Hai Calon Ibu, Periksa Gigi Dulu Sebelum Hamil

49
2123

dentist-1468619_640

Hai calon ibu, mungkin  Anda sedang merencanakan untuk hamil?  Anda  siap menjadi orangtua?  Periksa gigi dulu ya. Oh ya tulisan ini terinspirasi dari seorang calon pengantin wanita yang datang padaku untuk konsultasi kesehatan gigi dan mulut.

Kehamilan adalah suatu proses  yang bisa mengakibatkan  perubahan-perubahan pada tubuh wanita, baik fisik maupun psikis. Memang menjadi calon ibu itu butuh banyak persiapan. Tak hanya siap finansial.  Kesehatan jiwa dan raga juga harus mumpuni.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan supaya  kehamilan Anda kelak  sehat dan melahirkan bayi yang sehat pula. Kunjungi dokter spesialis kandungan,  ke dokter umum atau bidan dan juga dokter gigi.   Dokter akan memantau riwayat kesehatan pribadi dan keluarga, kondisi kesehatan  saat ini, dan semua obat atau suplemen yang Anda konsumsi. Tentu pemeriksaan ini diperlukan karena ada jenis obat-obat tertentu dan suplemen yang tidak aman bagi kehamilan. Yang akan ditanyakan oleh dokter antara lain tentang pola makan, berat badan, olahraga, dan kebiasaan buruk yang mungkin ada (seperti merokok, minum alkohol, dan mengkonsumsi obat-obatan). Mungkin dokter akan kasih saran untuk  minum vitamin, imunisasi, atau pun pemeriksaan laboratorium

Kesehatan gigi dan mulut Anda penting dan punya dampak untuk kesehatan janin. Periksakan  gigi  ke dokter gigi saat sebelum hamil dan saat kehamilan. Calon ibu bisa tetap nyaman saat mengandung si kecil tanpa rasa khawatir sakit gigi. Tindakan pencegahan tentu saja  lebih baik dibanding penyembuhan. Menjaga kesehatan gigi sebelum dan saat hamil menandakan bahwa ibu sangat menyayangi anaknya bahkan sejak sebelum dikandung dan dilahirkan.

 

pregnant

 

Pemeriksaan Gigi Untuk Ibu Hamil

Mengapa kesehatan gigi dan mulut penting bagi ibu hamil ?

  1.  Gangguan pada mulut dan gigi calon ibu tentu akan membuatnya merasa tak enak makan.  Gigi yang berlubang  mengganggu proses pengunyahan.  Akibatnya gizi janin mungkin  kurang dan bayi mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan.
  2. Perubahan hormonal saat hamil menyebabkan  lebih peka  terhadap penyakit gusi.  Sering muntah dan kelebihan air liur jadi bikin pengen meludah terus. Kalau ibu malas kumur dan menggosok gigi  maka kuman dan bakteri penyakit mudah tumbuh, bau mulut (halitosis) dan jamur atau sariawan pada rongga mulut.
  3. Resiko pembengkakan dan perdarahan gusi meningkat.  Ini karena naiknya kadar hormon progesteron dan estrogen. Gusi bereaksi terhadap bakteri dalam plak, akibatnya gusi lebih mudah bengkak, merah dan berdarah.
  4. Sering sakit gigi membuat  ibu kurang istirahat.  Gigi yang berlubang akan semakin parah, karena kalsium gigi akan diambil janin untuk proses pertumbuhannya.
  5. Ibu hamil dengan keadaan gigi yang rusak cukup parah akan merangsang keluarnya hormon prostaglandin. Hormon bersifat merangsang timbulnya kontraksi pada rahim. Bila terus menerus rahim berkontraksi maka kelahiran prematur bahkan keguguran dapat terjadi.
  6. Infeksi pada gigi ibu hamil dapat menginfeksi janin dalam kandungan.

 

Tips Merawat Gigi Pada Ibu Hamil :

Di  masa kehamilan  hormon-hormon banyak yang meningkat. Keluhan yang paling sering muncul yaitu  gusi bengkak dan mudah berdarah,  dan lubang gigi. Pembesaran gusi ini disebut gingivitis gravidarum / pregnancy gravidarum / hyperplasia gravidarum . Tak semua ibu mengalami kelainan gusi ini.  Pada usia kehamilan 9 bulan besarnya gusi akan mulai berkurang dan akan kembali normal setelah melahirkan.

Agar tidak terjadi gingivitis  setiap ibu hamil harus memperhatikan kebersihan mulut di rumah atau pemeriksaan secara berkala oleh dokter gigi sehingga semua iritasi lokal selama kehamilan dapat terdeteksi lebih dini dan dapat dihilangkan secepat mungkin.

Sebaiknya perawatan pencegahan / preventif  seperti pembersihan karang gigi tetap rutin dilakukan. Hindari sebisa mungkin pemberian antibiotik, pemberian obat bius gigi dan pengambilan foto rontgen gigi di saat kehamilan, kecuali keadaan benar-benar darurat.

