Curhat Manajemen Waktu Untuk Ngeblog

53
1175

Curahan hati ini  dipicu oleh tulisan  mak Nurul Fitri Fatkhani tentang manajemen waktu di blognya Kumpulan Emak Blogger (KEB). Lebih spesifiknya aku  ingin curhat tentang aktivitas ngeblog belakangan ini yang jauh menurun dibanding hari-hari sebelumnya.

Pas pula dengan keadaanku saat ini yang entah untuk  ke berapa kalinya tersendat-sendat mengisi blog tersayang. Niat awalnya sebisa mungkin berusaha  bergantian  seminggu sekali mengisi kedua blogku. Tapi apa daya masih tetap terbengkalai. Lihat statistik blog Berbagi Kisahku satu bulan lalu  hanya bisa diisi dengan tiga tulisan. Di blog sebelah bahkan sudah kosong tulisan berbilang bulan. Padahal dulu pernah Tetap Ngeblog di Kala Sempit.  Ketika itu pola yang dipakai adalah posting satu atau dua  foto saja ditambah dengan pemanis berupa sedikit narasi. Ternyata, rumus ini pun masih tak bisa kulakukan, hadeeh …  aku tak sempat memilih foto.

Mengutip  komentar oom NH18 di  tulisanku tersebut “Menjaga excitement untuk menulis itu memang susah banget”. Kendalaku memang karena si bibi asisten rumah tangga minta waktu agak lama kembali ke rumah kami setelah pulang Lebaran.

Fisik yang menua memang tak bisa kubohongi. Lelah bekerja sebagai abdi negara dan urusan rapih-rapih  di rumah. Langsung tepar untuk ngeblog.  Sebuah  tulisan saja perlu waktu satu sampai dua minggu agar bisa  diselesaikan. Lebih sering tertidur di depan lap top ha.. ha.. Ngeblog lewat telepon pintar nggak bisa. Telepon tuaku sering crash saat dipakai membuat tulisan melalui aplikasi WordPress.

 

Menjaga momentum menulis itu susah. Bila ditinggalkan beberapa lama, untuk mengangkat semangat ngeblog itu akan tertatih-tatih. Biasanya kumulai dengan baca beberapa blog teman lama. Kadangkala bisa bertemu tulisan yang bisa jadi trigger.  Entah tulisan itu tentang kesamaan hobi atau apa saja.

Sudah saatnya kukira membuat  manajemen waktu dan emosi. Karena pada dasarnya manajemen waktu itu adalah kemampuan seseorang untuk merencanakan dan mengatur waktu efektif yang akan dihabiskan untuk  mengerjakan sebuah kegiatan. Emosi pun penting dijaga, entah bagaimana caranya pokoknya saat emosi naik atau turun harus bisa tetap ngeblog. Wow terdengar sangat ambisiuskah?

Secara umum bila mampu mengatur waktu dengan baik kita akan dapat banyak keuntungan. Yang pasti tekanan atau stress akan berkurang  karena tak dikejar deadline, lebih produktif, terkesan lebih profesional, hidup terasa lebih seimbang antara bekerja dan relaksasi. Iya, ngeblog itu kuanggap sebagai salah satu cara relaksasi.

Nah, kembali ke tulisan mak Nurul, tips  yang dibaginya  menurutku bisa membiasakan kita mengatur waktu dengan baik. Karena jika orang lain bisa mengapa kita tidak?  Tips tersebut coba kuaplikasikan untuk kegiatan ngeblog.

  • Simpan ide secara tertulis

Lebih sering buat rencana di kepala. Ini sebuah kebiasaan buruk yang sulit kuhilangkan he.. he.. Rencana hendak menulis sebuah topik hanya jadi wacana. Akhirnya karena sok sibuk ide tulisan jadi hilang.

  • Tulis dengan rinci

Ide tulisan ditulis rinci menjadi sebuah draft. Bila  mencatat ide hanya  sepatah dua patah kata setelah sekian waktu mood tak akan sama lagi.  Pikiran jadi blank mau menulis tentang apa dengan petunjuk singkat tersebut. Eh, malahan ide tersebut akhirnya didelete.

  • Pengelompokan pekerjaan

Beri label untuk setiap ide atau draft misalnya   label prioritas, penting dan bisa ditunda. Kalau perlu berikut dengan tanggal terbitnya.

  • Rutin memperbarui standar waktu

Setiap tulisan memerlukan waktu berbeda dalam pengerjaan. Ada tulisan yang bisa langsung publish. Ada pula tulisan yang perlu data akurat dan referensi lebih banyak. Jadi buatlah tabel waktu untuk masing-masing tulisan. Jika ada tulisan yang perlu waktu cukup lama sebelum bisa diterbitkan, jangan terpaku padanya saja. Sambil melengkapi draft selingi dengan membuat tulisan ringan yang bisa segera publish. Jadi blog tak terlalu lama kosong.

