Cara Kembali Ngeblog Setelah Hiatus

52
1220

Hiatus itu artinya apa sih? Kukira ada hubungannya dengan flatus  wk.. wk.. cari sendiri ya arti kata flatus. Flatus itu yang paling diharapkan setelah ada tindakan operasi besar, kalau sudah flatus sudah boleh makan. Kembali ke hiatus. Hiatus   berasal dari bahasa Latin yang artinya gap alias tenggat. Sempat bertanya-tanya kala teman blogger menyebutkannya setelah lama berhenti ngeblog.  Jika blogger menyebut kata hiatus artinya blogger tersebut tidak memperdulikan blognya selama beberapa waktu, dengan kata lain tak ada aktifitas ngeblog. Biasanya setelah hiatus lama akan terasa sulit untuk cari cara kembali ngeblog.

Akhirnya keadaan ini pun kualami sendiri. Hiatus ini yang terlama sepanjang catatan blog dengan tag line Candu Raun  yang sudah berusia sekian tahun ini.  Tulisan terakhir yang kuterbitkan di bulan Juni, lalu Oktober. Tapi, itu pun bukan tulisan baru tetapi tulisan lama yang disunting ulang (baca :  edit tulisan lama untuk meningkatkan trafik blog). Alasan update tulisan di bulan Oktober  tentang Rumah Tua Pondok Cina karena ada broken link dari Wikipedia. Blog ini disebutkan sebagai sumber tulisan lho (hm.. hmm.. betulkan kerah baju he.. he..). Sayangnya broken link yang tercantum di laman Wikipedia itu belum bisa diperbaiki sampai sekarang, walau sudah dilaporkan oleh Kang Yayat ke manajemennya. Ada yang bisa kasih saran?

Apa alasanku hiatus selama setengah tahun?  Hiatus ini memang kurencanakan. Aku ingin mendahulukan dunia nyata. Kuniatkan banget tak membuka blog atau sosial media untuk konsentrasi penuh menyiapkan akreditasi puskesmas. Ini karena dokumen yang harus disiapkan sangat banyak sedangkan personil puskesmas hanya sedikit. Maka, media sosial yang kupedulikan pun hanya milik instansi saja. Tetapi tetap sih sekali-sekali nggak tahan juga untuk ngintip blog dan bw ke beberapa blog teman lama.

Tetapi, penilaian dan survey akreditasi telah berlalu satu bulan, ternyata sulit sekali untuk kembali membuat tulisan baru di blog ini. Tak bisa seketika timbul mood untuk menerbitkan tulisan  meski banyak ide yang masih tersimpan di draft, ada beberapa cerita raun-raun yang belum ditulis. Sulit sekali untuk eksekusi sampai publish. Untuk comeback memang tak mudah. Pada akhirnya harus ingat saja tujuan ngeblog, perasaan senang yang timbul kala membuat sebuah tulisan.

 

Usaha yang  bisa dilakukan  untuk kembali bangkit ngeblog setelah hiatus :

  1. Baca tulisan lama

Membaca ulang tulisan lama bisa menimbulkan mood lagi untuk kembali bangkit ngeblog setelah hiatus. Aku jadi teringat bagaimana proses menulisnya dan  mencari pelengkap datanya  hingga mampu menerbitkan tulisan baru dan mendapat komentar yan baik dari pengunjung.

2. Menuliskan ide

Ide yang sekecil apapun bisa dibuatkan draftnya, karena ide ada di sekeliling. Misalnya aku pernah mendapat ide tulisan  karena bermain acak kata di koran atau gunakan cara seperti penulis tamu, Febryan Lukito, mendapatkan ide tulisan blog. Bisa juga cari sesuatu  ide  berdasarkan kesukaan atau hobi.

3. Blogwalking

Walaupun belum ada tulisan baru di blog sendiri, jangan ragu untuk lakukan blogwalking. Ide dan semangat ngeblog bisa timbul dari membaca tulisan teman blogger. Aku datangi blog teman-teman lama, bisa saja hanya membaca tulisan-tulisan terbarunya atau sekalian meninggalkan komentar.

