Manfaat Khasiat Buah Nona – Hasil Kebun Sendiri

7
239
buah nona, buah srikaya, Annona squamosa

Manfaat khasiat buah nona sudah banyak orang yang tahu. Buah Nona alias Srikaya yang ditanam beberapa tahun lalu akhirnya bisa dinikmati. Ini cerita hasil kebun di halaman rumah kosong yang sudah sekian lama tak dihuni. Karena baru pertama kali makan buah ini harus dicatat dong di blog he.. he.. Buah nona dimakan saat sarapan .. nikmat banget sambil mengenang asal mula ditanam mulai dari biji.

Annona squamosa, demikian nama ilmiahnya. Mungkin karena itu kita mengenalnya dengan nama buah nona. Ada juga yang menyebutnya buah srikaya. Di beberapa daerah di Sumatera srikaya juga nama untuk selai pengulas roti dan nama kue.

Scientific Name :  Annona squamosa

Synonyms :  buah srikaya, sarikaya (Sunda), sarekkaya (Madura), ata nona (Flores), sugar apple, custard apple

Family :  Annonaceae

Ordo : Magnoliales

Native range : Tropical

manfaat dan khasiat buah nona, buah srikaya, manfaat buah nona untuk ibu hamil, Annona squamosa

Di RT di wilayah tempat tinggalku ada beberapa rumah kosong.  Salah satunya ini di depan rumah. Rumah yang pekarangannya cukup luas karena punya tanah lebih  ini sejak dibangun masih kosong,  hampir 20 tahun.  Pemiliknya pun tak pernah datang.

Awalnya para tetangga menjadikan halamannya sebagai tempat buang sampah.. hik .. mulai dari  puing bangunan, sisa makanan hingga baju bekas. Akhirnya karena sampah pun makin banyak ditambah ilalang yang tumbuh tinggi, warga bergantian mengupah orang untuk membersihkan. Tetapi begitu lagi, sudah bersih masih ada saja yang kembali buang sampah.

Daripada melihatnya sumuk dan takut ada ular, mulai deh dipagari dengan bambu,  kemudian ditanami singkong, pisang kepok dan pohon buah nona.  

Bibit pohon buah nona ini berasal dari  halaman puskesmas.  Pernah kutuliskan di Kisahku. Pak komandan raun alias paksu yang menanam bijinya di polybag 6 tahun yang lalu. Setelah cukup tinggi dipindahkan ke tanah   di halaman rumah kosong tersebut. Lama juga ya, karena dicuekin he.. he.. nggak dikasih pupuk. Entah apa memang pohon ini susah berbuah, sebab di lingkungan sini ada juga yang menanam tetapi buahnya tak pernah berhasil besar, selalu rontok.

pohon buah nona, manfaat dan khasiat buah nona, Annona squamosa
Pohon buah nona di halaman rumah kosong. Tetangga sebelah rajin sekali membungkus tiap buah dengan kantong plastik merah supaya tak dirubungi semut.
 buah srikaya
Bibit berasal dari pohon buah nona di halaman puskesmas. Semut suka sekali bermain di sini he.. he.., mungkin karena rasanya yang teramat manis. Sayangnya waktu itu belum sempat cicip rasa buahnya, karena terlanjur jatuh dan pecah.

Buah nona atau srikaya ini masih satu keluarga dengan sirsak (Annona muricata) . Juga beberapa jenis buah lainnya yang kucari dengan hashtag Annona di Instagram, seperti cherimoya, atemoya juga buah nona berwarna ungu. Banyak sekali variasi buah dari famili Annonacea ini. Jika ada di tanah air ingin juga mencobanya.

Manfaat dan khasiat buah nona

Annona squamosa,
Buah Nona ini rasanya manis banget, nggak ada asamnya seperti sirsak.

Tetangga sebelah yang rajin membungkusi buah nona ini minta ijin untuk lebih banyak mengambil buah dan daunnya. Katanya untuk obat. Makanya lalu kucari dari berbagai sumber. Buah ini memang kaya nutrisi dan serat. Banyak kandungan antioksidan, mineral dan vitamin. Inilah manfaat buah nona untuk kesehatan.

1.Obat Diare. Buah nona yang masih muda dapat dipakai sebagai obat diare.

2.Pencernaan Terganggu. Buah nona direbus dan airnya diminum bisa meredakan perut mulas, kram saat datang bulan, sering buang angin, dan sulit buang air besar.

3. Obat Diabetes.

4. Mencegah Penyakit Pernafasan

5. Menurunkan kadar kolesterol. Buah nona mengandung niasin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Buah nona juga mengandung potasium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencerahkan Kulit. Kandungan vitamin E, C dan serat sangat baik untuk proses metabolisme di saluran pencernaan. Akibatnya kulit pun terlihat lebih bercahaya.

Annona squamosa,
Buah nona hasil petik perdana dan terakhir, karena akhinya rumah kosong dibeli orang lain dan direnovasi dan pohonnya ditebang hik.. hik…

Pengalaman memetik buah di kebun sendiri memang sangat mengesankan. Apalagi ini ditanam dari biji, proses sejak membenihkan sampai memetik itu memakan waktu 6 tahun. Buahnya pun baru baru pertama kali kumakan. Entahlah ini termasuk salah satu buah lokal Indonesia yang hampir langka apa nggak. Tapi di toko buah juga sudah mulai ada yang menjualnya. Alhamdulillah, sempat mencicip buah pertama dari pohon buah nona hasil kebun karena akhirnya pohon ini ditebang oleh pemilik barunya.

7 COMMENTS

  1. Untung udah sempat memetik buah dan mencicipinya ya, Kak.
    Sayang banget, kenapa di tebang? Apakah karena batangnya bersemut itukah?

    • nah tiu mak belum jelas, kenapa tanaman2 ditebang, yang disisakan hanya sebatang pisang yang sedang berbuah

  2. Penantian setelah 6 tahun, berbuah manis ya mbak. Kalau yang ini asli buah, bukan kalimat kiasan hehehe….
    Saya juga suka srikaya, memisahkan daging buah dengan bijinya itu jadi keasyikan tersendiri

    • ada yang tanpa biji mbak, cari ah.. apa mungkin ada di toko buah ya…
      iya mbak ini jadi kenangan juga pernah berhasil menanam srikaya he.. he..

  3. lahan kosong di manfaatkan dan menjadi berdaya guna bermanfaat bagi warga … kerennn mba
    nikmat banget makan buah noni dari hasil tanam sendiri 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.