Jajanan Saat Lebaran

10
593
Image by Steve Buissinne from Pixabay

Dari dua minggu sebelum Lebaran sudah ada beberapa orang kenalan yang menawarkan kue kering dagangannya. Akhirnya supaya sama-sama bisa berbagi rejeki pesanannya dibagi-bagi deh kepada 4 orang. Tak banyak kue pesananku. Anak-anak tak terlalu suka kue kering, hanya jenis tertentu yang mau.  Yang penting ada jajanan lebaran.

Selain kue-kue kering seperti nastar, putri salju yang disuka anak-anak, aku suka kue tradisional seperti kue biji ketapang dan kue bawang. Ini nih yang ditawarkan oleh ibu kader posyandu dari wilayah sekitar puskemas.

Jajanan Saat Lebaran

Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang ini khas dari Betawi. Karena kue ini hampir selalu ada di rumah warga Betawi, jadi salah satu kue favorit lebaran.  Kue renyah ini asyik banget buat cemilan.

Kenapa namanya biji ketapang? Mungkin karena bentuk dan warnanya mirip biji buah pohon ketapang yang banyak ditanam di piggir jalan.

Ada ceritA, si bungsuku lebih dulu lho tahu resep dan bisa buat kue biji ketapang.  Libur sekolah (waktu itu masih SD) di rumah saja dan diajak main sama anak  tetangga. Eh, saat aku pulang kerja dia  dengan bangganya pamer dong dengan satu toples kue biji ketapang. “Aku buat sendiri ma”.

Versi  si ibu tetangga  anak-anak katanya  mau main  masakan.  Lalu karena ada bahan untuk buat biji ketapang diajak saja mereka belajar masak. Ha.. ha.. ide kreatif bu. Keasyikan membuat adonan dan memotong adonan menjadi biji ketapang sangat mengesankan mereka. Yang menggoreng tetap si ibu dong, dan hasilnya dibagi buat mama.

Bahan untuk membuat kue biji ketapang adalah tepung terigu protein sedang, telur ayam, kelapa parut, gula pasir, mentega, garam dan minyak goreng.

Cara membuat kue biji ketapang katanya cukup mudah. 1 butir telur ayam dikocok, tambahkan gula pasir sambil dikocok terus. Di tempat terpisah campurkan terigu dan kelapa parut lalu campur dengan adonan telur dan gula. Diulen sampai kalis lalu dipotong kecil  Siap goreng.

Kue Bawang

Kangen kue bawang, jajanan lebaran  masa kecil di rumah opung. Tanya  sama bu kader yang saat itu bawa dagangan kue kembang goyang. Kutanya ada jual kue bawang nggak. Eh bisa dong dia buatnya.

Bahan untuk kue bawang ini sama sederhana dengan resep kue biji ketapang. Cara membuatnya pun digoreng juga.  Yaitu tepung terigu, tepung sagu, telur, bawang merah dan bawang putih dihaluskan dan irisan seledri.

Kacang Tojin

Kacang tojin ini saja yang dibuat di rumah he.. he.. Tak serepot jaman dulu kini sudah praktis ada dijual kacang kupas. Cuma tambahkan bawang putih halus dan garam saja. Lalu goreng sreng.. sreng.. Salah satu keasyikan makan kacang goreng ini kalau ketemu bawang putihnya. Maka pertama kali yang digoreng adalah  irisan bawang putih  dulu, supaya minyak masih beraroma bawang putih, barulah goreng kacang.

Praktis ya jajanan lebaran ala jaman dulu.  Satu lagi nih yang kusuka, namanya bipang. Cicip bipang jeruk nipis buatan kerabatnya kala silaturahmi ke rumah kakak ipar di Lampung. Enaknya.. gurih dan ada rasa asam manis. Sayang kakak ipar nggak mudik Lampung, nggak ada bipang deh tahun ini he.. he..

10 COMMENTS

  1. aku tau 3-3 nya :D. krn pas di medan dulu mama selalu bikin 3 kue ini. tp fav ku ttp kacang tojin ama kue bawang mbaaa :D. kacang tojin bahaya deh, bisa abis setoples kalo ga dijauhin hahahahaha..

    • kuenya sederhana banget, tapi enak he.. he..
      ada lagi kue akar kelapa, ini juga enak deh, sama2 digoreng juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.