Food Photo Story #1

24
86

Setelah baca postingnya Orin, dan kemarin juga sudah menimbang-nimbang ikut photo tales seperti sering dilakukan Zilko akhirnya ide impulsif ini memaksa untuk segera eksekusi. Nggak apa kan terinspirasi dari cerita teman sendiri, terima kasih ya Orin dan Zilko.

Sebagai penggemar wisata kuliner, dan suka coba aneka makanan jenis baru dan unik, banyak foto makanan yang sayang hanya disimpan. Kalau ada jenis makanan baru yang unik baik nama atau penampilannya, itu yang kupilih, walau pilihan itu tak selalu cocok dengan selera, tak apa-apa, pelampiasannya colek pesanan anak-anak he..he… Foto-foto itu mau dipakai buat review resto kok sepertinya sok-sokan banget padahal baru coba satu jenis makanan, berani mati itu namanya. Foto-foto itu kuambil tak hanya di resto keren tapi juga di warung sederhana.

1. Paella


Paella ini dicicip di sebuah resto saat acara kumpul keluarga bulan Maret lalu. Dari  media aku hanya tahu Paella berasal dari Valencia, Spanyol. Paella ini jenis one-dish meal, atau makanan sepinggan. One-dish meal itu artinya makanan dengan semua unsur yaitu karbohidrat, protein dan serat dicampur dalam satu wadah, contohnya seperti soto.

Nasi kuning a la Spanyol ini dilengkapi dengan seafood, ayam dan sedikit sayuran. Katanya semua jenis Paella ini memakai olive oil dan saffron sebagai pewarna kuningnya. Karena baru pertama kali coba Paella aku tak tahu rasa aslinya seperti apa, hanya Paella dari resto ini (nggak usah sebut nama deh) terasa hambar, tak selegit nasi kuning kita dan nasinya agak lembek.

2. Mi Sop Medan

Mi Sop MedanBiar kata orang Batak tapi baru tahu jenis makanan yang ini, diceritakan oleh teman-teman. Aku coba Mi Sop Medan  di jam makan siang, warung sederhananya dekat banget dari kantorku. Dalam semangkuk Mi Sop itu ada bihun, mi kuning ayam suwir dan kerupuk. Yang istimewa itu kuahnya terasa sekali rempahnya bikin hangat perut. Tentu saja hangat karena ingredient kuah kaldu  ada pekak (bunga lawang), kayu manis, cengkeh dan kapulaga  selain bumbu dasar lainnya. Aduuh maknyus deh, sekali coba langsung tertawan.

Resep Mi Sop Medan kudapat setelah googling, dan ketemu resep dari femina online, sengaja langsung taruh di sini biar gampang kalau mau jajal resepnya.

Bahan :

5 sdm minyak untuk menumis                                                                         2 L air untuk merebus, 1 buah pekak

2 cm kayu manis

4 butir cengkih

2 butir kapulaga

½ ekor (500 g) ayam

2 batang seledri, iris

2 batang bawang daun

Minyak untuk menggoreng

2 buah tomat hijau, potong-potong

150 g mi kuning atau lo mie, seduh dengan air panas

150 g bihun, seduh air mendidih, tiriskan

100 g bengkuang, potong memanjang 2 cm

Bumbu, haluskan: 15 siung bawang putih, 50 g bawang merah,  4 cm jahe, 2 butir kemiri,1 sdt garam, 1 sdt merica putih

Cara Membuat:

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, angkat, sisihkan.

Kaldu: Rebus pekak, kayu manis, cengkih, dan kapulaga hingga mendidih, kecilkan api. Masukkan ayam, bumbu tumis, bengkuang, dan tomat. Masak hingga ayam matang, keluarkan ayam dari kaldu. Masukkan seledri dan bawang daun, masak hingga mendidih, matikan api.

Goreng ayam dalam minyak panas hingga garing, angkat. Suwir- suwir, sisihkan.

Penyajian: Susun mi kuning, bihun, dan ayam suwir dalam mangkuk saji, tuang kaldu. Sajikan hangat.(f)

3. Rujak Es Krim

Rujak Es Krim

Penasaran dengan yang namanya rujak es krim, akhirnya bisa dicicip di food court salah satu mal. Rujak es krim itu rujak serut ditambahkan 3 scoop es krim, unik dan makin segar antara rasa pedas asam bumbu rujak dipadu dengan manisnya es krim.

Taqobballahu minna wa minkum  wa syiamana wa syiamakum taqobbal yaa Kariim  semoga amal ibadah dan puasa selama bulan  Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT. Selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir batin.

24 COMMENTS

  1. Waaaah, jadi pengen paella nih!!!

    Btw, unik ya konsepnya, rujak es krim, hehe. Kalau nggak salah, duluu (banget) pernah nyobain. Tapi sudah lupa rasanya kayak gimana, hehehe 🙂

  2. Selamat Idul fitri kak Monda, mohon maaf ya klo ada salah2 kata saat blogwalking 😉 .Ngiler deh lihat Mi Sop Medan 😀 . Rujak Es Krim rasanya spt nano nano ya kak, ada asem, manis, asin.

  3. selamat hari raya idul fitri mbak, mohon maaf lahir batin.

    penasaran sama Mi-nya, di deket sini setahuku belum ada. padahal sering masuk liputan di tivi tuh mi..

  4. Mohon maaf lahir batin ya Mbak Monda.
    Selamat kumpul keluarga besar di Lampung.
    Rujak eskrim untuk cuaca saat ini cuocok seger di hari gerah.
    Salam

  5. Nasi kuning ala valencia itu kalo yang asli menarik. Rasanya saya gak tau, belum pernah nyoba.

    Selamat hari raya idul fitri 1436 H, maaf lahir batin.

  6. Mi Sop Medan itu menggiurkan sekali, Kak..
    Kalau rujak es krim, aku suka sekali, apalagi pas musim panas kayak begini. Di Jogja banyak yang menjualnya. Yang paling aku suka belinya di kawasan Pura Pakualaman. Sambil menikmati rujak es krim, bisa menatap indah ke istana tersebut.. 🙂

    • Boleh juga nih ide food photo story. Kalau lagi mentok gak ada ide postingan, ini bisa dijadikan alternatif.. Stok foto makanan yang banyak ah, haha.. 😀

      Selamat Idul Fitri ya Kak..
      Maafkan atas semua salah dan khilaf..

      • selamat hari raya juga Da, mohon maaf lahir batin, ayool da buat juga biar ada panduan kuliner Jogja dan Curup

  7. Astagaaaaa
    Lamanyaaa gw ngga mampir kemari!!! Maafkan yaaaa
    Selamat lebaran!!

    Btw, pernah nyoba masakan spanyol yang palela itu, nasi cumi item, ngga gitu suka. Masih juara soto medan kayaknya :))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here