  • Manajemen waktu yang fleksibel

Tak usah terlalu terpaku pada jadwal terbit tulisan. Bisa saja tabel waktu diubah. Prioritas waktu terbit sah saja kok kalau masih ingin diubah.

Untuk orang yang terbiasa tanpa perencanan apakah dengan melaukan semuanya secara teratur begini tak akan membuat stress? Mungkin untuk orang yang terbiasa santai bisa saja terjadi. Tapi dibawa enjoy saja. Yang buat rencana kan kita sendiri, kembali tergantung apa tujuan ngeblog masing-masing orang.

 

53 COMMENTS

  1. wah bun, samaan dengan aku. Kalau lagi gak mood ya gak ngeblog. Soalnya udah tinggal di rumah sendiri. DI rumah rasanya udah habis waktu untuk beres-beres sama ngajak main K. Belum lagi sekarang udah ditambah belajar ngaji dan lainnya. Jadi urusan ngeblog cuma pas setelah waktu jam kantor aja, ngedit-ngedit foto, besokna tulis beberapa paragraf, sampai semingguan baru deh kelar satu postingan. Hahaha

  2. eMak belum bisa teratur nulis.. sesempatnya saja di puskesmas. klo sdh di rumah jangan harap utak atik hp.. hp emak dipake mainan, dijilat2, terakhir pasti dilempar sama si buyung 😂
    tetap semangat menulis, kak.. tulisan pendek, panjang.. apapunlah.. tetap emak tunggu!

    • iih.. makasih banget mak tetap nunggu tulisan yang suka2 begini..
      hah.. beneran si ganteng itu udah bisa lempar2,.., sini lemparin ke mak wo aja hapenya

  3. Untukku, sering ketika aku mendapatkan ide tetapi belum ada waktu untuk ditulis menjadi satu posting, idenya aku tulis dalam bentuk keyword ke dalam sebuah Draft. Supaya nggak lupa gitu, hehehe 😀 . Masalah manajemen waktu untuk menulis memang tricky banget!!

    • jadi suka bingung mau nulis kalimat pertamanya lagi ya mbak
      tapi kalau udah itu bisa lancar lagi

  4. Tahun ini semangat ngeblog ku juga turun drastis, MM. Kalau soal waktu sepertinya aku mau punya waktu tapi menundukkan rasa malas yang paling susah. Jadi salah satu resolusiku tahun 2018 adalah kembali semangat ngeblog…

    Semoga kembali semangat ngeblog ya MM.

  5. Draft jangan dihapus ka, mungkin lain waktu punya tema serupa yg kepikirna lagi kan tinggal nambahin aja. Aku sering begitu, baru kepikiran 2 point, eh seminggu kemudian kepikiran lanjutannya, sampai misalnya ada 5 point nah bisa deh di terbitkan 😉 .

  6. kalau saya, banyak yang ingin ditulis, tapi waktu yang kurang, sama kaya mbak fisik gak bisa dibohongin, akhirnya nyimpen ide dulu aja

  7. Menulis masih tanpa manajemen waktu nih mbak tuk saya. Apresiasi mbak Monda masih menulis di blog secara teratur. Terima kasih berbagi semangat ngeblog.

    • ngeblog itu penambah semangat karena suka dapat info2 baru ..
      sekaligus bisa jadi selingan dari kesibukan

  8. Kalau Ira sekarang, manajemen waktu ini yang masih PR banget mba… akhirnya pakai tips yang terakhir dari Mba Monda…, Manajemen waktu yang fleksibel… 😀

  9. Ahh benar mba, urusan rumah tangga banyak belum lagi urusan pekerjaan lainnya.. aku pun masih belajar untuk memanage waktu buat ngeblog. Semangat mba!!

  10. Kebiasaan aku kalau abis pergi udah pengen nulis sstelah pulang. Tapi pas nyampe rumah, bawaannya malas malasan buat ngeblog. Hahhaa
    Memang harus ada manajemen waktu yang tepat ya mbaa

    • terkadang memulai sebuah kalimat itu aja susahnya minta ampun ya, musti muter2 dulu blogwalking sampai semangatnya muncul

  11. Naah…tips bagus nih buatku yg masih ngos2an utk memenuhi jadwal.nulis minimal seminggu sekali.. BW pun keteteran shg sangat krg apdet kondisi sahabat2 lama.. Duuh maafkan..