4. Memeriksa komentar

Memeriksa kolom komentar pun bisa dilakukan untuk mendapatkan mood. Mungkin selama hiatus ada komentar yang belum sempat dibaca atau belum direspon.

5. Cek broken link

Semangat ngeblog masih juga belum timbul jangan dibiarkan berlarut-larut. Cari alasan lain untuk buka blog, misalnya cek broken link melalui brokenlinkcheck.com.  Alhamdulillah banyak link yang harus diperbaiki ha.. ha..

6. Buka Media sosial

Buka media sosial entah itu Instagram, Pinterest, Facebook atau yang lainnya. Biasanya bisa lihat link tulisan dari teman-teman blogger. Coba cek akun komunitas blog. Cari tulisan blogger yang belum pernah dikunjungi. Ini juga dapat membantu semangat menulis lagi lho karena membaca tulisan dengan gaya bahasa berbeda itu menyegarkan sekali.

7. Menulis Posting

Bingung apa yang akan dituliskan pertama kali setelah hiatus? Hi… hi… tuliskan saja alasan mengapa hiatus, sudah berapa lama hiatus dan bagaimana upaya untuk kembali ngeblog. Yah, inilah model tulisannya.

Nah itu kilas balik ngeblog di tahun 2018, lalu ada resolusi apa di tahun 2019 ini?

Selamat Tahun Baru 2019

Nggak banyak rencana sih, cuma ingin belajar ngeblog lebih serius kepada teman-teman yang jago, juga ingin belajar foto-foto supaya isi blog ini  lebih memadai. Semoga niat ini bisa jadi cara membangkitkan semangat ngeblog lagi setelah hiatus lama.

52 COMMENTS

  1. Selamat datang kembali, Mbak Monda. Pantesan udah lama ga ada notif email masuk. Sibuk banget ya? Saya jadi ingat mesti ngecek broken link dan lebih banyak blogwalking. Selamat tahun baru, semoga tambah berkah untuk semua.

  2. Aku pun, selama dua bulan terakhir memecut diri agar kembali ke blog. Tujuannya tak lain, mencegah kepikunan datang lebih dini. Karena akhir-akhir ini banyak lupanya. Mudah-mudahan dengan terus mengasah otak melalui menulis, blog dikasih makan, otak senantiasa olah raga lewat menulis.

    Selamat datang kembali di blog, MM

    • wah… ditunggu mbak tulisannnya yang keren2…
      jadi proyek film yang kemarin diceritain di IG itu udah selesai?

  3. Saya yg ngeblog suka2, (krn malas0, baru ngeh kalau kak Monda lumayan lama menghilang dari dunia blog.
    Selamat semangat kembali kak *sekalian nyemangatin diri sendiri ini 😀

    • mak, selama hiatus aku beberapa kali ke blogmu lho,
      cari ide juga,
      salut dengan ide yg berasal dari sekitar diolah jadi tulisan asyik, bahkan sempat pengen cerita berdasarkan trigger dari ysalmablog he.. he…

  4. Selamat Tahun Baru Bunda Monda.
    Duh, pantesan lah di FB ga pernah lihat postingan Bunda Monda kapan waktu pas lihat foto-foto kopdar kita jadi keinget Bunda cantik ini kemana ya…..
    Hiatus sih Hani juga sempat banyak bulan tapi nulis tetep cuma beda media soalnya kadang suka ada saja yang ingin ditulis kalau ga malas ya tuli saja.
    Btw, Met Tahun baru 2019! Semoga di tahun yang baru kita semua menjadi insan yang lebih baik, Aamiin Ya Rabb.

    • Hai Hani, kopdar dulu rasanya sudah bera
      abad2 deh he… he..
      aamiin untuk doa2nya, semoga kita berubah ke arah yang lebih baik lagi

  5. Terimakasih tips-nya. Saya malah berkali-kali hiatus. Kembali belajar ngeblog tanpa tips tertentu, mengalir saja. Maklum, newbie.
    Selamat & semangat taun baru.

