Cara Menemukan Ide Baru Untuk Event Menulis

20
663

Mengikuti event menulis adalah ajang untuk mengasah kemampuan seseorang dalam membuat karya tulis, baik itu berupa cerpen, novelet, novel ataupun berbagai karya tulisan yang lain. Untuk para penulis muda, kita bisa mengikuti berbagai event menulis yang diadakan oleh penerbit Indie di Indonesia. Dimulai dari event-event kecil, semakin sering berlatih menulis, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan gelar  juara.

Salah satu cara untuk memenangkan event menulis baik itu dalam kelas indie maupun kelas mayor, ada satu hal yang paling penting yakni menggunakan ide baru yang lain daripada yang lainnya. Melakukan eksekusi terhadap ide yang sudah ditemukan pun hal yang tak kalah penting, tetapi sekarang kita coba menemukan ide-ide baru dulu untuk memulai karir menulis kita. Bagaimana? Yuk cek berikut ini :

  • Banyak membaca novel terjemahan

    Mungkin bahasanya memang agak berbeda dengan cara komunikasi dalam negeri, tetapi secara keseluruhan kita tetap bisa menikmati alur cerita dan mengambil pelajaran dari sana. Baik mempelajari cara mengatur konflik, karakteristik tokoh, sampai dengan deskripsi.

  • Menonton iklan dan video klip mancanegara.

    Kita tak tahu di mana kita bisa temukan ide yang segar, jangan hanya duduk diam dan menunggu saja, lebih baik banyak menonton iklan dan video klip mancanegara, kita bisa tiba-tiba temukan ide yang fresh.

  • Jalan-jalan.

    Pikiran yang mumet bisa membuat kita buntu dan kehilangan ide, sulit mencari ide yang baru jika pikiran buntu, maka karena itu cobalah untuk jalan-jalan.  Tak perlu jauh, sekitar rumah pun sudah cukup menyegarkan isi kepala.

  • Istirahat yang cukup.

    Jika merasa tubuh terlalu lelah, maka tak ada cara lainnya selain tidur secukupnya. Tubuh yang terlalu lelah tak akan bisa diajak bekerja. Dengan mengistirahatkan tubuh kita bisa mengembalikan kinerja otot dan otak seperti biasanya.

Itulah beberapa cara untuk menemukan ide baru di dalam event menulis, yang terpenting adalah kita tak boleh terpaku pada cerita picisan dan klise, ayo buat sesuatu yang baru dan jadilah pemenang!

Tulisan ini adalah karya penulis tamu dari Anissa AE. Untuk mengikuti jejak  beliau  menjadi penulis tamu di blog ini, silahkan cek syarat dan ketentuannya di Ruang Guest Posting.

20 COMMENTS

    • iya harus konsisten semangatnya biar makin berkembang
      seperti uni yang makin jago menulis dan motretnya

  1. tips yang jarang dijalananin justru yang istirahat ya mba. Aku dulu kalo nyari ide suka maksa, malah mentok, eh pas dibawa istirahat malah dapet ilham, hihihi..

    • kalau gitu pas lagi banyak pikiran jangan maksa buat tulisan ya mbak,
      terima kasih lho masukannya

  2. Istirahat itu penting sih. Terkadang bbrp orang maksain begadang untuk mendapatkam ide. Tp kalo saya setelah bangun tidur malah pikirannya fresh dan ide2 banyak bermunculan hehe.

  3. Ngopi kalau saya lagi buntu ide. Hehehe… btw tips pertama, itu juga pernah disaranin teman. Baca novel terjemahan. Tapi saya masih pecinta novel lokal banget. Walau sekarang nyoba2 juga baca novel terjemahan 🙂

  4. Kalau saya malah kadang dapat ide menulis itu dari kegiatan jalan-jalan ke blog para bloger alias blogwalking. Kadang ada tulisan yang menarik terus ingin menulis tulisan lain yang hampir setema. Banyak memang tempat ide untuk menulis tulisan baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.