Siapapun, entah dia penulis terkenal ataupun penulis ala-ala seperti saya, bloggers, pasti pernah mengalami yang namanya Writer’s Block. Suatu kondisi di mana otak kita rasanya buntu, gak ada ide sama sekali untuk dituangkan dalam tulisan. Kalau sudah kayak gini, jangankan menulis, mendapatkan ide tulisan blog itu rasanya susah banget (kadang seperti beban hidup yang belum nikah – curcol)

Dari beberapa tulisan yang saya baca, seperti tulisan Mbak Dee Lestari ataupun tulisan di Waroong.net, sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan ide untuk menulis di blog. Tapi gak semua orang mau melakukannya karena bukanlah hal yang mudah dan menyita waktu banget. Jadi sebenarnya gak ad aide tulisan untuk blog itu karena memang gak ada ataukah memang malas mencari idenya? 😀

5 Cara Mudah Mendapatkan Ide Tulisan Blog

Dari sekian banyak cara mendapatkan ide, berikut ini saya coba share 5 cara mudah mendapatkan ide tulisan untuk di blog. Saya yakin masing-masing sudah melakukannya jadi gak akan kesulitan lagi deh.

1. Baca buku referensi

Males gak sih kalau baca buku referensi gitu? Well agak sih, setidaknya ya saya. 😀 Berasa kayak lagi sekolah. Tapi sebenarnya, seperti kata pepatah, buku itu jendela dunia – termasuk dunia blogging. Banyak-banyak baca buku referensi untuk blog kalian. Misalnya punya blog travel, maka baca buku-buku referensi travelling juga bagus kok atau buku photography. Dari sana kita bisa melihat seperti apa sih kira-kira yang dibaca oleh orang lain. Salah satu buku referensi yang paling banyak digunakan oleh traveler The Lonely Planet.

 

2. Browsing Berita Terkini

Nah seperti yang saya sebutkan di atas, kita mencari apa sih berita terkini di dunia online, baik local maupun interlokal (sepertinya ada yang salah dalam istilah saya hmmm apa ya?). Berita-berita terkini ini bisa banget loh kasih ide tulisan kita. Tapi ya, sekali lagi jangan copy paste berita doang ya, males bacanya. Baca blog personal jadi kayak baca situs berita (ya kecuali kalau memang blognya ditujukan untuk berita gitu). Yang biasanya banyak dicari kan tuh soal gossip terhangat, misalnya saja gossip soal bintang Korea misalnya.

 

3. Mendengarkan Musik

Percaya gak kalau mendengarkan music bisa jadi ide postingan? Bisa banget loh, terutama yang suka nulis fiksi, bisa banget dijadikan inspirasi tulisan. Lirik lagu itu biasanya banyak yang menginspirasi. Atau bisa juga menulis tentang daftar lagu favorit dari si penyanyi A. Bisa juga sambungin dengan nomor 2, gossip tentang si artis terus kasih lagu dari si artis. Bisa kan?

 

4. Banyak Blogwakling

Dengan banyak blog walk ke blog-blog lainnya, gak jarang loh kita menemukan: “O iya… punya nih pengalaman seperti itu juga. Mau juga ah nulis kayak gitu.” Misalnya aja sih lagi blog walking itu nemu tulisan tentang kebiasaan buruk pria, bisa aja kan terpikir kebiasaan buruk suami yang paling disayang 😀 Ide postingan bukan? Eh iya, soal blog walking ini, sebenarnya juga termasuk salah satu cara untuk menikkan traffic blog, tapi jangan juga meninggalkan komen yang isinya agak-agak spamming.

 

5. Jalan-jalan

Nah, salah satu cara ampuh menemukan ide tulisan untuk post di blog ya dengan jalan-jalan. Kenapa, biasanya banyak banget cerita dari jalan-jalan ini. Gak perlu jalan-jalan mahal kok. Jalan keliling komplek rumah juga bisa. Misalnya jalan ke taman dekat rumah, terus melihat ada bunga yang cakep banget di Taman Ayodya. Foto terus post deh. Gampang kan? Kalau jalan-jalannya itu liburan yang agak jauh malah biasanya ide postingan akan semakin banyak banget. Beragam, mulai dari orang-orang yang ditemui, makanan khas, pakaian tradisional, lokasi wisata, dan lainnya.

Nah itu sih, 5 tips mendapatkan ide tulisan untuk blog dari saya. Saya sendiri menggunakan kelimanya kalau dah mulai kehabisan ide tulisan. Kadang ditambah dengan mengorek kenangan-kenangan lama saya juga. Kalau kalian, gimana caranya mendapatkan ide tulisan di blog kalian?

Menyadari ini posting dengan gaya tulisan berbeda dari biasanya? Ini adalah tulisan dari penulis tamu yaitu  pemilik blog  The Footstep dan Blogging Indonesia.