Kain Kapal Dari Lampung

30
1716

 

Kain Kapal Lampung

Di berbagai tempat di Lampung banyak ditemui ragam hias tradisional. Motif tradisional itu  tak hanya ada  di atas kain. Motif khas itu diadaptasi menghiasi  sudut-sudut gedung-gedung perkantoran, pagar  rumah penduduk atau bahkan di persimpangan jalan dan jembatan penyeberangan. Ragam hias cantik dan unik  ini ada yang diambil dari motif Tapis atau Kain Kapal Lampung.  Motif  Kapal ini  khusus karena tidak dipakai sebagai  ragam hias pemanis busana. Untuk busana warga Lampung memakai kain Tapis dengan motif  yang berbeda.

Ragam hias yang disematkan pada berbagai tempat di jalan itu tak hanya dari Kain Kapal. Ada corak yang  diambil dari bentuk tutup kepala pengantin pria dan  tutup kepala pengantin wanita yang dinamakan Siger.  Siger sebagai simbol propinsi Lampung karena gampang ditemui di mana-mana, bisa disamakan dengan atap bagonjong yang merupakan penanda dari Minangkabau.

 

Jenis Kain Kapal Lampung

Kain Kapal

Kapal  adalah bagian penting dari kehidupan masyarkata Lampung.  Batas propinsi Lampung di barat, selatan sampai ke timur adalah laut. Selain itu di Lampung juga banyak sungai besar. Tak heran kapal atau perahu adalah sarana yang digunakan sehari-hari untuk  transportasi dan berniaga.

 

Di bawah ini  bisa dilihat  motif Kain Kapal yang sudah dikembangkan dan dijadikan penghias dinding atau dijadikan motif batik Lampung.  Kain-kain ini difoto saat acara Pameran Akulturasi Cina – Indonesia di Museum Nasional, Jakarta. Kain adati ini adalah koleksi Museum Nasional. Foto hanya memakai telepon genggam, agak sulit karena kain-kain ini diletakkan dalam kotak kaca. Pantulan sinar jadi penghalang, akibatnya kurang fokus, mohon dimaafkan.

1. Tampan atau Nampan

Tampan - Lampung (Pameran Akulturasi Cina - Indonesia)
Tampan – Lampung
(Pameran Akulturasi Cina – Indonesia, Museum Nasional)

Kain Tampan  adalah kain kapal yang ukuran  panjangnya biasanya kurang dari satu meter. Tampan  biasa digunakan sebagai penutup atau pelapis nampan. Tentu kain cantik ini bukan untuk pelapis nampan sehari-hari tetapi untuk menutupi  nampan  seserahan pada acara lamaran maupun pernikahan di Lampung.

2. Tatibin.

Panjang  kain Tatibin biasanya satu meter. Kain ini   digunakan sebagai hiasan dinding. Tatibin kadang-kadang juga digunakan sebagai penutup seserahan.

Tatibin - Lampung (Pameran Akulturasi Cina - Indonesia)
Tatibin – Lampung
(Pameran Akulturasi Cina – Indonesia, Museum Nasional)

3. Pelepai

Pelepai ini adalah kain kapal yang paling panjang. Panjangnya biasanya sampai tiga meter. Kain Pelepai  ini dipakai sebagai hiasan dinding untuk acara adat. Umumnya kain Pelepai  hanya dimiliki oleh sesepuh adat.

Batik Kapal Lampung "motif kapal Lampung"
Motif Kapal untuk kain batik Lampung

Motif kapal Lampung juga diartikan merupakan  sebuah lambang perjalanan hidup manusia sejak  dari lahir sampai saat menutup mata selama-lamanya.  Kapal juga diartikan  sebagai perlambang kehidupan manusia yang senantiasa bergerak dari satu titik ke titik tujuan.

Bagian dari Kain Kapal

Kain Kapal biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu motif border, motif utama dan motif pengisi.

1. Motif border Kain Kapal

Motif border biasanya terdiri dari satu, dua sampai tiga lapis dengan motif yang berbeda antar lapisan.

2. Motif Utama

Kemudian yang kedua adalah motif utama, motif utama ini biasanya terdiri dari kapal, rumah, manusia dan berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Motif ini mengisi bagian utama dari kain kapal.

3. Motif Pengisi

Motif  pengisi, yang  mengisi daerah-daerah kosong di antara motif utama. Motif jenis ini juga bisanya berbentuk segitiga, kotak dan helaian pakis atau  motif lain-lain.

