Jenis Amalan Yang Dilakukan Selama Ramadan

3
93
Masjid Agung Purwakarta
Ramadhan, bulan paling istimewa pada kalender Hijriah. Di bulan ini Allah SWT melipatgandakan pahala semua ibadah. Subhanallah. Sedikit demi sedikit kuberusaha meningkatkan  amalan yang mampu dilakukan di sela-sela aktivitas.
Sebenarnya takut riya membicarakan ibadah, tapi mudah-mudahan ini diterima semata-mata  sebagai upaya menyampaikan syiar. Siapa tahu ada yang memerlukan.

Amalan yang dilakukan selama bulan Ramadan

1. Membaca Al Quran

Membaca Kitab Suci  Al Quran di bulan ramadan ini dihitung per huruf lho kebaikannya. Al Quran yang kubaca saat ini adalah  peninggalan  almarhumah mama. Sengaja kuminta Al Quran yang katanya  untuk lansia ini. Ukurannya memang lebih besar dari rata-rata Al Quran lainnya.  Hurufnya lebih besar tentu saja dan antar kata itu agak renggang. Nyaman banget membacanya, karena tak ada tumpukan huruf  rapat yang membuat ragu membacanya.

2. Nonton Youtube Sambil Menghafal Juz Amma

Bulan Ramadan ini pasien yang berobat gigi tak sebanyak biasanya. Jadi sambil menunggu kedatangan pasien bisa nonton youtube di komputer. Yang kutonton adalah bacaan Juz Amma, juz ke 30.  Tujuannya untuk memperbaiki bacaan. Yang kuputar video Juz Amma yang disertai teks  ayat-ayatnya. Jadi sambil membaca  dan menyimak lantunan suara ustad Hanan Attaki  dan qori qoriah lainnya aku bisa dengar ucapan yang benar sambil berusaha memperbaiki bacaanku sekaligus menghafal.

3. Perbanyak  Sholat Sunat

Memperbanyak sholat sunat. Biasanya sholat duha dua rakaat, coba diperbanyak, mudah-mudahan bisa naik jadi 4 rakaat.
Sholat sunat Rawatib, sholat sunat sebelum dan sesudah sholat fardu juga berusaha dijalankan lengkap.  Rumusnya begini supaya gampang mengingat. 2 rokaat sholat sebelum Subuh dan Ashar, 2 rokaat sesudah magrib,  2 rokaat sebelum dan 2 rokaat sesudah sholat Dzuhur dan Isya.
Selain itu masih ada sholat sunat  seperti sholat sunat wudhu, tahajud.

4. Perbanyak bersedekah

Bersedekah  berguna untuk membersihkan harta. Allah SWT sangat menyukai orang yang bersedekah, karena amalan ini mampu membuat orang lain tersenyum bahagia. Berusaha  memberi sedekah setiap hari.

5. Perbanyak  Dzikir

Berdzikir bisa dilakukan setiap saat  bila ada kesempatan. dan kapan saja dan di

6. Bayar zakat

Zakat yang wajib dibayarkan di bulan ramadan ini adalah zakat fitrah. Selain itu bayar zakat harta berupa simpanan, uang maupun perhiasan bila telah sampai nisabnya.

7. Bekerja melayani dengan hati ikhlas

Ada tausiyah yang kudengar beberapa tahun lalu. Masyarakat yang dilayani adalah penolong kita. Mereka adalah penolong agar kita dapat pahala. Kalau tak ada mereka kita tak bisa dapat pahala apa pun. Jadi, layanilah dengan ikhlas dan senyum.

Bagaimana amalan yang dilakukan  selama bulan Ramadan ini. Bisa kasih tambahan untuk melengkapi   apa yang sudah kusebutkan ?

3 COMMENTS

  1. 7 amalan yang ingin saya kejar di Ramadhan ,,, tambah satu lagi .. itikaf di mesjid … eh satu lagi sholat lail di hari terakhir …. tapi sukanya jadi wacana saja … action-nya susah … banyak godaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.