Ibu hamil biasanya  frekuensi makannya berubah, sering mual dan muntah, maka perlu ekstra  membersihkan gigi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Sering makan berakibat  makin banyak  sisa makanan yang  tertinggal di sela-sela gigi. Sedangkan mual dan muntah membuat mulut terasa asam akibatnya  gigi lebih gampang erosi atau terkikis. Sangat dianjurkan agar ibu rajin sikat gigi, kumur-kumur dan memakai benang gigi ( dental floss).

bedtime-1326226_1280

Secara singkat yuk disimpulkan :

  1. Gunakan sikat gigi yang lembut dan ukuran yang sesuai.
  2. Sikat gigi  teratur dua kali sehari dan malam sebelum tidur.  Pilih pasta gigi  yang tidak merangsang terjadinya alergi, terutama untuk gusi yang sensitif
  3. Sikat gigi  dengan arah yang benar. Gerakan sikat dimulai dari arah gusi ke ujung gigi. Berarti untuk gigi geligi di rahang atas dimulai dari atas ke bawah. Sedangkan untuk di rahang bawah dari bawah ke atas.
  4. Jika sering muntah   atau sering meludah  jangan lupa untuk selalu kumur-kumur.
  5. Konsultasi kepada dokter sebelum memakai  obat kumur untuk mengatasi bakteri penyebab bau mulut atau untuk menghilangkan rasa asam di mulut.
  6. Bila punya gigi palsu lakukan perawatannya  secara  teratur. Gigi palsu lepasan harus  dijaga kebersihannya, sikat dan direndam dalam air atau cairan obat kumur. Gunanya agar tidak ada jamur atau bakteri yang menempel.
  7. Konsumsi buah buahan berserat yang banyak mengandung vitamin.  Penuhi kebutuhan kalsium sesuai dengan anjuran dokter atau bidan, terutama dari sumber zat makanan alami.
  8. Hindari makan makanan terlalu panas, dingin dan asam,  dan menggigit makanan yang terlalu keras.
  9. Hindari kebiasaan memakai tusuk gigi atau mencongkel  lubang pada gigi.
  10. Bersihkan plak atau karang gigi .
  11. Hindari kebiasaan merokok, karena racun nikotin merusak lapisan gigi.

Gampang bukan cara merawat kesehatan mulut dan gigi untuk ibu hamil? Jangan takut pada biaya ya bu, di Puskesmas pun bisa melakukan pemeriksaan gigi untuk ibu hamil.

49 COMMENTS

  1. Postingan bagus banget mbak. Saya tahu mbak jarang banget mengupas artikel gigi, dan ini sungguh bagian mempersiapkan generasi penerus secara sehat. Terima kasih mbak, berbagi ilmu ini. Salam

    • iya mbak, dulu sih merasa udah banyak yang nulis tentang kesehatan gigi, tapi karena banyak teman yang heran nggak pernah nulis tentang kerjaannya ya tulis juga sesekali deh

  2. Aku dong, sebelum hamil dulu periksa gigi, agar jangan sampai kuman di gigi menyebabkan gangguan terutama saat hamil. Tfs kak monda

  3. Aku pernah mbak yang kehamilan kedua..gigiku sakit banget pas hamil. Bberpa minggu kemudian janinku divonis nggak berkembang. Mungkin ada hubungannya, setelah proses kuret, aku langsung beresin tu gigi mbak..cabut karena berlubang.

  4. ini beneran baru tahu loh klo sakit gigi bisa berbahaya bagi ibu hamil. meskipun butuh waktu sih untuk ngerti istilah2 kedokteran ha ha ha….

    • nah bisa minta tolong kasih tau kakak adik tetangga ya supaya bisa bersih2 gigi dul sebelum hamil

  5. Aku baru tau kalau rontgen gigi bisa ngaruh ke janin. Noted ah. By the way kalau yang kondisi giginya udah ga lengkap alias ada yang uda yang tanggal atau banyak tambalan itu ngaruh ga ke pengambilan kalsium oleh janin?

    • asalkan kalsium dari makanan mencukupi kebutuhan janin kalsium gigi nggak akan diserap teh..
      banyak makan ikan dan sea food lainnya akan sangat membantu kebutuhan kalsium janin
      makanya dokter kandungan suka kasih resep kalsium juga

  6. Tiba-tiba teringat sudah dua tahun ini nggak ke dokter gigi untuk periksa gigi atau membersihkan karang gigi. Padahal dulu di Jogja tiap tahun rutin. Masukin daftar to do ah. Kayaknya di puskesmas dekat rumah ada.

  7. Ini ya, dulu pas hamil aku blm sempet periksa gigi… huhuhu padahal penting banget, alhamdulillah ngga terjadi apa2 pada gigi selama 9 bulan hamil 🙂

    • semangat Nit, diberesin dari sekarang ya…
      mana tau ada gigi yang perlu perawatan jangka panjang

  8. Bakalan nggak enak banget sakit gigi..apalagi pas hamil yaa mba. Aku kebayang dari cerita temen mba. Kasian pas lagi hamil gigi sakit dan nggak bisa gimana2, dia berlubang dan udah parah. Nggak boleh cabut gigi kan yaa lagi hamil

  9. Wah bun. Jadi inget belum ke drg udah berapa lama ya? Terakhir habis lebaran pas mau ke hongkong. Soalnya aku suka parno kalau jalan jauh takut sakit gigi ????

  10. Berarti dari sekarang emang sudah harus rajin ngecek gigi yach Kak. Maagku kalau kambuh gitu berasa bangat mulutnya rada aneh atau nga enakan.

  11. Mbak Mondaaaa, tulisannya bagus dan berguna banget. Walaupun aku belum mau pakai, karena belum hamil lagi. Aku baru pernah mengalami sakit gigi huebaaaat di melbourne ini mbak gara2 tambalan geraham infeksi (kutambal sebelum pindah melb). Padahal selama ini aku rajin sikat gigi pagi dan sebelum tidur, tapi ternyata aku “lupa” mbersihin yang di selipan gigi. Jadi sekarang rajin pake dental floss hehehee

  12. aku juga dibilang gini ama obgynku pas hamil. kesehatan gigi ptg dan hrs rutin di periksa jg selama kehamilan. untungnya gigiku baik2 aja pas hamil kmrn. walopun selama hamil, ntr napa ga bisa gosok gigi terlalu lama. mual gitu… tp selepas melahirkan normal lg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.