Kain yang dipakai sebagai busana di Lampung disebut kain Tapis.  Tapis adalah kain asal Lampung yang berbentuk kain sarung. Biasanya kain berwarna hitam, tetapi kini kain Tapis sudah beradaptasi sehingaga lebih beraneka warna. Kain yang disukai  mulai dari warna merah, hijau, ungu dan lain sebagainya. Kain Tapis dibuat dari tenunan benang kapas. Di atas kain polos ini dihias  dengan motif hias memakai benang penang perak atau benang emas. Motif ini disulam di atas kain. Motif kain Tapis umumnya  berasal dari alam seperti tumbuh-tumbuhan dan fauna.

Kain Kapal dari  Lampung dan kain Tapis ini banyak disukai orang.  Kain Kapal kini  sudah lazim   dipakai sebagai salah satu ornamen  pemanis sebuah ruangan yang dijadikan sebagai  penghias dinding di rumah atau kantor.

 

SHARE
Previous articlePenanda Kota
Next articleTamu Tak Terduga

30 COMMENTS

  1. Mba Mondaaa. Saya beneran gemeter terharu njenengan membahas motif kapal Lampung. Saya pernah tinggal di sana selama dua tahun. Lampung adalah rumah saya juga selain Serpong dan Surabaya. Saya cinta Lampung dan segala tentangnya. 🙂

    • he..he..kan saya juga udah jadi orang Lampung Dan,…tetapi paling lama di sana cuma 4 hari ..nggak pernah lama,
      jadi pasti Dani lebih banyak tau deh

  2. Ckckck indah-indah lho kainnya 🙂 Apalagi yang Tampan itu suka banget corak dan warnanya.
    Jadi ada bahan nih untuk minta dikirimin saudara di Lampung he he
    Trims Bunda
    Salam 🙂

  3. Seperti kain2 tradisional lainnya, tapis lampung ini motifnya banyak bgt ya bund.. seperti batik, ada motif khusus yg bisa di pakai oleh masyarakat atau pas ada acara khusus.

    • motif tapis belum banyak tau Mel, tapi pas di kawinan ponakan lihat orang2 pakai tapis aneka rupa, jadi senang .. cantik semuanya

  4. Waaaah, ternyata makna kain Lampung itu macem-macem…baru tau, mbak…selain nggak pernah kesana, saya juga nggak ada saudara yang tinggal disana…trima kasih informasinya ya!

  5. Saya punya hiasan ayat kursi yang dibuat dari kain tapis, sementara hiasan yang kapal itu ada di rumah kakak saya. Diberi saudara yang memang tinggal disana, kalau beli sendiri harganya lumayan ya bun ?
    Punya juga satu kain tapis warisan alm.ibu saya, diawet2 … soalnya gak tau kapan bisa beli sendiri .. hehehehe

    Terakhir ke lampung, ada juga batik lampung dengan motif gajah. Itu motif tradisional apa motif baru ya ?

    • hiasan tapis dan kain kapal sekarang mungkin harganya udah di atas 2 ratusan deh
      kalau motif batiknya itu motif sekarang, krn batik kan baru dikenal belakangan ini aja

  6. Saya juga punya hiasan dinding terbuat dari kain tapis Lamping yang sudah dibingkai. Ulos Batak dan Songket Palembang juga punya.
    Bagus2 kain dari Sumatera ya jeng
    Salam hangat selalu

  7. saya baru kali ini ada tulisan yang membahas kain secara detail seperti ini.. dan saya baru tahu ada artinya… bagus tulisannya…

  8. Motif kapal digunakan mungkin sebagai pengejewantahan bahwa nenek moyang orang lampung juga hidup dr ekonomi bahari. Begitu kali ya Mb Mon. aduh motif2nya cantik semua..

  9. mba Mondaaaaa…
    baru mampir lagiiiih…hihihi…
    biasaaaaa…abis drama marathon dulu kemaren inih…

    Selamat lebaran yang telat banget yah mba..maap lahir batin 🙂

    Dan filosofi nya batik kapal ituh keren banget yah mba…
    perlambang perjalanan hidup manusia…daleeeeem…

  10. motif kainnya bagus banget mbak monda

    kira kira kalau di daerah jawa, belinya dimana ya?

    pengen banget punya batik dengan motif begitu ^^

  11. Mungkin Pelepai ini jika di Batak namanya Ulos ya Mb Mon ? Ini kalau di lihat dari panjangnya yang biasanya sampai tiga meter. Kalau ga salah ulos juga dapat digunakan sebagai hiasan dinding dan dimiliki oleh sesepuh adat.
    Tapi yang jelas beda adalah motifnya…. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.