Mau Gigi Putih? Begini Cara Memutihkan Gigi

4
168

Pertanyaan yang paling sering  diucapkan kenalan baru ketika tahu profesiku adalah : “Bagaimana cara memutihkan gigi?”

Melihat para entertainer punya gigi cling, orang makin penasaran. Ketika si artis senyum  lebar terlihat gigi-gigi yang berkilau cemerlang tertimpa pantulan lampu sorot studio. Tak terlihat ada noda sedikit pun di giginya. Ibarat kata, semut mampir pun akan terpeleset. Orang pun makin ingin punya gigi putih seperti artis.  Apalagi sempat  top gigi kelinci he.. he.. semakin deh timbul obsesi punya gigi putih yang tmpak banget tak orisinil.

Penyebab Warna Gigi Tidak Putih Cemerlang

Ada beberapa hal yang mempengaruhi warna gigi, antara lain :

  1. Warna Lapisan Dentin

Yuk ketahui dulu anatomi gigi.

Gigi terdiri dari beberapa lapis. Lapis terluar adalah email. Warna email juga banyak variasi, mulai dari putih sampai agak kebiruan. Email ini tipis  dan semi transpran alias tembus pandang.  Karena email tipis maka yang  muncul adalah warna dentin. Dentin itu lapisan kedua persis di bawah email dan warnanya  lebih kekuningan.

Warna lapisan dentin itu sendiri nggak bisa diubah, sudah default, karena  diturunkan dari orang tua lho. Kalau memang orang tua warna giginya kekuningan, gigi anak pun nggak akan beda jauh.

2. Kebiasaan Sehari-hari

Doyan kopi?

Doyan teh?

Doyan rokok?

Doyan kunyah sirih?

Kebiasaan konsumsi bahan di atas secara berlebihan besar pengaruhnya untuk kesehatan mulut dan gigi. Juga menimbulkan bekas pada gigi. Bisa merubah warna gigi karena ada zat warna tertentu pada produk di atas yang mudah banget tertinggal di gigi.

3. Akibat antibiotika

Dahulu tetrasiklin umum dipakai sebagai antibitotika. Bila diminum oleh ibu hamil, maka warna gigi anak akan kecoklatan. Perubahan warna ini pun tak bisa lenyap. Tapi kini tetrasiklin sudah sangat jarang dipakai bahkan hampir nggak pernah lagi.

4. Pengaruh Air Minum

Air minum pun punya pengaruh pada warna gigi, terutama bila diminum pada saat usia pembentukan gigi. Air sumur atau air tanah  yang  mengandung fluor tinggi, atau logam berat bisa membuat gigi berwarna keruh atau bahkan kehitaman.

5. Gigi Berlubang

Gigi berlubang yang sudah non vital alias mati akan  berubah warna menjadi kebiruan.

Cara Memutihkan Gigi

Ada dua cara memutihkan gigi yang biasa dipakai dokter gigi

  1. Bleaching

Teknik bleaching dipakai untuk gigi non vital. Prosesnya secara kimia. Gigi yang akan mendapat penanganan bleaching harus dilakukan perawatan endodontik (perawatan syaraf gigi) terlebih dahulu. Gigi diputihkan memakai larutan pemutih gigi. Cara ini biasanya perlu dilakukan beberapa kali hingga didapat warna mendekati warna gigi aslinya. Tapi bleaching ini nggak awet.  Bleaching harus diulang setelah beberapa waktu.

2. Veneer

Belakangan ini veneer sangat populer. Veneer itu sebetulnya adalah bahan pelapis gigi.

Gigi yang rusak, berubah warna, atau bentuknya kurang baik dilapisi dengan veneer. Untuk meletakkan veneer  harus dibuatkan dudukannya, tentu harus ada bagian gigi yang dibuang meskipun dibuat seminimal mungkin.

Ingin merubah warna gigi? Lebih baik nggak usah. Pede  aja yang ditinggikan

Jadi kedua cara di atas, bleaching dan veneer, itu bisa dilakukan memang bila ada indikasi kerusakan gigi.

Bila hanya sekadar utuk merubah warna gigi yang kekuningan supaya terlihat lebih estetis kusarankan pikir-pikir dahulu. Lebih baik nggak usah. Lebih baik  tingkatkan percaya diri. Semua mahluk diciptakan Allah dengan sebaik-baiknya ciptaan kok. Fokuslah pada kelebihan Anda, jangan  fokus pada kekurangan diri.

Alasannya:

  • harga cukup mahal,
  • untuk memutihkan gigi tak cukup hanya satu gigi, biasanya harus 6 sampai 8 gigi depan atas tergantung lebar garis senyum, nah hitung sendiri kira-kira biaya yang diperlukan
  • bagian gigi sehat banyak yang terbuang
  • mubazir
  • Cara yang paling gampang dan murah agar gigi terlihat putih  :

    • pilih warna lipstick yang soft jangan terlalu mencolok, supaya antara bibir dan gigi tak terlalu kontras
    • makan buah dan sayur yang berserat
    • lakukan pembersihan karang gigi atau scaling setahun sekali

4 COMMENTS

    • ha.. ha… nggak terbayang deh kalau pakai lipstick ..
      aku edit ya, tips itu berlaku buat kaum hawa aja

  1. Hai kak Monda, kalau lipstik saya malah suka yang menoclok hehe.. sehari-hari pakai merah genjreng 😀 . Makan buah dans ayur saya sukaa 🙂 . Untuk kontrol ke dokter gigi iya setahun sekali, klo dapat surat pemberitahuan dari dokternya, klo utk bersihkan karang gigi gratis ditanggung asuransi.

    • memang kembali lagi ke rasa percay diri itu Nel.., pakai apa pun yg penting pede
      paling2 dokter gigi doang yang rajin lihatin gigi, orang lain mah nggak kalik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.