Mampukah Mengalahkan Ketakutan ?

42
170

 

Kampung Sampireun

Dapat ide dari komentarnya Wind di posting Burung Kowak Malam Abu, yang bertanya naik perahu nggak sewaktu di Kampung Sampireun .

Aku itu kan sebetulnya dari dulu takut banget naik kendaraan air, merasa tak berdaya, alasannya karena tak pintar berenang, bisanya cuma “ngapung” . Ada rasa gamang berada di atas perahu kecil, takut perahunya terbalik, takut goyangan perahu yang terkena riak air.

Rasanya sudah ada beberapa tulisanku yang menyinggung ini he..he.. Ini mau diceritakan lagi karena akhirnya aku berperahu di Kampung Sampireun karena “diperdaya”

Aku ke Kampung Sampireun itu bareng rombongan, bukan dengan keluarga. Sore itu kulihat teman sekamarku sudah dalam perahu yang tertambat di teras kamar. Dia sudah pegang dayung dan terus memanggil mengajakku masuk juga. Sudah pasti kutolak, aku tak yakin berani naik perahu berdua saja. Kubilang aku mau naik perahu yang didayung temanku yang lain yang kutahu sudah biasa berperahu.

Dia membujuk terus, dan mencoba buay aku yakin, katanya dia juga sudah sering mendayung perahu di danau Toba. Akhirnya aku masuk juga ke dalam perahu itu, belajar mendayung. Aduuh horor betul deh, perahu entah bergerak ke mana. Di dalam perahu aku sudah jerit-jerit. Akhirnya aku mendayung ikut aba-aba dari dia saja. Perahu berhasil maju mengarah ke pondok- pondok tetangga. Tak berani terlalu lama berperahu, apalagi menjelang magrib, kami segera menepi. Lega akhirnya bisa menjejak bidang datar lagi.

Malam harinya di kamar, temanku itu baru buka rahasia. Dia belum pernah mendayung sendiri, dasar ibu nekad ya, tapi penasaran ingin naik perahu. Dan kami tak pakai pelampung, setelah lihat teman lain berperahu dengan pengaman lengkap kami baru sadar di tiap kamar sudah disediakan pelampung. Hadeeeh.., untung nggak ada kejadian aneh.

rakit kampung sampireun

Esok harinya kami coba ikut naik rakit pemusik. Di rakit ini ada 4 orang pemusik yang memainkan gitar dan bas betot (bas yang gede banget itu), mereka bisa mengiringi kita bernyanyi. Mereka menyediakan buku syair lagu, jadi bisa deh kami menyanyi lagu-lagu oldies. Seruuu….. serasa di Venesia.

Sekali lagi kucoba naik perahu dengan petugas hotel yang menjemput barang-barang penghuni yang akan check out. Aku sekalian saja ikut dengannya, karena yakin bapak ini berpengalaman, merasa aman kan..

perahu kampung sampireun

Makanya, rasa takut itu jangan dipiara, kalau terus terpenjara dengan kekhawatiran dan tetap tak berani mencoba, pastilah tak akan ada pengalaman baru, tak ada cerita seru.

42 COMMENTS

  1. harus berani mencoba ya kak.. biar tau rasanya puas klo bisa menaklukan sebuah tantangan yang kita takuti selama ini..

  2. legaa mbak, membaca tulisan ini, jumpa sesama takut air….. Walhasil nekadnya keren loh berdayung dengan latar belakang pondok kerlap kerlip. Siap berdayung di Danau Toba….. Salam

    • berdayung di danau Toba nggak janji deh mbak…, he..he.. itu danau kan luas banget dan ada ombaknya, ngeri digoyang2 air

  3. aku sebenernya juga penakut sih… tapi selalu suka mencoba hal-hal yang baru.. jadi kadang rasa ingin mencoba hal-hal baru itu bisa mengalahkan sifat penakutku

  4. Waahhh Kak Monda akhirnya ke Kampung Sampireun …

    Dari dulu saya pingin ke sana … tapi belum kesampaian

    salam saya Kak

  5. Iya mbak Monda, kalau belum mencoba kita pasti tidak pernah tahu gimana rasanya naik perahu di Kampung Sampireun…eksotis kan ya?
    😉
    Selamat buat terobosannya mengalahkan rasa takut, mudah-mudahan lain waktu mbak Monda bisa ajak suami dan anak-anak buat berperahu disana. Sensasinya dijamin beda deh!

    • aamiin, mudah2an ada rejeki ajak keluarga bermalam di sana, terima kasih doanya mbak…

      rasa pengen tahu dan nggak bisa nolak rayuan ditambah nekad juga itu..,, hii.., serem juga

  6. Mbaaaakkkk…apa kabar?
    Terakhir saya berkunjung kesini masih tentang Nasi Oyek, eh, eh…sekarang saya malah ketinggalan cerita…hehe
    Oya, sampai sekarang saya nggak pernah berani naik wahana yang aneh-aneh di dunia fantasi, yang berhubungan dengan ketinggian dan terpacunya adrenalin…nggak mau nyobain juga kayaknya, pas nulis komen ini dan ngebayanginnya aja tangan saya udah langsung basah keringetan…
    😀

  7. Mbak, aku juga takut banget sama yang namanya air entah di laut atau di sungai, rawa dan sebagainya…suka mbayangin yg macem2 …hehehe baca ini juga ikutan legaaa..

    tapi kapan2 mesti dan harus melawan rasa takut itu yaaa…

  8. Iya mba.. kadang harus berani ngalahin rasa takut yaa supaya bisa ngerasain hal baru.. Next time langsung berani dayung sendiri dong mba? hihihi

  9. yeaaaah akhirnya berani jugakan naik perahunya 🙂

    kebayang pasti gemeter dan pucat ya bu saat menaiki perahunya antara takut dan penasaran **ini persis temen saya yang saya paksa ikut naek perahu padahal ketakutan,tapi bisa juga akhirnya 🙂

  10. mbaaaaa…
    itu beranian sekali sih nge dayung tanpa pake life vest *malah nakut nakutin*…hihihi…

    Aku juga rada penakut sih mba…tapi kalo udah kepepet banget biasanya sih jadi beranian…*komen apaan sih inih*

  11. Hebat mbak Monda….
    Saya dulu naik perahu karena terpaksa…ikut outbound dan ini wajib, kalau nggak berani ya nggak lulus dan nggak bisa naik pangkat.
    Mestinya kita perlu dilatih ya, apalagi Indonesia negara kepulauan.

  12. Kalo ada yang menyemangati .. rasa takut bisa hilang…
    Lia juga gak pandai berenang… takut .. tapi kalo ada yang jago berenang disebelah kita jadi ada yang bisa diandalin ya kak ^_^

    kangen pengen naik rakit lagi… 🙁

  13. Kalau aku walopun gak bs berenang selalu suka naek sampan loh bun.. mungkin karena emang orang ‘parit’ yang kotanya masih banyak sampan dan sepit jadi biasa aja jatohnya.. kalau jatoh (yang udah beberapa kali) tinggal gapai ke sampannya beres.. hahaha

    • wah …iya.bunda harus belajar lebih berani di air ya…
      masak ntar kalau jalan2 ke Pontianak nggak nyicipin berperahu di Kapuas

  14. wah, ngeri juga kalau udah ditengah seperti itu ternyata miskom dengan teman yg juga ikut diperahu, dayungnya gak beraturan nantinya. 😀 tapi seru mbak jadi pengen juga dayung2an uji adrenalin.

    • iya Kin…, dayung itu udah kayak stang motor, harus tahu mendayungnya ke arah mana kalau kita mau maju atau mundur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.