Cara Jitu Menyiapkan Liburan Nyaman dan Budget Bersahabat

47
714
Telaga Pengilon Dieng
Telaga Pengilon Dieng
Telaga Pengilon Dieng

Tak terasa sudah sampai di penghujung tahun, libur hampir tiba. Bagi yang ingin berlibur sudah  waktunya untuk buat jadwal dan itinerary. Berlibur itu sudah jadi kebutuhan menurutku sih. Ini terutama buat warga perkotaan yang hari-harinya penuh kesibukan. Mungkin sebagian dari Anda sudah punya rencana matang  menghabiskan masa libur di suatu tempat. Tujuan utama sudah ada, tapi masih khawatir dengan budget dan situasi dan kondisi tak terduga di lokasi tujuan.

Punya kekhawatiran seperti itu wajar sih. Berlibur kan mau cari rasa nyaman, jangan sampai deh malah jadi kacau. Kan sayang dengan jatah cuti dan ongkos yang sudah dikeluarkan. Makanya penting cari cara jitu mengamankan liburan. Tentu dengan tujuan supaya semakin nyaman namun hemat dengan pengeluaran bersahabat. Apa saja poin-poin pentingnya, yuk dilihat :

Menentukan tujuan wisata dan lama liburan

Menentukan lokasi atau  tujuan wisata jadi sebuah poin penting. Ini hal yang utama  sebelum  membuat perkiraan kebutuhan dan anggaran. Sebaiknya tentukan pilihan sekarang juga. Pilih tempat tujuan sesuai keinginan Anda dan anggota keluarga lainnya. Tujuannya supaya bisa buat  persiapan lebih matang, termasuk informasi rinci  tentang lokasinya.

Jarak dan lama waktu liburan juga sangat berpengaruh, berbanding lurus dengan budget yang dibutuhkan. Bagaimana caranya? Tentu saja disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Menyiapkan dana liburan

Mau liburan nyaman? Sudah pasti budget  atau anggaran  juga jadi pertimbangan utama saat buat perencanaan liburan. Dana untuk wisata sebaiknya tidak  diambil dari  budget kebutuhan pokok. Untuk mensiasatinya, biasakan menabung,  mulai saat ini juga.  Jangan lupa sisihkan anggaran berlibur dari  penghasilan bulanan Anda. Dan masukkan daftar budget liburan dalam list kebutuhan yang terencana.

Memesan hotel dan tiket perjalanan

Satu lagi hal yang tak kalah penting, terutama saat liburan ke luar kota, adalah membeli tiket pesawat terbang dan juga penginapan atau hotel. Ada berbagai jenis  fasilitas pendukung yang bisa  memudahkan.  Perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Salah satu pilihan populer saat ini adalah Online Travel Agency atau yang lebih dikenal dengan OTA.

OTA   mempermudah dapat tiket pesawat, dan juga pesan hotel tanpa harus mendatangi lokasinya. Cara praktis ini tentu saja sangat membantu untuk memastikan tiket dan hotel impian.  Apalagi saat high season seperti liburan panjang, bisa saja nggak dapat  tiket dan susah cari penginapan.

Nah, OTA menjadi salah satu jawabannya. Yang termasuk OTA sebut saja misalnya  pegipegi, traveloka, dan agoda. Ini adalah  contoh perusahaan yang telah menyediakan jasa online untuk berbagai keperluan traveling. Selain kemudahan booking pesawat dan hotel secara online,  perusahaan-perusahaan umumunya punya program promosi  atau diskon harga lho! Semua informasi tentang tujuan wisata juga tersedia  cukup lengkap di website masing-masing.

Informasi apa yang bisa didapat? Tentu saja tentang  harga dan  fasilitas yang akan Anda dapatkan. Pengecekan harga pun  bisa dilakukan dengan mudah. Makanya kita bisa membandingkan harga, baik  harga   penginapannya, maupun maskapai yang akan dipilih. Tentu saja hal tersebut menambah nilai positif  karena bisa memperkirakan pengeluaran. Dengan  harga terbaik  sesuai budget liburan, kita bisa merencanakan anggaran untuk hal lainnya.

Nah, bagaimana cara penggunaannya? Sederhana dan praktis, ikuti saja  alur transaksi dan juga pembayaran yang ada di setiap websitenya. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui mobile banking dan juga internet bangking. Bahkan cara pemesanan dan pembayaran ini bisa dilakukan melalui ponsel dan smartphone yang ada di genggaman Anda.

Membeli oleh-oleh

Jalan-jalan akan terasa tak  lengkap bila tak  mencicipi dan membeli oleh-oleh khas daerahnya. Anda bisa menentukan tempat perbelanjaan yang ada di sekitar lokasi wisata. Informasi mengenai pusat perbelanjaan ini juga bisa Anda dapatkan di situs OTA.

