Es Goyobod, Es Campur Khas Garut

49
371
Es Goyobod Garut

Hari panas memang  paling asyik minum es yang dingin,  tenggorokan rasanya jadi lega,  adem.  Di Garut ada es campur unik, namanya Es Goyobod. Es Goyobod ini  salah satu kuliner khas Garut. Nama goyobod ini terdengar asing di telingaku.  Kalau sudah begini biasanya naluri blogger yang suka ingin tahu he..he.. langsung keluar, dan harus cari informasi. Untungnya sang penjual ramah banget dan mau cerita.

Dari ngobrol dengan si ibu  penjual Es Goyobod di sentra industri kulit di wilayah Sukaregang, Garut  didapat sedikit cerita tentang pembuatan es ini. Goyobod itu salah satu unsur es campur.  Goyobod terbuat dari tepung sagu aren yang   dicampur santan sampai mengental. Teksturnya jadi mirip jelly.  Rasanya kenyal tetapi lembut, hampir mirip dengan tekstur cincau. Ada juga sebagian orang yang buat modifikasi, goyobod dibuat dari tepung hunkwee. Di mangkuk saji di bawah ini, goyobod itu yang berwarna abu-abu.

es goyobod

 

Urutan penyajian Es Goyobod itu  seperti ini  sirop dituang dalam gelas saji  isikan dengan potongan goyobod, pacar cina, alpukat dan kelapa muda. Lalu tuangi santan, beri roti tawar dan es serut, jika suka bisa ditambahkan susu kental manis. Es Goyobod siap disajikan. Cukup gampang kan resepnya, coba buat sendiri yuuk.

49 COMMENTS

  1. di kampung saya, tepung sagu biasanya dibuat dawet dengan menggunakan gula aren, kombinasi yang seger meskipun nggak makai es. Mungkin karena topografi pegunungan yang dingin.

    Es goyobot, belum pernah mencoba, cuman kalo dilihat dari tampilannya mirip dengan es Oyen yang di tempatku sekarang banyak penjuaalnya, hanya saja nggak make tepung sagu

  2. Wah..dr dulu penasaran sama es Goyobod yang asli Mak..hihi..begini ya ternyata..soalnya bener..resep yang beredar macam2 modifikasinya..mksh ya Mak..infonya..:)

    • iya, aku sih lebih suka yg citarasa tradisional, apalagi es ini siropnya juga kayaknya make yg buatan sendiri , rasanya lebih natural aja gitu

  3. Blogwalking pada lihat makanan tanah air begini bikin pengen 😀 .
    Kak Monda, kenapa namanya goyobod ya?. ada bedanyakah dengan es campur pada umumnya?.

  4. Rasanya sudah post comment koq ilang…
    Segernya menikmati es berbahan dasar lokal tepung sagu aren dengan nama khas goyobod… Kemarin menikmati ongol2 dengan bahan dasar yang sama. Salam

  5. owh kirain es Goodyear tante hahaha.. #malah kayak merk ban

    Kalau disini mungkin ini es campur amatir nih.. Yang murah meriah, tapi sekali glek langsung sueger…

  6. Jadi kangen Garut, mbak Monda…dan es goyobod paling enak di kota Garut itu yang ada di deket alun-alun…aha, saya malah baru tau kalo di sukaregang juga ada dijual es goyobod ini, enak pastinya, karena penampakannya aja udah begitu menggoda…

    • kalau ke Garut lagi musti cari deh alun2nya…, nggak tau di sebelah mana mbak..
      yg di Sukaregang ini jualannya di kaki lima aja mbak, depan ruko, tapi cukup enak lho

    • he..he.., boleh2 aja kok Idah..tapi namanya jadi lain dong ya
      btw, bunda pengen nyobain dawet Banjarnegara langsung di daerah asalnya lho, pasti beda sensasinya

  7. Kak Mon, ganti yaaaaaa rumahnya 🙂 aku baru sadar atau udah lama yaaa. soalnya pas ngisi komen, harus isi data2 gitu skr

    • iya, emang ada dua Non.., yg ini umurnya udah setahun.., sorry ini aku pakai moderasi untuk kunjungan pertama

  8. ada pemanis buatannya ndak, pas segere koyo es dawet sing ono abang-abange kae, bulet bulet opo jenenge ( bulat bulat merah apa namanya?) kayaknya pas banget nih untuk hari hari di cuaca panas

  9. aku baru tw klo ada es goyobot khas garut, dikirain tuh cuma es sinar garut aja yang khas garut, wajib dicoba klo gt….cuzzzz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here