Nasi Goreng Ikon Kuliner Indonesia

78
351
nasi goreng

 

nasi goreng

Nasi Goreng Kampung itu sudah dijadikan salah satu ikon kuliner Indonesia .   Julukan ini diresmikan oleh  Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tanggal 14 Desember 2012.  Selain itu  ada 29 jenis masakan lain (jadi total ada 30 jenis masakan) dari berbagai tempat yang telah dikenal luas makanan lezatnya yang juga  akan dijadikan  sebagai ikon kuliner Indonesia.

Keputusan   dibuat  setelah urun rembug para  ahli di bidang kuliner, akademisi dan penulis. Nama-nama yang terlibat di antaranya ada bapak  William Wongso,  pak Bondan Winarno. mak nyus, dan lain-lain.

Ide pembentukan ikon kuliner Indonesia itu disarankan oleh  mentri  kala itu, ibu  Mari Elka Pangestu.  Tujuannya adalah agar ekonomi kreatif terus berkembang dan kekayaan kuliner  kita makin dikenal luas oleh pecinta masakan enak.

Pasti kita akan bangga kalau warisan kekayaan kuliner  Indonesia  dikenal  banyak orang  di seluruh dunia. Rendang  yang pernah disebut sebagai  makanan paling lezat beberapa waktu lalu saja  membuat setiap orang  sangat antusias.   Begitu banyaknya jenis masakan dari   seluruh daerah membuat agak susah  bersaing dengan masakan dari negara lain.  Tindak lanjut dari keputusan ini katanya akan dicari resep-resep  otentik ke  30 jenis masakan  tersebut. Lalu dibuatkan  standardnya  agar bisa  disajikan dalam kancah  acara tingkat internasional.

Untuk bisa dikenal di gastronomi dunia, ada aturan tersendiri seperti misalnya standarisasi  resep. Misalnya jumlah bahan baku, cara memasak dan cara penyajian harus  standar.

Ada istilah Gastronomi yang artinya seni atau ilmu tentang makanan yang baik. Disarikan dari Wikipedia ” gastronomi dihubungkan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan dari makanan dan minuman”.

Jika di dunia mode ada istilah “adi busana”  atau haute couture, di bidang kuliner bisa disamakan dengan gastronomi.

Kembali ke  topik nasi goreng, kapan teman biasanya  menyantap  nasi goreng?

Saat sarapan nasi goreng terasa nikmat.  Saat  makan siang pun cocok dengan menu nasi goreng. Makan malam juga biasa disajikan nasi goreng. Tak ada patokan waktu  tertentu  makan nasi goreng.  Yang pasti kapan  pun selera terbit  sah-sah saja langsung disantap. Bahkan nasi goreng tek-tek di abang dorongan yang lewat tengah malam tetap dinanti.

Nasi Goreng disebut sebagai ikon kuliner Indonesia  itu karena di setiap daerah ada. Untuk  makan siang  di kafe di Rumah Tua Pondok Cina kami sekeluarga juga pesan Nasi Goreng Kampung. Penampilan standar nasi goreng adalah dengan pelengkap telur mata sapi dengan acar mentimun atau lalap mentimun dan tomat disertai kerupuk atau emping melinjo.

Nasi goreng  pun sudah banyak dikenal orang di mancanegara.

Ini contohnya sebuah lagu  berbahasa Belanda yang dibuat oleh Wieteke van Dort (1979) berjudul  Geef Mij Maar Nasi Goreng. Lagu ini pada masanya dikenal luas di Belanda dan sudah pasti di Indonesia pula. Lagu  menceritakan kerinduan  seseorang yang pernah menghabiskan masa kecil di Indonesia pada nasi goreng. Hadeeh jadi terngiang irama dan liriknya  “Geef Mij Maar Nasi Goreng met ein gebakken eik”.

Variasi Nasi Goreng

Variasi hidangan yang satu ini  pun  banyak sekali.  Sebut saja beberapa jenis nasi goreng seperti nasi goreng kambing, nasi goreng ikan asin, nasi goreng pete.  Pokoknya nasi goreng itu namanya bisa apa saja tergantung dari  segala macam isian atau campuran bahan utamanya.

Bahan utama nasi goreng tentu saja nasi. Sebaiknya  memakai nasi yang sudah dingin dan tidak pulen. Bumbunya paling tidak ada bawang merah, cabai merah yang diiris atau diulek ditambah bumbu lainnya. Tetapi bisa juga buat nasi goreng enak tanpa bawang. Si sulung sering masak yang seperti itu karena dia tak suka penampilan bawang iris. Dia hanya pakai mentega telur dan kecap. Ternyata masih tetap enak kok.  Itu sudah bisa mengenyangkan.

Nasi Goreng juga bisa jadi penyelamat agar makanan yang masih tersisa tidak mubazir. Makanan  sisa kemarin jika tak diolah lagi sudah tidak diminati anggota keluargaku.  Jadi harus diolah lagi supaya tak ada makanan terbuang. Sisa sambal terong dan sup kambing   (tentu dagingnya saja) dijodohkan dalam wajan menjadi nasi goreng ternyata habis dalam sekejap. Tongkol sambal dan belut goreng juga cocok dipadukan jadi nasi goreng. Pokoknya  tak perlu uleg bumbu lagi, praktis untuk sarapan cepat saji, apalagi jika harus terburu-buru berangkat kerja.

