Gaya Rambut Anti Rontok Untuk Hijaber

0
197
Image by mohamed Hassan from Pixabay
Rambut yang sehat, indah dan rapi jadi impian semua orang. Rela deh ke salon keluar banyak uang demi merawatnya. Tapi, walau demikian masih suka nggak puas  dengan gaya rambut. Nah itu persoalan di  masa remajaku. Perempuan  yang punya rambut keriting dan tebal mungkin punya masalah yang sama. Punya rambut agak panjang sedikit malah jadi kribo jigrak, apalagi tertiup angin, jadi kusut masai deh. Kini gaya rambut tak terlalu masalah yang penting anti rontok.
Gaya rambut sama seperti  busana, ada trend. Dulu sih sempat trend gaya rambut mengikuti public figure yang sedang top. Sebut saja rambut Demi Moore yang super pendek,  model Lady Di yang pendek tapi terlihat tebal, atau model Farah Fawcett yang panjang riap-riap, pasti mbak salonnya paham.
Tapi sampai sekarang aku cuma kenal dua model, jongen dan ekor kuda. Waktu kecil mamaku selalu meminta pada ibu salon “potong yongen aja”. Ini model rambut mirip anak laki-laki, lebih panjang sedikit daripada model Demi Moore. Potong rambut hanya setahun sekali atau dua kali.  Mahal sih untuk jaman itu. Akhirnya kalau rambut sudah panjang paling aman ya diikat ekor kuda saja.
Lalu gaya rambut anti rontok?
Trupark Museum Cirebon

Masalah kerontokan rambut sering menimpa perempuan akibat pertambahan umur. Setiap kali menyisir, kok rasanya banyak rambut yang rontok.  Proses kerontokan ini sebetulnya alamiah, asalkan jumlah helai yang gugur tersebut tidak melebihi batas. Tapi, tetap ada rasa khawatir, takut botak.

Tips agar rambut tak mudah rontok atau  semakin parah :

  • Panjang rambut tak melebihi bahu

Panjang rambut yang paling pas untukku adalah sedikit di atas bahu. Masih bisa dikuncir jadi cepol, karena gaya ini punya efek memaniskan jatuhnya kerudung. Dengan cepol alami ini berarti tak ada pembohongan publik he.. he.. Iya kalau rambutnya pendek kan jatuhnya  kerudung di bagian belakang itu agak lebih rata. Ada sih  ciput berkonde, tapi kan nggak boleh karena itu palsu.

Bila lebih panjang dari bahu  rambut  jadi mudah rontok.  Sedangkan jika lebih pendek helai rambut akan menembus serat kerudung, terasa ada yang tajam, sungguh nggak nyaman.

  • Ikat rambut longgar

Ikat rambut pilih yang longgar saja. Bila ikat  rambut terlalu kuat, rambut jadi rontok karena tertarik.  Jangan terus menerus menguncir rambut, biarkan rambut tergerai bila di dalam rumah.

  • Makan makanan bergizi

Perempuan suka diet kan, tapi jangan diet ketat. Bila kekurangan nutrisi akibat diet berlebihan, rambut pun bisa rontok

  • Hindari Pengering Rambut

Setelah keramas biarkan rambut kering sendiri, dengan tiupan angin. Memakai hair dryer, catokan sesekali saja. Pengeringan rambut  dengan panas berlebihan membuat rambut kering dan akar rambut patah.

  • Keramas Dengan Shampoo Sesuai Jenis Rambut dan Pakai Air Dingin

Keramas rambut dengan sahmpoo yang sesuai jenis rambut memakai  air dingin.  Boleh sesekali pakai air hangat. Jika terus menerus cuci rambut dengan air panas akan menghilangkan  minyak alami rambut,  rambut jadi rapuh dan akhirnya rontok. Boleh juga dibantu dengan creambath sendiri di rumah.

  • Aktifitas Tinggi dan Polusi

Sepanjang hari beraktifitas  di luar rumah, bisa terkena polusi asap kendaraan, kena panas matahari terik yang dapat merubah kondisi.  Rambut pun mudah bau, kotor dan rapuh. Segera keramas agar debu dan kotoran hilang. Pakai conditioner agar kelembaban rambut tetap terjaga.

Yah, mudah-mudahn dengan cara yang kuterapkan selama ini bisa bertahan dengan gaya rambut anti rontok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.