Mi Rebus Aceh

38
96

 

Mi Aceh Mirebus Kepiting Aceh
Mi Rebus Kepiting Aceh

Kekayaan kuliner Indonesia memang seakan tak ada habisnya untuk  dikuak. Salah satu warisan kuliner daerah yang kini sedang naik daun berasal dari propinsi Aceh. Makanan khas dari Aceh yang sering jadi sajian di meja makan keluarga besar kami saat Ramadhan antara lain es mentimun, rujak Aceh dan timphan (kalau kue timphan ini beli jadi saja). Selebihnya aku hanya tahu nama, belum pernah mencicipinya.

Makanya ketika oom abang cerita kelezatan mi Aceh di RM Aceh Seulawah yang dinikmati bersama rekan-rekannya, kami pun jadi tergugah. Cara beliau menceritakan sungguh sangat membuat kami berselera dan ingin segera mencicipi. Hari libur  tahun baru Hijriah lalu kami menuju Bendungan Hilir, Jakarta Pusat Rumah makan ini terletak persis di depan RSAL Mintoharjo, jadi sangat gampang dicari. Penampilan rumah makannya sendiri terbilang sederhana saja, tampilan umum rumah makan di Indonesia. Meja bangku sederhana dan  tampilan foto-foto tentang Aceh dipajang di dindingnya.

Kami pilih sajian mi, ada mi rebus, mi goreng dan mi tumis. Harga per porsinya sedang-sedang saja sekitar 25 ribuan rupiah. Sambil menunggu aneka mi datang  disediakan kue khas Aceh bernama timphan. Timphan itu kue yang dikukus dan dibungkus daun pisang muda. Timphan terbuat dari tepung, santan, pisang dan isian srikaya. Ada juga yang menambahkan labu kuning, mungkin supaya lebih legit. Tekstur timphan ini lembut dan rasanya manis.

 

Timphan
Timphan

Mi di hidangan Mi Aceh itu cukup tebal dibanding mi kuning kering atau mi kuning dalam semangkok bakso.  Bumbu rempahnya sangat terasa dan  disantap berbarengan dengan acar bawang.  Topping mi bisa dipilih sendiri, dari aneka seafood, daging ayam atau sapi. Mi Aceh itu terkenal pedas, tetapi ternyata bisa kok diminta tingkat kepedasannya, berhubung lidah kami sudah  tak sanggup lagi dengan rasa pedas. Pertama kali mencicipi hidangan di sini anak-anak sudah langsung tertawan. Mereka ketagihan ingin datang lagi.

Mi Tumis
Mi Tumis

 

Mi Goreng Daging Sapi
Mi Goreng Daging Sapi

Selain masakan berbahan dasar mi masih banyak lagi aneka makanan khas Aceh yang tersdia di sini, ada ikan kayu, ayam tangkap, pli’u, roti canai dan sambal ganja, dll. Sambal ganja itu tentu saja bukan ganja betulan tapi sambal udang rebus dengan bumbu-bumbu segar. Habis makan sambal ini kabarnya bikin terkantuk-kantuk mirip orang mabuk ganja mungkin he..he..

 

38 COMMENTS

  1. hadahhhhh… malam minggu bikin eMak ngacai.. tanggung jawab loh ya, kudu ajak emak ke sana.. 😛

    kedai mie rebus aceh, di bukik kurang populer.. sajiannya masih yang biasa saja, kak..

    • pastilah ya Liz.., kapan ya bisa nyicip mi kepiting di tempat aslinya, pedes banget pastinya ya..?

  2. wah aku juga suka banget makanan aceh! dulu jaman kuliah sering makan di mie aceh Pidie 200 di jalan Margonda situ.

    Kalau RM Aceh ini apakah sama dengan Meuthia yang ada di daerah Benhil juga itu mbak?

  3. Baru dengar makana2 khas Aceh ya di sini. Hehehehe. Mienya memang menggoda sekali. Kuahnya. . . :mrgreen:

    Beberapa kali mau nyobain Mie Aceh dipertigaan Godean, Yogya, belum bisa juga. Di sana banyak sakali cowok sendag duduk2, Bund. Maluuu mau masuk. . . hehehe

    • bener Idah, nggak enak mau masuk kalau banyakan cowok di sana ya
      di sini masakan Aceh makin banyak aja yang jual, tapi umumnya masih jualan mi aja

  4. waa…. jadi ngiler niih… lihat foto2 Mi.. apalagi karena Mi adalah kesukaanku, mau direbus ataupun digoreng.. nyam2… uenaaak…

  5. Mbak Monda, saya tergoda sangat dengan timphan-nya…gendut-gendut, daun pisangnya muda dan kayaknya enak banget…duh, jauh ya kalo di depan RSAL Mintoharjo mah 🙁

  6. Mbaaak, saya cuman pernah nyobain mie rebus Aceh sekali…dan sekarang udah lupa lagi rasanya…hehehe 😀
    Makasih udah diingatkan kembali tentang kuliner di negeri kita ini, mbak Monda…rasanya pasti sangat kaya…jadi pengen!

    • bener mbak…, pokoknya kalau ada yang cerita2 makanan daerah enak di sekitarku pasti langsung pengen nyobain..
      belum kelihatan ada rm Aceh di sekitar rumah mbak?

  7. Sambel ganja itu entah gimana rasanya ya Mbak. Benaran pakai daun ganja kah? Hahaha..bisa ditangkap yg punya resto kalau benaran ya..

    • hi..hi.., iya dari dulu ada desas desus masakan Aceh itu pakai daun ganja…, rupanya hanya nama sambal..
      nanti2lah pengen dicoba juga

  8. Di pontianak juga lagi banyak buka gerai mie aceh ini bun.. tapi belom pernah nyoba.. belom berani kalau lihat dari penampilannya 😀

  9. Jadi ngiler nih. pengen nyantap mie kepitingnya.
    ingat dulu pertama kali nyantap mie kepiting pas bertugas ke Langsa. sekali menyantap langsung ketagihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here