Inilah 6 Destinasi Wisata di Bangkok yang Ramah Keluarga

18
385

Musim liburan sudah semakin dekat. Saatnya merencanakan liburan nih, karena berlibur bersama keluarga itu merupakan momen yang berharga. Mau berlibur ke mana ya? Bagaimana jika buat rencana ke luar negeri supaya  ganti suasana dan anak-anak belajar mengenal seluk beluk perjalanan ke negara lain. Apalagi ke luar negri sekarang ini tak terlalu mahal seperti dahulu. Sudah banyak cara untuk berlibur murah meriah. Misalnya dengan beli tiket jauh-jauh hari.

Salah  satu kota di negara tetangga yang direkomendasikan banyak orang  yaitu Bangkok, Thailand. Kenapa kota ini jadi pilihan? Sebagai penduduk sesama negara anggota ASEAN, kita tak perlu visa untuk masuk ke Thailand. Lebih irit bukan bila  tanpa biaya visa? Dan budayanya agak berbeda  daripada kita jadi terasa banget suasana luar negerinya.

Kalau ingin mengunjungi berbagai tempat di  Bangkok,  tentu harus cari hotel di lokasi strategis supaya irit biaya angkutan. Untungnya sudah familiar menggunakan situs online  yang  lebih cepat dalam pencarian. Pakai saja  situs online seperti Traveloka.com.

Tiket dan hotel sudah oke. Langkah berikutnya tentu menentukan  destinasi yang tepat. Kota Bangkok itu punya banyak variasi wisata. Harus cari  wisata yang ramah keluarga dong. Obyek itu harus  sesuai dengan minat kami di kebudayaan dan sejarah, serta wisata belanja dong. Dari browsing sana-sini ini  beberapa obyek yang sangat menarik minat kami.

6 objek wisata ramah keluarga terbaik di Bangkok.

1. Royal Grand Palace

 

Source : Bangkok.com

Thailand itu adalah sebuah negara kerajaan yang telah bertahan sangat lama. Tentu  sangat menyenangkan bila bisa datang ke istana kerajaan dengan arsitektur tradisional  yang sangat berbeda dengan Indonesia.  Gaya bangunan di sana khas, dengan bentuk atap dan ukiran serta ornamen lainnya yang  rumit namun cantik.  Tapi jika dilihat sepintas atapnya yang bersusun itu seperti Rumah Gadang ya.

Lebih istimewa di kompleks Royal Grand Palace terdapat kuil Wat Phra Kaew. Di  kuil ini ada patung Budha tersuci. Patung tersebut disebut dengan nama  Emerald Buddha. Tinggi patung ini kurang lebih  sekitar 66 cm. Memang jika  dilihat dari ukurannya patung ini tak terlalu besar. Yang membuatnya spektakuler  karena dibuat dari bahan batu mulia, giok hijau.  Busana patung ini berbahan emas yang diganti setiap musim.  Ada larangan berfoto di sini, jadi tak bisa membayangkan bentuknya seperti apa. Bikin penasaran kan.

2. Shiam Niramit Show Bangkok

 

Source – orientalescape.com

 

Shiam Niramit Show ini bila di tanah air bisa disamakan dengan  Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di  Bali. Kesamaan keduanya yaitu menampilkan teater kolosal.  Perbedaannya tentu ada juga.  Shiam Niramit Show mempersembahkan teater budaya khas Thailand. Pertunjukan ini dinobatkan sebagai yang terbesar di dunia.

Panggung pertunjukannya dirancang apik, megah, dan spektakuler. Penonton pun dibuat terpukau dengan atraksi-atraksi yang ditampilkan. Meskipun pertunjukan ini bergaya tradisional, tidak meninggalkan kesan eksotis dan memukau. Efek dan propertinya sangat canggih dan nyaris tak terlihat sebagai benda-benda palsu.

3. Vimanmek Teak Mansion

 

Source – anekatempatwisata.com

 

Vimanmek Teak Mansion adalah lambang kemegahan bangunan di Bangkok. Seluruh bahan gedung ini berasal dari kayu jati emas. Atapnya menyerupai rumah tradisional Thailand dengan bentuk yang tinggi dan lebar. Mulanya digunakan sebagai tempat tinggal dan pusat pemerintahan Raja Rama V.

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsinya kini berubah menjadi museum. Bagian dalamnya terdapat koleksi benda-benda antik, seperti porselen, foto, dan gelas kaca dari zaman kuno. Tidak ketinggalan, pertunjukan tari yang bisa disaksikan pada pukul 10.30 sampai 14.00 waktu setempat.

