Kamboja Kering

71
358

Kamboja Kering "Plumeria"

Beberapa pagi ini baru kuperhatikan ada ibu atau bapak tua memunguti bunga kamboja yang jatuh di tanah. Kebetulan salah satu tetanggaku punya banyak kamboja jenis Plumeria di sekitar rumahnya. Tetangga memang sengaja menanam untuk keperluan ibadah. Karena pohonnya banyak, tentu bunga yang gugur juga banyak dan tak dipakainya semua untuk ritual berdoa. Ibu sebelah sengaja menyapu dan mengumpulkan bunga-bunga gugur itu untuk memudahkan yang mau mengambil.

Ketika kutanyakan ternyata bunga-bunga kamboja ini setelah dikeringkan di bawah sinar matahari bisa dijual ke pengepul. Kabarnya harganya cukup tinggi, mencapai puluhan ribu per kilogramnya Bunga kamboja kering ini akan disuling dan menghasilkan minyak atsiri. Minyak atsiri dari kamboja kabarnya merupakan salah satu kandungan obat nyamuk.

Dari Wikipedia dikatakan minyak atsiri atau minyak eteril atau minyak esensial atau minyak terbang (volatile oil) atau minyak aromatik adah kelompok minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami.

Anugrah luar biasa bukan yang diberikan alam pada kita. Semoga kamboja kering ini bisa menambah pemasukan rejeki sebagai uang tambahan  untuk keluarga si ibu pengumpul yang rajin berkeliling setiap pagi dari rumah ke rumah.

Selain kamboja tanaman yang juga menghasilkan minyak atsiri antara lain adas, cengkeh, kayu putih, mawar, kenanga, sereh dan lain-lain yang dipakai sebagai bahan baku parfum atau aromaterapi.

71 COMMENTS

  1. banyak tuh bun bunga kamboja dibelakang rumah (makam soalnya hehehe). Tapi yang biasa ditanam dirumah kambojanya warna warni

    • tinggi juga ya harganya …, bisa sampai 90 ribu sekilo…..
      bisa jadi tambahan penghasilan buat yang rajin keliling

  2. daya pernah baca juga mba Monda kalo pengepul bunga kamboja ini juga berburu ke lingkungan pemakaman. Ternyata beramal bisa juga dengan rontokan bunga kamboja ya Mba. 🙂

    • di pemakaman memang banyak ya bunga kamboja…
      jadi kamboja itu seperti identik dengan bunga kuburan…, sampai2 ada teman yang nggak berani tanam kamboja karena anggapan serem ..

  3. Semoga menambah rejeki buat pengumpul bunga kamboja. Baru tahu ternyata mahal sekali bunga kamboja, pastinya lebih mahal setelah jadi minyak atsiri.

    • nggak nyangka ya Nel …, bunga rontok juga berharga mahal ya..
      nggak perlu nanem tinggal cari jatuhan bisa dapat tambahan uang

  4. kamboja kuning itu agak sulit ditemui di bukik.. di komplek pemakaman juga rasanya aku gak pernah liat.. karena pemakaman di bukik kebanyakan masih di lingkup rumpun bambu.

    aku suka sekali kamboja kuning ini, kak.. tjantik!

    • yang umum di pemakaman itu yang putih polos ya mak..?
      tetanggaku itu punya macam2 warna ada yang putih pink, ada juga yang merah gelap..
      tapi yang putih kuning itu paling banyak jatuhannya

  5. Hah …
    Bunga kamboja kering punya nilai ekonomis juga ?

    Sepertinya belum banyak yang tau …
    dan sebetulnya kalau kita mau …. kesempatan itu selalu ada dimana saja

    salam saya Kak

  6. eh malah baru denger kalo kembang kamboja bisa diambil minyaknya
    padahal di kuburan banyak dan belum ada yang manfaatin tuh…

  7. Wah, saya baru tahu nih kalo bunga kamboja kering memiliki nilai jual karena ditempat saya belum ada yang melakukannya maupun pengepulnya

  8. O ya, saya baru tau bun manfaatnya. Pantes tetangga tiap pagi ngumpulin bunga2 tsb yg tumbuh di belakang dan depan halaman rumah saya. Katanya : “Pak, saya mungutin bunga kamboja Bapak setiap hari ya Pak ?”.
    Silahkan buk, jawab saya. 🙂

  9. saya juga pernah mendengar hal itu dari pengumpulnya saat ketemu di makam keluarga dulu… yg saya tidak tahu, apakah hanya yg kamboja putih itu yg dipakai utk minyak atsiri atau juga yg berwarna lain (kuning / merah) ya mbak?

