Klappertart Roti Tawar Empuk Legit

44
867

Makanan selingan apa ya yang cocok buat hari panas di musim kemarau seperti saat ini? Kue yang nggak bikin eneg tetapi bisa menyegarkan.

Akhirnya  pilihan jatuh lagi pada Klappertart Roti Tawar,  kue empuk yang bahannya mudah didapat dan mudah membuatnya. Kue ini jadi favorit seisi rumah, jadi cukup  sering  dibuat. Cuma masalahnya buat kue ini pas sendirian di rumah, nggak ada yang bantuin foto cara buatnya, ribet harus bersihin alat, ambil kamera lanjut buat kue lagi, he..he.. bisa bisa mood buat kuenya jadi hilang. Jadilah pakai stok foto lama saja.

Kue ini sebetulnya variasi dari klappertart yang lembut itu, ditambahi roti tawar agar teksturnya sedikit lebih padat  tetapi tetap empuk.

Bahan :

  • 500 cc susu cair
  • 275 gram gula pasir (dibagi jadi 150 gram dan 125 gram)
  • 300 gram roti tawar tanpa kulit
  • 50 g margarin
  • 50 g mentega (kalau nggak ada margarin, menteganya jadi 100 gram)
  • 1/4 sdk teh vanili
  • 6 btr telur
  • 1-2 bh kelapa muda, dikeruk daging buahnya, dibagi jadi 3 bagian
  • terigu untuk olesan loyang

 

Klapper Tart Roti Tawar

 

 

Cara membuat :

  1. Didihkan susu dengan 150 gram gula pasir, aduk sampai gula larut. Celupkan roti tawar. Sisihkan.
  2. Campurkan mentega, margarin, 125 gram gula. vanili sampai mengembang.
  3. Masukkan telur satu persatu.
  4. Masukkan adonan roti tawar, aduk rata.
  5. Tuang 1/3 bagian adonan ke dalam loyang  yang telah dioles mentega dan sedikit terigu. Tata 1/3 bagian daging kelapa muda.
  6. Masukkan ke dalam oven, sampai adonan setengah matang.
  7. Tambahkan 1/3 bagian adonan lagi dan 1/3 bagian kelapa muda.
  8. Panggang sekali lagi.
  9. Tuang sisa adonan dan sisa daging kelapa muda.
  10. Panggang sampai matang.
  11. Dinginkan dan simpan dalam lemari es beberapa saat agar tekstur lebih padat. Sajikan.

 

44 COMMENTS

  1. Yuuuummmm! Aku suka ini jg dan kadang suka bikin mbak Monda.
    Btw, mohon maaf lahir batin yaaa, baru mulai utak atik blog lg nih hehehee

  2. Aduuh menggoda, aku gk pinter nih bikin2 ginian. :v jgn cuma pakde, aku dikasi juga dong. Wkwkwk… Suksea mba Mondaa

  3. Beuh, dari sini kelihatan legit sekali, Mbak. Tapi pakai kelapa muda ya, saya kurang begitu suka, kalau tidak pakai kelapa muda bisa tidak, ya Mbak… :hehe. Penasaran euy dengan rasanya, soalnya saya jarang makan klappertaart… eh tapi kalau tidak pakai kelapa namanya bukan klappertaart kali ya Mbak :hehe.

    • nggak paki kelapa muda bisa aja, pakai kismis umpamanya, boleh tuker3 isinya sesuai selera
      btw anak pantai kok nggak suka kelapa muda sih?

  4. mauuu…mauuuuu…tp sayang sekali, disini susaaaah atau bahkan ndak ada itu Kelapa Mudanya…justru yg bikin enak di Kelapa Mudanya ya Eda..

    Aaah nanti kalau pulkam, minta sama eda aaaaaaah hihi

    • teteh, tuker kelapa mudanya dengan buah yg banyak di sana, pakai prune, atau peach pasti enaknya sama deh

  5. Wah. Looks yummy ya Kak.
    Aku belum pernah makan klappertart, baru lihat dan dengar saja. Entah kenapa belum tergerak untuk mencoba waktu itu.
    Berikutnya aku akan coba.

    • tau nggak aku pertama kenal klappertart di Papua, jadi kalau buat ini sering ingat di keadaan di sana lho, kue juga bisa jadi nostalgia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.