4. Jim Thompson House and Museum

Source : bangkok.com

 

Dahulu sekali pernah baca kisah  tentang Jim Thompson, seorang asing yang datang  dan lalu  jatuh cinta pada negara Thailand dan budayanya. Ia terutama berperan mengembangkan sutera Thailand. Namun suatu hari ia menghilang dan tak pernah ditemukan. Rumahnya kini menjadi museum. Ayik kan ke sini  bisa lihat kekayaan wastra Thailand.

Perpaduan budaya Thailand dan barat sangat terasa ketika berkunjung ke Jim Thompson House and Museum. Dari depan, bangunan ini memiliki desain tradisional ala Thailand. Namun, rancangan interiornya mencerminkan budaya barat. Sebagai contoh, kamar mandi dalam rumah adat Thailand harus berada di bangunan terpisah. Sementara di Jim Thompson House, kamar mandinya ada di dalam rumah.

Sisi menarik lainnya, yaitu benda-benda milik Jim Thompshon. Ada pula furnitur kuno yang masih tertata rapi di dalam ruangan, seperti meja makan, kursi, lemari, keramik, perlengkapan dapur, dan masih banyak lagi. Namun, pengunjung dilarang menyentuh perabotan tersebut.

5. Wat Arun

 

Source : into-asia

 

Wat Arun merupakan candi Budha yang terletak di tepi Sungai Chao Phraya. Pengunjung mesti menyeberangi sungai tersebut jika ingin mengunjungi Wat Arun. Panjang sungai sekitar 372 km dengan air yang jernih dan bersih.  Jika selama ini  tak bosan di Floating Market naik perahu kecil, nah  di pinggiran sungai ini banyak  perahu cukup besar   untuk menuju Wat Arun.

Tinggi kuil Wat Arun sekitar 70 meter sehingga tampak menjulang dari kejauhan. Ketika senja tiba, Wat Arun menjadi pemandangan eksotis yang membuat lidah berdecak kagum. Itulah sebabnya, candi ini memperoleh gelar Temple of Dawn. Menariknya, dinding candi Wat Arun dipoles aneka warna dengan detail yang sempurna.

6. Siam Ancient City

Source : bangkokmania

 

Walau belum sempat menuntaskan salah satu my dreamy vacation: heritage trail at Sawahlunto bagaimana kalau coba  melakukannya di  kota tua di Bangkok? Siam Ancient City menampilkan taman wisata yang menyerupai kondisi Bangkok secara geografis. Tempat ini memiliki replika bangunan tradisional Thailand, seperti candi, rumah adat, patung Budha, Grand Palace, dan Wat Arun. Ada pula restoran,  danau, dan jembatan cantik yang bisa dijadikan tempat berfoto.

Di Siam Ancient City tersedia mobil golf untuk mengelilingi kawasan dengan luas 250 hektar ini. Selain itu, Anda boleh menyewa perahu sebagai transportasi menjelajahi area Siam Ancient City. Jika sempat, mampirlah sejenak di pasar terapung dan Tiger King’s Palace. Di tempat ini, banyak suvenir dan kuliner khas Thailand, pas kan bisa sekalian wisata belanja.

Tentu saja menyusuri Thailand tidak cukup hanya sehari. Kurasa aku akan berlama-lama di setiap tempat itu he.. he.. , makanya harus cari hotel di Bangkok untuk tempat bermalam. Supaya yakin tak akan  kehabisan kamar, sebaiknya pesan saja melalui Traveloka. Dijamin harganya jujur. Ada promo menarik pula, salah satunya Terpesona Asia. Melalui promo ini, perjalanan wisata menjadi lebih menyenangkan. Hadeeeh … jadi tak sabar, ingin langsung berangkat.

18 COMMENTS

  1. Hayuuk mbak…segera diberangkatkan graak…
    Penasaran dengan destinasi 3, 4 dan 6 mansion, museum dan ancient city….

  2. Thailand itu uda masuk wishlist aku travelling kesana doakan y mba smg Alloh menghendaki aku kesana aamiin
    klo nti kesampean aku mau kesini yg mb sebutin hahaha

  3. Ga prnh bosen ke bangkok walo berkali2 🙂 .. Dari semua tempat yg ditulis di atas, fav ku wat arun 🙂 .. Apalagi kalo menjelang malam, lampu2nya bgs bgt, berubah2 warnanya… Juga jgn lupain kulinernya mba. Sumpah, kyknya g ada yg g enak 😀

    • waw.. kulinernya mantap banget ya, makasih Fanny
      kl giti ke Wat Arun bagusnya sore aja ya sampai malam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.