Berikutnya, Anda bisa melanjutkan dengan membuat daftar barang belanjaan. Jika perlu cari barang-barang yang dijual secara grosir. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mendapatkan harga miring, plus dalam jumlah lebih banyak sehingga bisa Anda bagikan kepada anggota keluarga dan rekan kerja Anda.

So, liburan nyaman juga bisa didapatkan dengan beberapa cara jitu, apalagi cara tersebut bisa membuat budget Anda tetap bersahabat dan aman. Happy traveling…

47 COMMENTS

  1. Liburan juga memang mesti ada aspek yang direncanakan ya Mbak, bahkan meskipun liburan itu buat mencari suatu kebebasan. Ya kan nggak seru juga kalau tiba-tiba kehabisan tiket pulang karena pesannya go show, kan. Jadinya bukan liburan, malah bencana, hehe. Saya jadi ingat nih belum liburan dalam beberapa bulan terakhir, haha, yuklah kita rencanakan, siapa tahu bisa kunjung-mengunjungi satu dua candi, hehe.

    • nah itu dia,
      pengen juga merencanakan ke candi-candi, dan situs megalitik, yang dekat2 dari sini aja dulu deh

  2. Waah setuju Mba Monda, liburan emang harus direncanakan supaya tidak kacau nantinya, yg terencana aja bs kebablasan apa lagi yang ga ya Mba hehehe

    Terima kasih Mba Monda sudah berbagi tip jitunya ini 🙂

  3. liburan nyaman juga lihat- lihat waktu ya.. misal musim hujan begini. mesti bawa baju lebih atau destinasinya dipilih ke tempat indoor. hehehe

  4. Saya sama istri suka liriklirik ota malah bahaya Mbak Monda. Tiba-tiba mau nyoba hotel manaaa gitu biar seru. Wkwkwkwk. Bahaya buat kantong. Tapi setuju banget sama semua poinnya. Sani

    • haa… suka staycation ya Dan…,
      seru emang nyobain hotel2 dan semua fasilitasnya …, apalagi anak2 kecil suka berenang2 di hotel

  5. Mumpung akhir tahun masih sekitar 3 bulan lagi Ayo siapkan dari sekarang. Biar liburannya berjalan lancar dan menikmati perjalanan juga hati lega.

    Memang ya MM Jika liburan disiapkan dengan baik atau terencana, pulang tidak akan stres deh 😉

  6. Biar liburan seru memang harus jauh jauh hari, Liburan kemaren bulan Januari saya sama keluarga besar jalan ke Bangkok. Perencanaannya saya kerjakan 1 thn sebelumnya, hunting hotel, tiket, sama list to do di Bangkok..alhasil dapat tiket yang terjangkau, hotel yang bagus, dan seru. Yang parahnya bikin addict Mon 😀 kepengen lagiiii

  7. Setuju mbaa emang kalo liburan harus disiapin matang2, aku nih salah satunya yang sering overbudget apalagi dalam hal oleh-oleh… suka kalap soalnya >-<

  8. Aku dan suami ada celengan bersama untuk liburan. Jadi setiap bulan kami sama2 memasukkan uang ke celengan dengan jumlah sesuai yang disepakati. Jadi kalau misalkan pun ada dadakan liburan, ambil uang yang di celengan tersebut. Bener2 enak karena ga harus ambil dari anggaran pribadi. Trus juga cari2 info tempat mana saja yang akan dikunjungi. Selain bisa menghemat waktu, juga bisa tau kisaran budget selama liburannya berapa.

  9. Halo Kak Monda,

    Untuk perjalanan yang komplit saya lebih suka pakai OTA, karena ingin lebih nyaman dan terjamin selama liburan. Dan memang bisa disiapkan juga budgetnya karena sudah tahu butuhnya kira-kira berapa.

  10. Senangnya hidup jaman sekarang dimana semua hal sdh dimudahkan dengan berbagai aplikasi online.

    Budget jd faktor utama nih utk kenyamanan liburan. Gak seru banget klo ditengah liburan, budgetnya gak cukup

    • dengan OTA lebih gampang ngitung budget ya, kan yang gede pengeluaran buat transport dan akomodasi

  11. OTA sekarang udah semakin banyak diminati dan menawarkan fasilitas yang menarik ya mba. Nggak jarang pun mereka suka adain promo. Lumayan bisa menghemat budget liburan hehe

  12. Ditambah mbak, menurut saya liburan gak asik kalo pergi sendiri, jadi kudu pinter juga nyari teman perjalanan yang oke, ada banyak blogger tuh yang nawarin jalan bareng, hehe.

  13. Emang harus ada perencanaan ya kak. Kalau aku kok seringnya perencanaan tak sesuai kenyataan, kadang suka over budget hahahha :)))

    Mungkin bisa kasi tips biar jalan-jalan gak over budget dari perencanaan kak hihihi 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.