    • nggak apa2 mbak Tanti, makin lama memang kesibukan kita makin meningkat ya..
      aku pun sudah jatang bw kok

  12. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda…

    Apa khabar ? Didoakan sihat selalu. Ternyata masalah kita hampir serupa mbak, mau curhat juga nih…heheheh. Selalu sahaja pengurusan waktunya tergendala oleh hal-hal yang tidak terjangka sehingga jadual yang ditetapkan untuk menulis akhirnya berlalu begitu sahaja. Tips dar mbak Nurul juga bagus untuk mereka yang belum biasa menulis dengan lancar dan ideanya erlu dikumpulkan. Kalau saya, terus menulis jika sedang menulis kerana tajuknya sudah difikirkan. Menulislah dengan hati, insyaAllah segalanya menjadi mudah.

    Semoga terus menulis penuh bersemangat dengan kedatangan tahun 2018 nanti, mbak. Kita sama-sama sudah “tua” di dunia penulisan maya ini. Harap banyak yang dapat dimanfaatkan.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    • wa alaikum salam, iya kak kita sudah sama2 tua, semoga semangat ngeblog kita masih tetap tinggi
      bahagia bisa saling berkunjung setelah sekian lama

  13. Bener sih, terkadang dengan cara BW, baca cerita orang menjadi semangat tersendiri untuk terus semangat. Namun, aku pribadi mematok jadwal seminggu sekali, jikalau itu nggak bisa dikarenakan satu hal yang lain, misal lagi diluar nggak memunginkan post. Aku tetap nulis intinya di buku diary atau nggak di notepad smartphone.

    Kayaknya pernah kesini sebelumnya ya..he
    Semoga terus istimomah berbagi dan menginspirasi lewat blog ya..

  14. Saya ngeblognya masih acak-acakan mbak, jangankan rutin publish, konten saja masih amburadul hehe..

    Terima kasih tipsnya mbak, memang benar manajemen waktu itu penting dan lebih memilih fleksibel, karena ada banyak hal lain yang harus dikerjakan di luar ngrblog kan yaa.. 🙂

  15. Makasiih tips-nya, Mbak Monda. Saya di 2017 ini berasa banget turun drastis produktifitas menulis. Baik blog atau pun tulisan2 lainnya. Maunya sih 2018 semangat lagi. Jadi ini tipsnya penting banget.

  16. Saya biasanya membawa notes atau catat di hp untuk ide-ide yang tiba-tiba muncul. Nanti di rumah baru di eksekusi. Dan karena punya target setiap minggu harus ada dua post, biasanya ngalir aja sih. Malah kalau baru 1 doang, udah gelisah cari ide mau nulis apa aja hehehe.

  17. Wah ini pas banget sama kondisiku yang hiatus berkepanjangan…harus segera bangkit ini mah…makasih banget tulisannya inspiratif banget..

  18. Aku malah selalu begitu pengaturan waktu utk blogku. Tiap kali jalan, nemu yg menarik, lgs tulis di draft, sebisa mungkin pjg. Berantakan gpp, toh nanti diedit. Yg ptg ditulis sebanyak mungkin apa yg mau kita deskripsikan nanti di blog. Trs kdg aku kalo rajin, aku bisa nulis sampe bbrp artikel, tp nanti publisnya di atur waktunya 🙂 . So walo lg sibuk, ttp postingan ada 🙂

  19. ini masalahku juga. Ditambah kerjaan kantor, rasanya bisa tetap waras dengan nulis draft tulisan itu Alhamdulillah. Meski entah kapan naik jadi blog post. Karena bukan tipe yang tetap waras meski tidur cuma 3 jam. Saya butuh banget tidur biar tetap sehat jiwa, jadi susah lembur tengah malam buat ngejar posting blog. hiks… mewek lha kok malah ikutan numpang curcol. heuheu…Tapi tipsnya keceh banget!

    • nah itu mbak sama nggak bisa deh nulis sampai malam,
      besoknya bakal sakit kepala berkepanjangan deh

  20. Baca tulisan ini dan aku sadar betul akhir 2017 lalu manajemen waktu ngeblogku kacau banget, postingan dikit, dan PV kedodoran. Akhirnya Januari 2018 ini aku udah bikin timeline nulis seminggu 3 kali, mau nggak mau harus nulis biar tetap semangat dan blog keisi.

  21. Aku ngelist ide di hape biasanya biar ga luput pas eksekusi. Tapi kalo soal waktu ngeblog. Utk emak2 agak sulit ya hahah secara ngetik nunggu dedek bobok

  22. Saya pun sedang sangat galau dengan pembagian waktu antara menulis dan menulis rumah,serta bayi. Padahal banyak naskah buku yang harus selesai. Trims sharingnya, mak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.