  10. bener tante, disini sekarang juga musim orang mencari bunga kamboja karena katanya harganya mahal. ampe kamboja di makam aja sekarang udah habis begitu saja bunganya pas timbul.. oh ternyata di buat minyak ya

  11. Waaaah, aku baru tau bunga kamboja ternyata bisa dijual mahal juga. Tapi bagus juga yaa setidaknya bisa jadi mata pencaharian juga. Dan bisa ditanam bebas gitu kan kalau bunga kamboja?

  12. Sementara yang sering saya lihat penjual bunga mawar tabur yang bila dagangannya belum habis dan layu lanjut dijemur untuk dijual ke pengepul, ternyata merambah ke kamboja juga, Tak ada yang terbuang percuma bagi yang kreatif ya mbak. salam

  13. ha…ha…, kegiatan ini mencurigakan kl kita nggak tau maksudnya ya…
    akupun tadinya curiga mereka itu lagi ngegambar rumah kosong

  14. Ternyata bunga kamboja punya harga jual yang tinggi ya?
    Sepertinya lebih mahal dibanding harga botol plastik sekilo ya 😀
    Di Samarinda sih belum terdengar orang2 yang mengumpulkan bunga kamboja. Mungkin beritanya belun sampe sana 🙂

  15. di sini disebutnya lilavadhi, mba… dibaca lilawadi.. cantiknya namanya
    kalo punya anak perempuan, aku kasih nama itu deh
    kemaren aku pentas pake bunga kamboja lho *pengumuman*

  16. Bunda, maaf oot, bunda beli puzzle yg 1000 pcs dimana ya? Di bandung ga ada bunda, klo bunda tau tempat dan kisaran harga puzzlenya, pliz kontak aku ya, makadi bunda monda ^^

  17. Saya langsung nglirik tanaman di taman kecil depan rumah.
    ternyata kamboja kuning tidak ado
    hanya ada yang merah dan putih
    Apik
    Salam hangat dari Surabaya

  18. Saya pernah jadi mandor bikin rumah Balinese style. Salah satu bunga yang wajib ditanam adalah bunga kamboja warna kuning ini. Rupanya selain untuk banten (sesajen) bunga ini juga bernilai ekonomis tinggi. Selama ini ingat kemboja kuning ingatannya kuburan, hehe…

  19. Dlu waktu kecil sy sering kumpulin bunga kamboja yg msh segar Bun, buat dibikin kalung2an pake benang, spt org hawaii itu tuh, hihi..

    Ternyata manfaat bunga kamboja lebih drpd itu.. Subhanallah 🙂
    Thanks for sharing, Bunda 🙂

  20. Bener mbak… di Kotaku juga banyak tuh orang yg ngumpulin bunga kamboja utk kemudian dikeringkan dan dijual. Tapi yang melakukan kegiatan itu biasanya yang rumahnya di dekat makam. Soalnya bunga kamboja banyak ditemui di daerah pemakaman.

  21. baru tau untuk masalah ini, didepan rumah baru ada pohon kenanga…..kalau lagi mekar semua..harumnya menyebar kemana-mana.apalagi kalau malam ….sejuk

  22. serius nih mbak, bunga kamboja kering kalo dijual mahal?soalnya di halaman rumahku ada 2 pohon kamboja berwarna kuning. Tapi ntar jualnya kemana ya?

  23. Sudah banyak yg mengagumi keberadaan, manfaat dan nilai ekonomis kembang kamboja kering, tapi sangat sedikit info bisnis bunga kamboja ini. Untuk itu kami mengajak rekan2 pencinta bunga kamboja untuk membentuk suatu wadah yang fungdinya utnuk menampung aspirasi masyarakat pencinta kamboja ( pebisnis kamboja ), kemudian mencari bapak angkat ( pabrikan, pedagang besar, exportir ) yang berkenan menampung kamboja diseluruh nusantara ini.Dengan adanya komonitas ini diharapkan adanya informasi yang falid terhadap spek, kwalitas, harga dan jalur distribusi/pengepul di seuruh nusantara ini. Dengan demikian tercipta peningkatan lapangan pekerjaan, peningkatan penghasilan keluarga, dan peningkatan devisa negara. Semoga segera terrealisir.Go on , you can do it.
    Bila ada yg sdh menemui/menjalin kersama dengan para pabrikan, pedagang besar/ exportir, mohon bagikan info tersebut di media ini, atau dapat menghubungi kami di nomor HP. 0818582896. Thanks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.