  6. apapun kalau sudah berhenti cukup lama alias hiatus 🙂 … misal ngeblog .. olahraga … pasti berat banget untuk memulai kembali … memang sifat manusia begitu kai ya … ehh atau sifat saya kali ya yg begitu.
    bagus juga tips tips-nya mba … bisa diterapkan .. kalau nanti saya sampai hiatus ngeblog

  7. Welcome back kak Monda 🙂 . Pantesan ko di wp reader ga ada tulisan2 baru kk, ternyata hiatus toh 😀 . Klo ngecek broken link gitu aku malah keterusan kak, atau ngutak2 atik tampilan blog ngecek2 speednya pakai berbagai url di internet misal google page speed, ah jadi senewen aku klo ga bisa benerin, akibatnya jd malas bw dan malas ngeblog haha.

  8. Yg aku khawatirkan mbak, kalo tiap muncul postingan baru ternyata isinya membahas kenapa kita hiatus, jadi tiap bulan posting tp isinya tentang hiatus mulu kaya aku, yg agak tertabok membaca ini hehe

  9. Hallo, Mbak, aku belum lama ngeblog tapi sudah agak khawatir mengalami hiatus. Sepertinya tips ini pun bisa kucoba saat macet ide, biasanya setelah libur beberapa hari saja aku suka macet kebablasan, heheh

  10. Hai mbak.. udah lama gak mampir kesini, karena aku sempat hiatus juga agak lama, saat ini sedang ditengah2 semangat lagi lepas dari hiatus hihihi….

  11. Nanti makwo bikin tulisan tentang trik dan tips menghadapi akreditasi dengan tenang. 😄
    Selamat menulis kembali, makwo.. 💜

  12. Syukur tuk proses reakred yg telah kelar ya mbak. Senangnya bisa kembali menikmati tulisan di Candu Raun. Selamat Tahun Baru semangat harapan baru. Salam

  13. Selamat tahun baru bunda. Iya neh udah lama gak baca tulisan bunda. Jadi kangen deh 😊

    Semoga blognya bisa terupdate lagi seperti harapannya ya bunda. semangat 😄

  14. Welcome back mba..dan memang banyak cara untuk kembali aktif ngeblog ya mba. Aku biasanya liat lagi berbagai draft yang udah nangkring lamaaa aja hehehe

    • mbak Indah sih ok banget deh, semuanya terupdate terus, blog, IG dan youtubenya..pdahal sibuk banget..

  15. Tahun baru, membaharui blog juga hehe…ini aku jg bikin blog baru karena blogku di wordpress ngga bisa dibuka lg karena emailnya dihapus yahoo

  16. Kalau saya hiatus itu hilang ampe ketemu yang serius Tante hahaha

    Entahlah, beberapa hari ini saya jadi ingat terus masa-masa aktif ngeblog dulu. Yah, apapun kondisi kita sekarang, semoga saja kita selalu semangat berkarya apapun medianya ya Tante..

  17. Saya juga sudah lama hiatus mbak.
    Ini sedang mengumpulkan niat buat nulis lagi.
    Lihat-lihat dokumentasi foto-foto di tahun 2018 buat cari ide tulisan

  18. Halo mba Monda..
    Rupanya blogger2 lama banyak yang hiatus ya. Termasuk saya mbak. Baru Desember 2018 kemarin mulai nulis lagi.

    Tips dari mbak Monda cocok banget nih. Jadi lebih semangat kembali nulis di blog lagi.

    Salam dari Jogja 😉

  19. Haihai…asa dulu sering bw ke blognya mba Monda. Baru tahu kalau hiatus. Selamat ngeblog kembali.
    Btw…saya juga engga tahu apa sih hiatus itu. Kira saya sebangsa kaktus…Haha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.