On The Way

36
228

On the Way, I often stopped my car and took a snap of interesting things, such as this empty land, and beautiful flowers of Turi and Passion Fruit.

IMG_6421-1.JPG

Tema Weekly Photo Challenge kali ini cocok banget dengan kebiasaanku yang suka berhenti sesukaku dalam perjalanan. Tentu saja bila keadaan memungkinkan, bisa parkir di tempat yang lega dan tak mengganggu lalu lintas.

Foto pertama di atas itu kuambil di sebuah tanah kosong yang luas, tak banyak bangunan di sekitarnya. Lega rasanya melihat ada hamparan tanah seluas itu, ada beberapa pohon ketapang di satu sisi, selebihnya hanya ilalang dan rumput ajeran yang berbunga putih kuning dan tanaman liar lainnya. Mungkin tanah seluas ini milik orang kaya raya he..he.., atau investor, kurasa luasnya ada deh sekitar 2 atau 3 hektar.

Saat lain lagi kulewati sebuah jalan dan terpaku pada pohon turi (Sesbania grandiflora) berbunga merah. Kembang dari pohon turi ini biasa dijadikan sebagai salah satu unsur makanan tradisional, yaitu pecel Madiun yang lezat. Nah, selama ini ketemunya hanya kembang turi putih. Jadinya aku berniat bila nanti polong biji turi yang seperti kacang panjang itu sudah tua akan kuminta pada pemiliknya, ingin ditanam di fasum kompleks. Pohon turi ini bisa tumbuh cukup tinggi, bisa sebagai pohon pelindung. Namun daun dan bunganya itu bisa disantap. Daun turi yang helaian daunnya mirip daun katuk itu pun kabarnya bermanfaat untuk pelancar ASI.

IMG_6425.JPG

IMG_6426.JPG

Bunga dari pohon markisa kuning (Passiflora flavicarva) , atau passion fruit ini juga tak sengaja terlihat di depan sebuah rumah. Suka sekali lihat bentuk dan warna bunganya yang unik.

36 COMMENTS

  1. mbaaaak…
    berarti harus main ke daerah rumahku mbak…
    Nanti aku ajak makan ke Tenda Biru, itu pemandangan sama tanamannya mbak Monda banget laaah…
    Pasti bakalan banyak berhenti buat ambil foto deh :))

  2. Bunga markisanya keren! Warnanya beda banget kesannya, terus mahkota bunganya itu membentuk pola ungu yang cantik sekali. Saya tumben lihat bunga markisa, Mbak :hehe.
    Foto pertama juga bagus, latar belakang yang sewarna ufuk menenangkan sekali :)). Rasanya puas berlama-lama menatap pemandangan itu.

    • kalau pemandangan ini aku kesannya jadi lihat lukisan Eropa jaman dulu, lukisan Monet, yang suka pakai warna pastel dan ngelukis alam pedesaan

  3. cara pandang yang selalu menumbuhkan semangat on the way…selalu ada yang menarik menanti di perjalanan. Bunga terakhir cakepnya…..

    • bahan minumannya dari daun turi Lis?
      kl mamaku pernah pakai daun turi itu dikompres ke lutut yg sakit katanya bisa buat ngurangin asam urat

  4. Aku baru ini liat turi warna pink bun… hihihi…
    Kalo turi putih udah sering qta makan bunganya, ditumis, rasanya agak getir tp enak.. tp kalau daunnya aku baru tau ternyata bisa dimakan juga yah bun… 😀
    Wah bermanfaat nih utk adekku yg br akan melahirkan… 😀

  5. Nice pict…baru liat yang namanya bunga turi. Kalau dapet obyek menarik di tempat yang tak terduga , rasanya kayak dikasih apaaa gituh! 🙂

  6. He3….”kebiasaanku yang suka berhenti sesukaku dalam perjalanan” kayak Presiden Jokowi aja Mb, suka berhenti di perjalanan yang sekarang ga mau lagi, karena bahaya iring-iringan kendaraan pengawal bisa saling tabrakan 🙂

    unganya iIndah dan dimakan juga enak 🙂

  7. Kak Monda sama spt aku sering berhenti di jalan cuma buat potret sejenak, biasanya yg kupotret ya tanaman 😀 . Bunga pohon markisa kuning bagus juga itu sebagai tanaman hias, bunganya cantik begitu, unik ada garis ungu ditengah.

    • kk pernah lihat dijual di tukang tanaman hias Nel, mahal deh
      yg baru setinggi pinggang tapi udah bunga aja harganya udah 3 ratusan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.