Nasi goreng pun jadi pilihan bila lidah tak terbiasa berkelana rasa. Di tempat baru dengan menu yang asing perut bisa terselamatkan dengan memesan seporsi nasi goreng kampung yang jadi ikon kuliner Indonesia. Saat bulan Ramadhan dan bingung menentukan menu buka puasa, nasi goreng mampu membangkitkan selera makan. Btw, ini adalah edisi  repost, setelah sebelumnya diikutkan pada challenge foto.

 

 

78 COMMENTS

  1. Di sinipun sudah beberapa kali bikin nasgor tanpa bawang kak.
    Modal mentega, telor dan sosis 😀 abang reza dan egi doyan aja tuh. Klo egi masih minta kasih kecap.
    klo pas makan di luar pun seringkali mereka minta nasgor, pilihan paling aman dan pasti dimakan 😀 walopun sering nyesek sama harga nasgor yg selangit, maklum biuda pelit langsung berhittung biaya masak nasgor sendiri hehehe

  2. nasi goreng.. apapun variasi bahannya, tetap saja enak..!

    jamannya ngekos di bandung ada tukang nasi goreng keliling yang masaknya pake arang, tapi munculnya sll malam banget, jadi terpaksa kelaparan nungguin doski liwat. 😛

    • males keluar ya mak …, makanya nungguin si mamang nasgor lewat, pernah kecele nggak?
      gimana kalao udah nunggu taunya nggak jualan … laper dong

  3. Saya makan nasi goreng sejak tahun 1958 lho jeng weleh2 lama nian ya.
    Nasgor enak disantap kapan saja kok, pagi,siang dan malam hari cocok saja.
    Kemarin masak nasi goreng tanpa bawang merah dan bawang putih juga tetap jos.
    Terima kasih artikelnya
    Salam hangat dari Surabaya

  4. Aku jadi teringat orang kantorku…
    Makan kemana-mana, selaluuuu saja nasi goreng hahah… udah gitu, kalo kasih rekomendasi, pasti nasi goreng juga…. LOL

  5. nasi goreng itu makanan kesukaan anak saya, kalau lagi males makan, bikinin nasi goreng langsung banyak makannya.
    Nasi goreng memang enak dimakan kapan aja.

    • nasi goreng itu andalan banget deh ya…
      sama di sini si sulung itu juga maunya nasi goreng kalau lagi nggak cocok dengan lauk di rumah

  6. Salah satu makanan kesukaannya Bubu nih.. ^_^
    Tapi kalau di Swedia, saingannya nasi goreng ini banyak banget mba. Ada nasi goreng Thailand, nasi goreng Malaysia.. Udah ga bisa bilang kalo khas Indo deh.. 🙁

  7. Nasi goreng pula selalu menjadi patokan manakala mencoba resto baru. Kalau nasi gorengnya lulus skala indera pencecap, bolehlah kembali lagi untuk mencoba menu yang lain.

  8. Nasi goreng juga jadi favorit kami Mba Monda. Tapi baru akhir-akhir ini aja kalo habis makan nasi goreng perut jadi panas. Apa karena perutnya udah mulai ‘tua’ ya Mba ya? Heheheh

  9. stuja bu dokter!

    nasi goreng ini menu favorite dan andalan,hampir smua orang suka 🙂

    ada banyak kisah dg nasi goreng, bapak saya tidak suka nasi goreng, tapi saat saya membuatnya langsung suka,tapi bapak cuma suka nasi goreng buatan saya,kalo beli tidak mau 🙂

    dan kalo malam saat lapar slalu tunggu abang nasi goreng,sialnya kalo ditunggu ga penah lewat,jadi aja berkali kali kelaparan hiks

    **weeh komen aku panjang amat yah :mrgreen:

  10. Nasi goreng bisa banyak nama ya, ada nasi goreng ikan teri, nasi goreng jawa, nasi goreng pete, nasi goreng tongkol, dan lain-lain. Tapi jangan keseringan makan nasi goreng, nanti bosen hehehe

  11. Ya gitu deh, nasi goreng tuh harus dimakan dalam keadaan panas, biar terasa enaknya. Jadi di Eropa sono enak tuh kalau makan nasi goreng.. 🙂

  12. Aku selalu suka dengan nasi goreng… Kalau banyak orang bilang nasi goreng cocoknya dimakan pagi/malam…. kalau menurutku nasi goreng cocok dimakan kapan saja hahaha.

  13. nasi goreng pete dan nasgor sea food itu favorit keluargaku BunMon
    memang benar, nasgor bisa disantap kapaaan aja, cocok.. 🙂

    heheheee…kalau mak2 kayak kita memang gak bakal ada yg terbuang sia sia, nasi sisa kemarin, disulap bsok pagi sudah jadi nasgor terlezat di dunia 😛
    ( krn masaknya pake bumbu cinta dan sayang utk orang2 tersayang tentunya ) 🙂
    salam

  14. Nasi goreng umumnya lebih disukai oleh orang asing, misalnya australia, maupun amerika.
    Saya dibesarkan dlm keluarga yg setiap hr sarapan dengan nasi goreng dg variasi irisan atau dadar telur, irisan kol, asinan bawang merah/putih dan cabe rawit dan kerupuk udang.

