Doa dan Harapan Setelah Ramadhan Usai

0
145
Ramadhan hampir berakhir. Padahal rasanya kok seperti  baru kemarin bangun sahur pertama kali, mengapa begitu cepat sudah hari ke 29. Rasanya masih jauh dari maksimal ibadah sunnah yang dilakukan, masih sedikit pertambahan ilmu agama. Maka, ini harapan dan doaku setelah Ramadhan usai untuk hari-hari  yang akan datang yang sebetulnya adalah doa yang dimohonkan setiap selesai sholat.
  • Dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan. Harapanku mudah-mudahan apa yang telah  dijalankan selama Ramadhan tetap bisa dipertahankan bahkan menjadi lebih baik lagi. Ingin bisa khatam Al Quran, sholat duha setiap hari, sholat tarawih tak putus, tiap hari sedekah, sholat tahajud, menghafal ayat-ayat Al Quran.
  • Menjadi Orang yang Lebih baik.  Setelah Ramadhan ingin terus memperbaiki diri sebagai seorang istri, ibu, karyawan, tetangga. Ingin terus jadi orang lebih baik yang bisa diandalkan dan mampu menahan emosi, lebih sabar, lebih ikhlas, lebih melayani, lebih taat beribadah.
  • Diberi Kesehatan. Keluarga yang sakit harapan dan doaku agar diangkat sakitnya dikembalikan kesehatannya seperti semula.  Yang saat ini masih sehat pintaku semoga tetap sehat supaya bisa beribadah dengan khusuk.
  • Diberikan Kesempatan Untuk ke Tanah Suci. Semoga dipanjangkan umur kami sekeluarga dan disegerakan  antrian ke Tanah Suci.
  • Diberikan kesempatan menjadikan anak-anak sholehah, melihat mereka sukses dalam pendidikan, mandiri dan bahagia hidupnya.
  • Dijauhkan dari marabahaya. Aku berharap keluarga besar kami dijauhkan dari mara bahaya, tetap akrab silaturahmi walau sudah tak ada orang tua bersama kami lagi. Harapanku untuk negeri ini dijauhkan dari segala macam bencana, pertikaian dan huru hara.

Doa Rasulullah  SAW di akhir Ramadhan

” Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau menetapkan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati, bukan puasa yang sia-sia. Seandainya masih ada padaku dosa yang belum Engkau ampuni atau dosa yang menyebabkan aku disiksa karenanya, sehingga terbitnya fajar malam ini atau sehingga berlalunya bulan ini, maka ampunilah wahai Dzat Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi”.

Rasulullah saja, seorang manusia yang paling mulia, yang terjamin diterima di surga masih berharap bertemu dengan Ramadhan.

Doa tanpa usaha itu bohong dan sebaliknya jika hanya berusaha tanpa memohon doa kepada Yang Maha Memberi adalah sebuah kesombongan.  Semoga doa dan harapan setelah Ramadhan usai akan diterima oleh Allah SWT. Aamiin ya robbal alamin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.