Ikon Kuliner Indonesia

57
115

Ternyata ya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah meresmikan keputusan ( 14 Desember 2012 ) yang menyangkut kekayaan kuliner indonesia. Dari Femina no 02/XLI kubaca  sudah diputuskan ada 30 jenis masakan dari berbagai tempat yang akan dijadikan ikon kuliner Indonesia.

Keputusan ini dibuat oleh para ahli di bidang kuliner, akademisi dan penulis, antara lain William Wongso, Bondan Winarno.. Ide dicetuskan oleh bu mentri Mari Elka Pangestu untuk mendorong perekonomian kreatif dan agar makanan kita lebih dikenal luas.

Siapa sih yang tak bangga kalau kekayaan kita dikenal orang banyak di seluruh dunia ? Sewaktu rendang dipilih sebagai makanan terlezat beberapa waktu lalu saja kita antusias sekali bukan? Apalagi kalau lebih banyak lagi yang dikenal. Katanya karena banyaknya variasi masakan dari seluruh daerah membuat agak susah maju ke depan untuk bersaing dengan masakan dari negara lain. Makanya dipilih dulu 30 makanan ini, dicari resep aslinya agar ada standardnya dan disajikan dalam berbagi acara internasional.

Tahap awal memang baru beberapa jenis masakan saja, terbanyak memang masih masakan dari pulau Jawa dan Sumatera, tetapi nanti perlahan-lahan akan ditambah lagi. Jadi jangan berkecil hati ya teman, masakan Tapanuli juga nggak ada kok.

Salah satu ikon itu  adalah Asinan Jakarta (seperti foto di atas, asinan Jakarta yang tersaji  sewaktu kopdar dengan Una dan Niee di Sarinah).Ini dia 30 jenis makanan yang terpilih.

  1. Ayam Panggang Bumbu Rujak Jogjakarta
  2. Gado-gado Jakarta
  3. Nasi Goreng Kampung
  4. Serabi Bandung
  5. Sarikayo Minangkabau
  6. Es Dawet Ayu Banjarnegara
  7. Urap Sayuran Jogjakarta
  8. Sayur Nangka Kapau
  9. Lunpia Semarang
  10. Nagasari Jogjakarta
  11. Kue Lumpur Jakarta
  12. Soto Ayam Lamongan
  13. Rawon Surabaya
  14. Asinan Jakarta
  15. Sate Ayam Madura
  16. Sate Maranggi Purwakarta
  17. Klappertaart Manado
  18. Tahu Telur Surabaya
  19. Sate Lilit Bali
  20. Rendang Padang
  21. Nasi Tumpeng
  22. Orak Arik Buncis Solo
  23. Pindang Patin Palembang
  24. Asam Padeh Tongkol Padang
  25. Nasi Liwet Solo
  26. Es Bir Pletok Jakarta
  27. Kolak Pisang Ubi Bandung
  28. Ayam Goreng Lengkuas Bandung
  29. Laksa Bogor
  30. Kunyit Asam Solo

Kalau menurut teman selain daftar di atas,  masakan apa yang sekiranya cocok dijadikan ikon ? Aku suka garang asem seperti  di Warung Tekko., juga sup ikan kuah asam dari Manadao,  rasanya yang agak pedas asam segar  bisa menyaingi sup Tom Yam dari Thailand.

 

 

57 COMMENTS

  1. ikon masakan dr ranah minang ada beberapa ya kak..
    aku sih kayaknya suka semua.. jadi setuju yg manapun boleh jadi ikon.

    #tapi asinan itu berhasil bikin aku ngacai.. klo aku ke jkt traktir asinan ya kak.

  2. Semoga ke-30 ikon kuliner ini mengawali masuknya jenis2 masakan/resep asli Indonesia lainnya ke kancah internasional ya mbak…Eh, aku juga suka garang asem mbak… sedep.. 🙂

    • katanya pemilihan ikon ini salah satunya dilihat gampangnya cari bahan…, apa kembang turinya susah dicari ya…/
      dekat rumahku ada lho restoran pecel kembang turi …enaak.., dan anak2 juga doyan banget

    • wuiiih…, bisa pusing timnya …, ratusan jenis masakan enak yg kita punya,
      sebut saja soto dan sate…, hampir tiap daerah punya

  3. wah bun, hampir semua masakan yang ada di daftar merupakan makanan favorit saya~ 😀
    senang deh, semoga main banyak lagi kuliner indonesia yang terkenal di internasional~ 🙂

  4. pecel, karedok, lotek .. kok gak ada ya, saladnya indonesia tuh ..

    dari 30 makanan itu, saya suka semua kayaknya .. 😀

  5. Alhamdulillah, makin bangga jadi orang Indonesia..

    tapi, kayaknya dari 30 kuliner diatas saya cuma 10% aja yang pernah ngicipin Tante.. Sate Madura, Soto Lamongan dan Rawon Suroboyo.. Bisa gak nih Jember dipaketin yang 27 kuliner lagi hihi

    • nagasari asalnya nggak tau Zi, tapi aku pertama makan kue itu di Sorong lho, yg buatin tante Zeth, istrinya oom supir yg asal Maluku, asosiasiku asalnya dari sana seperti juga rhumtart

  6. Soto banjar gk masuk ya bu 😀 etapi sejujurnya aku malah lebih suka masakan daerah lain drpd soto banjar sendiri hihihi yg penting msh sama2 masakan nusantara ya

  7. Ayam panggang bumbu rujak itu lho…. maknyusss tenan.

    Ohya, Bu, hadiah buku telah saya kirim tadi pagi via Pos Indonesia. Bila sudah sampe, mohon kabar2 ya… agar tak khawatir hati ini. Makasih…

  8. Wow, ternyata dari bandung ada beberapa yah mba..

    Surabi emang kesukaan abah dan anak anak..
    Tapi ayam lengkuas itu sepertinya aku belum pernah makan kali yah?

    Biasa bikin pake bumbu racik yang tinggal dicemplung aja mba…hihihi…

    • ha..ha.., sama dong Ri.., bumbu racik buatan si uni dekat rumah itu enaak .., ayam lengkuas sih rada mirip, cuma bumbunya ditambahin parutan lengkuas doang, digoreng jadi berserat2 gitu deh..,
      surabi Bandung…, mauu…, kl kopdar di tempat surabi yuuuk

    • karedok leunca belum pernah nyicip kang, paling 2 isi karefoknya itu kacang panjang, ngkol
      leunca taunya dibuat ulukuteuk doang…, jadi pengen..

  9. Rujak soto Mbak, sapa tahu bisa jadi ikon nasional…terkenal lho? DI banyuwangi sih…hehehhe

    #saya juga suka garang asem lho? *gakadayangnanyak

  10. Mbak Monda, maaf nih saya datang hampir tengah malam…
    Karena saya penggemar nasi goreng kampung, saya pasti mendukung makanan jenis ini buat dijadikan ikon. Selain berbahan dasar beras yang tak dimiliki oleh semua negara di bunia, nasi goreng ini juga tampilannya pasti menggoda…kalo risotto mah kayaknya lewat deh, mbak 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here