  15. Waa.. nasgor kesukaan saya mbak… paling nikmat malam hari tapi sering juga saat sarapan ataupun makan siang… itu juga jadi andalan pesanan di RM yang baru pertama dikunjungi / belum ada referensi.. hehe…

  16. Hihihi…

    nasgor emang asik deh Bun…
    penyelamat di saat lapar krn cepat bikinnya…
    penyelamat jg kalau ada makanan sisa…

    apa aja campur jadi satu ya jadinya pasti enak aja… hehehe…

    yummy…

  17. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda…

    Nasi Goreng memang selalu mengenyangkan walaupun ia terhasil dari lebihan nasi semalam. Jika tahu mengadunkan pelbagai rasanya tentu menyelerakan untuk makan kapan pun.

    Kalau di sana, sajian makanannya harus ada keropok ya, mbak ?

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. 😀

  18. Saya penggemar berat nasi goreng, mbak Monda…nasi goreng kampung, hongkong atau padang…semua saya suka 😀
    Apalagi kalo dimasak sendiri, wuih, makannya jadi mantap karena diambil langsung dari wajannya…hehe

  19. Dulu adikku selalu pesan nasi goreng kalau ke restoran. Tapi aku tidak pernah mau makan nasi goreng di luar rumah 😀 Masalahnya kalau makan di luar, aku jarang makan nasi 😀

    • nasi goreng ini memang palingaman deh, ada beda2 rasa dikit masih bisa diterima sama lidah ya mbak

  20. hak hak hak.. nasi goreng mah gak ada duanya. nasi goireng yang dijual abang2 pinggir jalanrata rata rasanya sama…. kalo mau beda biasanya bikin sendiri… nah bikinan ibu biasanya beda lagi… kalo ke resto2 rasanya juga bisa bervariasi….. lucu yak kak.. nama sama tapi rasa bisa beda

    • nah para ahli gastronomi itu pengen supaya nasi goreng ini ada yg standard untuk tampil di perjamuan tingkat internasional….
      kalau untuk kita hari2 mah nggak apa2 ya nasi goreng aneka rasanya

  21. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda…

    Jika kekurangan masa di bulan Ramadhan ini, saya sering menjadikan nasi goreng sebagai menu paling cepat disediakan bersama ikan goreng asin dan telur goreng. Alhamdulillah, sangat mengenyangkan ya walaupun ringkas.

    Salam Ramdhan dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  22. Setuju banget! Masakan Indonesia memang berpotensi banget untuk “go global”. Nasi goreng adalah salah satu kandidat yang potensial karena konsepnya relatif mudah diterima lidah asing (baca: bisa banget tidak menggunakan bahan-bahan yang “tidak lazim” (misalnya jeroan, haha, walaupun ada sih varian nasi goreng yang menggunakan jeroan. Tapi kan nggak harus gitu, haha))

  23. lebih senang lagi, ga sekadar ikon nasi goreng juga diakui dunia dan wisatawan mancanegara sebagai menu nusntara yang enak dan cucok untuk lidah dari berbagai negara ya mba. Apalagi nasi goreng memang banyak variasinya.

    • nas gor ini nggak spesifik dari Indonesia aja sebetulnya, tapi yg khas kita ya yg ala kampung itu, yg biasa kita masak sehari2

  24. Nasi goreng Indonesia khas sekali dan lain dari Chinese fried rice karena pakai cabe dan kecap manis. Hidangan rutin kami disini.

  25. Tengah malam, perut lapar gara2 baca post ini ????. Sebenarnya sy bukan penggemar nasi goreng. Kecuali ada yg mau masak nask goreng magelang dg banyak toping. Pokonya yg dibanyakin topingnya bukan nasinya hehe.

    • di sini ada yg jual magelangan, isinya campuran nasi goreng dan mi goreng, yg itukah maksudnya?
      temenku rekomen ntar deh kapan2 nyoba

  26. Aku pernah denger lagu berbahasa Belanda tentang nasi goreng itu kayaknya Mba, jadi ketawa sendiri nih ngingetnya. entah kenapa aku merasa lucu lagunya, padahal bagus ya, hehe. Aku juga suka nasi goreng 😀

  27. aku nga pernah tau lagu ini, jadi bisa bayangin kerinduan seseorang akan kuliner negara tertentu lewat lagu itu unik juga yach kak. setuju nasi goreng penyelamat dikala kebingungan mau nentuin makan apa dan penyelamat dikala banyak lauk yang tidak termakan hehehehe…

  28. Di bulan puasa ini, udah beberapa kali sahur sama nasi goreng 😀
    Kalau hari biasa, kalau dalam seminggu itu belum sarapan nasi goreng, sepeti ada yang kurang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.