. Bisa dilihat di sudut kiri atas.

Jadi Penting atau Tidak Penting untuk Blog Pribadi?

Agak GR juga sih ketika istri saya ikut mempromosikan usaha fotografi saya. Di luar persaingan sedikit atau banyak, saya punya keyakinan seperti yang disampaikan google di artikelnya tersebut di atas kalau https ini cukup berpengaruh di search engine.

Berikut salah satu contoh dari beberapa kata kunci, 2 kata yang masuk di halaman pertama, kadang di  urutan pertama, kadang di urutan kedua dan ketiga. Cukup lumayan untuk blog yang usianya belum setahun ini.

pengaruh ssl di google

Jadi jawabannya .. penting saja ya! Setidaknya bagi saya. Dan saya merasa ada gunanya.

Itu saja sedikit jawaban saya untuk menjawab pertanyaan Pentingkah Menggunakan SSL / HTTPS Untuk Blog? Semoga dapat bermanfaat. Jika ada kekeliruan dalam penyampaian atau ada yang harus diluruskan silakan dikomentari saja.

Terima kasih bu Monda atas kesempatannya saya bertutur di blog yang keren ini.

26 COMMENTS

  1. Hanupis Kang Yayat, ikutan belajar materi kerenn meski tetep nggak mudeng hehe. Empunya blog dan penulis tamu sama keeerreen-nya. Salam hangat

  2. Waktu mau pindahan aku memang sudah nyari hosting yg termasuk ssl ini. Penulis tamu spt Kang Yayat semoga sering nulis di blog kak Monda ya, soalnya selama ini aku kadang ga mudeng klo baca blog tutorial bhs Inggris hehe 😀 .

  3. Memang penting mba https daripada http, aku aja kalau bisa dijdikan https aku mai. Sayang nya aku blogpsot yang udah .com , katanya sih ga bisa diubah hhiikksss

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda….

    Maklumat yang bermanfaat. Penulis tamunya juga bukan calang-calang orang kerana ternyata sangat pakar dalam pemahamannya. Ternyata blog saya saya masih tidak punya secure ya mbak sebab tidak ada mangga hijau tersebut. Hehehe… puas membaca untuk memahami ternyata masih belum faham. Harap-harap blog kita akan selalu selamat ya. Elok ada backupnya agar tidak menangis jika hilang. Saya sudah mengakaminya dua kali.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • wa alaikum salam,
      kak platform wordpress.com, sudah pakai https, sudah terjamin keamanannya oleh wordpress, blogger tak perlu mengurus teknis lagi

      salam manis buat akak Siti

  5. wah yang sudah secure aja masih gampang di retas … apalagi yang belum secure ya ..
    zaman now kayaknya memang sudah mesti pakai jalur yang secure ya .. paling tidak buat hati tenang .. 🙂

  6. kalau pake wp otomatis ya bun kayaknya.

    Waduh, makin diperhatikan banyak yang aku gak paham ternyata masalah urusan blog ini bun. Pengen belajar deh jadinya.

    • iya Niie kalau pakai wp.com memang otomatis berubah jadi https
      blog ini pakai wp.org jadinya apa2 harus diupgrade sendiri

  7. Di blogspot yang pakai TLD sekarang sudah bisa pakai https gratis dari google. Saya sekarang lagi pakai itu. Tapi saya belum tahu itu berlakunya berapa lama. Sepertinya cuma 3 bulan. Karena saya dapat email kalau akan expired di akhir april ini. Tapi saya belum dapat info apa bisa diperpanjang? kalau bisa, bagaimana caranya ya?
    Mungkin ada yang bisa kasih informasinya?
    Terima kasih kasih sebelumnya (“,)

  8. Saya juga akhirnya memutuskan untuk memakai SSL HTTPS di blog saya. Dan karena saya juga bikin toko online di subdomain blog, jadi ikutan secure juga. Pokoknya dimanfaatkan sebaik mungkin, apalagi saya pakai yang berbayar… kalau bisa digunakan dengan maksimal hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.