Pelepas Dahaga

26
102

Penjual Nira

Belakangan ini siang hari terasa panasnya melebihi dari biasanya. Panas terik yang bikin keringat bercucuran, kulit terasa perih karena kering dan sering haus. Kabarnya cuaca panas seperti ini karena letak matahari saat ini ada di selatan katulistiwa, berarti untuk yang berada di pulau Jawa, Bali dan pulau-pulau lain yang segaris matahari sedang ada persis di atas kepala kita. Panas terik seperti ini bisa mencapai suhu 40 derajat Celcius dan masih akan berlangsung sampai bulan November. Kalau begitu harus jaga kesehatan, sering minum supaya tidak dehidrasi.

Saat kemarau bisa minum segelas air itu rasanya nikmat banget. Apalagi kalau berpapasan dengan penjual air nira, sesuatu yang sudah jarang ada di ibukota. Rasanya jadi ngiler lihat orang minum air nira yang manis menyegarkan. Tapi aku batal beli air nira karena khawatir dengan kebersihan gelasnya.

Foto ini diikutkan pada Turnamen Foto Perjalanan ke 50 : Kemarau

26 COMMENTS

  1. Dulu saya sering beli itu Mba Monda. Di Surabaya banyak yang jual. Ga mikirin apaapa karena masih kecil sih dan syukurnya kok ya baik baik saja. Hihihi.

    • bisa Beb…kalau mau pakai gelas sendiri, tapi ini kk pas lagi di jalan nunggu bis…, biasanya ada sih bawa gelas tupp, tapi hari itu lupa

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda…

    Di Malaysia tidak pernah melihat orang menjual minuman nira seperti ini. Biasanya hanya jualan air setempat, bukan “membawa” minumannya mencari pelanggan.

    Mungkin bisa ditukar gelas kaca kepada gelas plastik agar jaminan kebersihannya tidak diragui. Kalau saya juga tidak akan minum, mbak. Sama seperti apa yang mbak Monda fikirkan.

    Di tempat saya juga panas di selang seli dengan hujan sehingga ramai yang dapat demam. Mudahan fenomena cuaca ini memberi kesedaran kepada kita untuk menjaga kesihatan diri.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. ๐Ÿ™‚

  3. Nira untuk minuman saat panas emang asyik. Namun sebaiknya gak usah minum deh, MM….Kecuali yang segar alias baru turun dari pohon. Namun yang itu kayaknya susah di bawa ke kota sebab akan basi kalau tanpa pengawet

    • trims uni masukannya, iya ya ..pastilah nira di Jakarta itu datang dari tempat yg jauh .., tak mungkinlah masih dalam kondisi terbaiknya ya kalau nggak ditambah sesuatu

  4. iih ya bener. panes banget.Belakangan ini kemanapun aku lagi travelling urusan kerja, panasnnya ampun-ampunan Mbak.. Minum nira itu kelihatannya enak dan seger banget kali ya..

  5. Aku pernah beli air nira di Tahura, Bandung. Rasanya anehhhhhhh… menurutku sih. Tapi nggak apa-apa sih buat pengalaman, hehehe. :’)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here