Mengisi Waktu Selama Ramadhan

0
427

Ramadhan sebulan penuh apa saja yang dilakukan untuk mengisi waktu di  bulan penuh kemuliaan ini? Yang kulakukan sebagian sudah pernah disebutkan di tulisan berjudul  Jenis Amalan Yang Dilakukan Selama Ramadhan.

Mengisi Waktu Selama Ramadhan

  1. Bekerja Sebagai ASN

Sudah tentu rutinitas sebagai ASN yang mengabdikan diri di Puskesmas ini yang tetap dijalankan selama Ramadhan. Alhamdulillah sejak hari pertama hingga  tiba cuti bersama masuk terus. Bersyukur diberi kesehatan.

Di bulan ini jam kerja adalah sejak 07.00 – 14.00. Jadi sejak sahur jam 03.30 tidak tidur lagi sampai pulang kerja. Di sela waktu menunggu pasien datang bisa nonyon youtube untuk mendengarkan bacaan juz Amma sambil memperbaiki bacaanku.

  1. Tidur siang

Tak bisa dielakkan pasti ada rasa kantuk yang menerpa. Apalagi saat puasa kadar gula darah turun yang bisa menyebabkan rasa kantuk. Ikuti saja. Bukankah obat kantuk terbaik adalah tidur? Nggak lama kok paling setengah jam sampai waktu ashar. Tidur saat puasa juga ibadah kan, kalau tak tidur siang, sehabis berbuka aku bisa teler berat.

  1. Persiapan Buka Puasa

Persiapan buka puasa  juga tak banyak lagi yang dilakukan, hanya tinggal polesan terakhir. Anak-anak sudah libur dan masih ada bantuan bibi ART yang menyiapkan.

  1. Ibadah

Sudah pasti ada waktu untuk ibadah sunnah  dong ya.

  1. Ngeblog

Nah, bisa terlihat waktu untuk ngeblog tak tersisa banyak bila di hari kerja. Tetapi karena sudah bertekad untuk kembali aktif ngeblog setelah tahun lalu hiatus, kuikuti saja tantangan dari Blogger Perempuan. Tantangan 30 hari menulis  dengan tajuk 30 Hari Kebaikan BPN ini kuharap bisa kuikuti sampai selesai.

Kurasa ikut challenge ini bukan pilihan nekad, mengingat waktu  luang yang tersedia sedikit sekali. Aku optimis menjalankannya karena sebelumnya pernah ikut tantangan mirip seperti ini, tapi diselenggarakan oleh Dailypost admin blog WordPress. Kemudahan yang diberikan oleh Blogger Perempuan adalah tulisan boleh backdate. Nah, itulah yang kukejar bila hari libur, bisa menuils 2 atau 3 tulisan sekaligus he.. he.. Mudah-mudahan bisa menuntaskan apa yang telah kumulai walau sempat tersendat di tema yang tak terlalu kukuasai seperti tema dandan.

Nah, itulah caraku mengisi waktu luang selama Ramadhan. Apa yang sahabat lakukan untuk mengisi waktu Ramadhan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.